ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Manfaat Kegunaan Informasi Akuntansi dalam Bisnis

Membahas mengenai akuntansi memang cukup luas. Pembahasan akuntansi bukan sekedar untuk melihat uang masuk dan uang keluar dalam bisnis. Tetapi lebih dari itu, akuntansi menjadi Bahasa bisnis. Hasil dari racikan akuntansi akan menjadi kegunaan informasi akuntansi yang dibutuhkan para pihak-pihak berkepentingan dalam bisnis.

Dalam bisnis, mungkin saja ada banyak pihak terlibat. Bukan sekedar seorang Manager keuangan dan Direktur perusahaan. Bisa saja dalam perusahaan tersebut ada investor, pihak pajak, dan kreditor. Orang-orang ini akan memanfaatkan informasi akuntansi untuk berbagai keperluan.

Baca Juga: 4 Perubahan Akuntansi Konvensional Setelah Pandemi

Kegunaan Informasi Akuntansi

Kegunaan Informasi akuntansi bagi investor

Dalam akuntansi, data yang telah dihimpun pada periode akuntansi tertentu akan sangat berguna untuk :

  • Membuat perencanaan efektif, mengadakan pengawasan, serta pengambilan keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen
  • Pertanggungjawaban kepada investor, pajak, kreditor, pemerintah, dan sebagainya

Mungkin jika bisnis yang dijalankan hanyalah bisnis kecil dan Direktur dalam bisnis tersebut adalah pendiri dan juga pemilik bisnis, tentu informasi yang dihimpun tidak perlu diserahkan kepada pihak-pihak lain.

Sementara, untuk bisnis yang lebih besar. Keberadaan informasi akuntansi akan sangat penting untuk menjelaskan bagaimana kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Hasilnya akan diserahkan kepada pihak-pihak, yaitu:

Investor

Umumnya sebuah perusahaan memiliki pemilik modal yang menanamkan modalnya. Pemilik modal ini mungkin saja bukan si CEO perusahaan tersebut saja, bisa juga ada orang lain di dalamnya. Ketika, si pemilik modal menanamkan modalnya, tentu dia selalu ingin secara  up to date mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang mereka tanamkan modal.

Namun, jika pihak manajemen sedang mencari investor untuk modal perusahaan. Keberadaan laporan keuangan sangat penting untuk diserahkan kepada investor. Investor akan melihat apakah bisnis atau perusahaan tersebut layak untuk mereka tanamkan modal atau tidak.

Investor tidak melihat seberapa banyak produk yang laku di pasaran. Tetapi mereka akan melihat seberapa sehat perusahaan tersebut. Baik itu cashflow, piutang, hutang, dan lainnya yang berkaitan dengan akuntansi bisnis tersebut.

Bagi investor internal, informasi akuntansi akan menjadi salah satu bentuk evaluasi mengenai kondisi perusahaan sesungguhnya. Bagaimana investor nantinya memberikan saran-saran kepada manajemen berdasarkan informasi akuntansi yang terhimpun.

Pemilik Usaha

Kegunaan informasi akuntansi bagi usaha yang mungkin saja Anda dirikan akan menjadi informasi penting dalam bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda akan melihat seberapa baik bisnis Anda berdasarkan apa yang Anda lihat pada laporan keuangan.

Jika ini adalah tahun pertama bisnis Anda berjalan, tentu Anda bisa melihat apakah bisnis Anda sudah untung atau belum. Catatan keuangan tersebut akan menjadi alat perbandingan di tahun-tahun berikutnya. Apakah bisnis Anda berjalan sesuai dengan ekpektasi atau tidak.

Dari laporan keuangan juga, Anda bisa menentukan strategi ke depan untuk bisnis Anda selanjutnya. Apakah Anda akan menambah modal, mencari investor, menggunakan strategi marketing yang berbeda. Semua kebijakan tergantung dari laporan keuangan bisnis Anda.

Kreditor

Kalau Anda berencana untuk meminjam dana kepada pihak bank, Anda perlu menyajikan laporan keuangan secara lengkap kepada pihak bank. Sebelum mereka mengucurkan dana kepada Anda, mereka akan melihat bagaimana kondisi laporan keuangan Anda.

Pihak bank tidak akan mau mengucurkan dana mereka, ketika mereka tidak bisa melihat laporan keuangan sebuah bisnis. Sangat penting menyediakan laporan keuangan setiap periode untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan akuntansi yang tepat untuk bisnis.

Baca Juga: 3 Jenis Laba Bisnis yang Perlu Dimengerti

Selain itu, saat bisnis tidak berkembang dan masih memiliki tunggakan kepada bank. Bank akan memberikan keringanan cicilan, ketika mereka melihat laporan keuangan bisnis Anda. Sehingga sangat penting saat ini Anda membuat laporan keuangan yang tepat untuk bisnis.

Pihak Pajak

Kegunaan Informasi akuntansi berikutnya yang perlu diketahui oleh para pebisnis, kegunaannya sangat penting untuk pihak pajak. Saat Anda memiliki laporan keuangan yang sesuai dengan kondisi keuangan bisnis Anda, Anda akan membayar pajak sesuai dengan laporan keuangan Anda.

Anda tidak perlu lagi takut kelebihan bayar atau kekurangan bayar hingga selalu ditanyakan oleh pihak pajak. Tetapi Anda bisa memastikan total pajak yang perlu di bayarkan oleh bisnis Anda berdasarkan data keuangan bisnis yang tepat. Bukankan ini akan memudahkan Anda?

Sekarang Anda sudah tahu apa kegunaan informasi akuntansi bagi bisnis Anda? Jika sudah tahu, sekarang waktunya Anda membuatnya dengan lebih baik dan lebih bagus. Kemudahan dalam membuat laporan keuangan akuntansi bisa diatasi dengan menggunakan Accurate Online untuk kemudahan dalam mengelola pencatatan keuangan.

Related posts

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Fattah Miyaz

Penggolongan Akun Akuntansi untuk Memudahkan Menyusun Laporan keuangan

mimin ABC kotaraya

Pentingnya Rekonsiliasi Bank Pada Bisnis

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi