ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

4 Keahlian untuk Entrepreneur yang Perlu Dikuasai

Menjadi pengusaha memang bukan sekedar harus memahami penjualan atau pemasaran saja. Banyak hal yang harus di pelajari para pengusaha diluar sana. Kemampuan ini akan sangat berarti bagi keberlangsung bisnis dimanapun. Berikut beberapa keahlian untuk entrepreneur yang perlu dikuasai.

Mungkin Anda penasaran apa saja keahlian yang diperuntukan untuk entrepreneur. Bagaimanapun sangat perlu bagi pengusaha untuk mempelajari banyak hal. Tetapi empat keahlian ini bisa menjadi cara untuk membuka jalan untuk bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Berikut daftar keahlian yang perlu para pengusaha kuasai

Akuntansi

Hal pertama yang perlu di pelajari oleh para pengusaha adalah akuntansi. Banyak pengusaha yang memang mengabaikan pengetahuan akuntansi mereka. Menyerahkan begitu saja kepada staff yang lebih mengerti mengenai akuntansi itu. Pada akhirnya pengusaha hanya ingin tahu hasil akhir saja.

Padahal akuntansi adalah bidang agar pengusaha mampu melek keuangan dengan melihat kemampuan pebisnis dalam membaca angka untuk melakukan analisis yang baik terhadap bisnis Anda. Sehingga sangat diperlukan agar Anda juga memahami akuntansi itu sendiri.

Pada dasarnya akuntansi keuangan akan membantu Anda dalam merencanakan anggaran, cashflow, mengetahui kondisi keuangan perusahaan hingga memastikan risiko yang muncul dalam bisnis yang Anda Kelola. Pastikan dengan memahami akuntansi Anda akan mengetahui kelemahan dan kekuatan dari bisnis Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

Meskipun saat ini, untuk melakukan proses akuntansi semakin mudah dengan kehadiran software akuntansi Accurate Online, Anda tetap perlu mengetahui dasar-dasar akuntansi sebagai modal Anda. Pastikan seluruh proses akuntansi dalam bisnis sudah sesuai dengan aturan dasar. Anda akan lebih mudah dalam mengenalinya.

Investasi

Investasi menjadi keahlian untuk entrepreneur yang perlu dikuasai
Source: Kiplinger.com

Keahlian kedua yang perlu dikuasai oleh para pebisnis adalah investasi. Banyak orang yang memahami investasi adalah proses menanam modal dalam komponen investasi. Memang definisi tersebut tidak salah, bagaimana dari sisi pengusaha dalam memahami investasi?

Mengutip dari Buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki mengenai Investasi menyebutkan investasi merupakan pengetahuan tentang “uang yang menghasilkan uang”. Yah, pada dasarnya investasi adalah proses membeli aset atau aktiva dengan harapan akan mendapatkan keuntungan finansial di masa depan.

Hal pertama yang mungkin harus Anda ketahui mengenai pendapatan. Banyak orang yang menganggap pendapatan hanyalah uang yang diterima dari gaji yang diperoleh secara bulanan. Tetapi ada tiga jenis pendapatan.

  • Pertama pendapatan aktif : Pendapatan yang diperoleh dari hasil kerja yang Anda lakukan.
  • Kedua Pendapatan pasif : Pendapatan yang diperoleh dari hasil investasi (properti, saham, emas, dsb)
  • Ketiga Pendapatan Investasi : Pendapatan yang diperoleh dari hasil investasi seperti saham dan reksadana.

Sebagai pengusaha, Anda perlu strategi dan formula khusus untuk mengasah kemampuan investasi Anda. Bagaimana Anda bisa melakukan investasi dan hasilnya bisa Anda peroleh di masa depan. Memang setiap pengusaha akan banyak melakukan investasi, tetapi Anda perlu mengetahui bagaimana investasi yang sesungguhnya.

Anda perlu mempertimbangan risiko dan keuntungan yang Anda hasilkan dari setiap investasi yang Anda lakukan. Meskipun Anda sebenarnya tidak bisa menghindari risiko. Pastikan Anda bisa melihat peluang investasi dengan baik.

Baca Juga: Investasi untuk Bisnis yang Perlu Dilakukan Demi Kemajuan

Memahami Pasar

Keahlian untuk entrepreneur berikutnya adalah memahami pasar. Dengan memahami pasar Anda akan mampu memahami keadaan pasar sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk melakukan produk bisnis akan berjalan dengan baik, dengan begitu akan mendorong pendapatan yang besar.

Memahami pasar menjadi kunci untuk membuka pengetahuan tentang penawaran dan permintaan. Sehingga Anda bisa memahami kesesuaian dengan produk atau jasa yang akan Anda lempar ke pasar apakah sudah sesuai atau belum dengan minat pasar.

Penentuan target pasar sangat penting untuk mengetahui untuk menjadi pondasi dasar dalam menyusun strategi pemasaran. Meskipun Anda tahu, bahwa tidak mungkin menargetkan seluruh pembeli yang Anda. Tetapi Anda bisa menspesifikasikan bagian pasar mana yang bisa terlayani oleh produk yang Anda ciptakan.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, seperti:

  • Menentukan pasar yang relevan
  • Menganalisa permintaan primer
  • Melihat permintaan selektif
  • Menganalisis persaingan
  • Identifikasi target potensial

Anda juga perlu mengetahui aspek teknis pasar, yang didorong oleh emosi pelanggan. Perhatikan emosional pasar saat mereka membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pastikan setiap apa yang Anda investasikan sesuai dengan target pasar yang Anda incar.

Hukum

pentingnya memahami hukum bisnis sebagai strategi bisnis
Source: Bucks.ac.uk

Membangun bisnis memang bukan sekedar melihat dari sisi ekonomi saja. Tetapi semua landasan ekonomi perlu melihat sisi hukum. Terutama berkaitan dengan berbagai aturan dan kebijakan yang berlaku dalam bisnis yang akan Anda jalankan.

Meskipun beberapa pengusaha lebih memilih menyewa para ahli hukum, tetapi setidaknya Anda sangat perlu dalam mempelajari sedikit tentang ilmu hukum yang berlaku di wilayah bisnis Anda. Selain itu, setiap perjanjian yang Anda sepakati bersama dengan partner bisnis, memiliki aspek hukum yang berlaku. Sehingga sangat perlu sebagai pengusaha, Anda memahami hukum yang berlaku.

Hukum dalam bisnis sebenarnya memiliki lingkup yang luas dan telah diatur dalam Undang-Undang di Republik Indonesia. Ruang lingkup dari hukum bisnis terdiri dari beberapa hal, seperti badan usaha, kegiatan jual beli, investasi, ketenagakerjaan, pembiayaan, jaminan utang, surat berharga, hak kekayaan intelektual, asuransi, dan lainnya.

Dalam prakteknya, pengusaha yang mengerti hukum akan memahami beberapa hal:

  • Memahami hak dan kewajiban sebagai pebisnis
  • Menjalankan bisnis secara adil, wajar, sehat, dan dinamis
  • Melakukan pengawasan terhadap bisnis yang dijalankan
  • Dengan memahami Akan memiliki posisi tawar yang tinggi karena mengetahui model-model bisnis

Itulah mengapa para pengusaha perlu memahami hukum bisnis. Baik itu pengusaha baru atau yang sudah berkecimpung cukup lama dalam bisnis, sangat perlu untuk memahami bisnis dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa keahlian untuk entrepreneur yang perlu Anda kuasai dan pahami. Ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dengan mempelajari seluk beluk dari keahlian yang telah disebutkan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts

Cara Membangun Hubungan dengan Pelanggan

mimin ABC kotaraya

8 Strategi Pemasaran untuk Restoran & Café

mimin ABC kotaraya

8 Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan Ketika Memiliki Website Toko Online

Fattah Miyaz

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi