ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Tahapan Setup Awal Database Accurate Online

Sudah berlangganan Accurate Online? Jika sudah, pasti Anda akan bertanya bagaimana cara melakukan Setup Awal Database Accurate Online untuk Anda yang baru saja berlangganan. Tentu setelah Anda berlangganan Accurate Online, Anda ingin memindahkan seluruh data keuangan dan pembukuan bisnis ke dalam Accurate Online. Sekarang Anda tidak perlu bingung untuk melakukan setup awal.

ABC Kotaraya akan memberikan Anda tutorial setup database awal Accurate Online yang perlu Anda lakukan. Sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk melakukannya. Pastikan Anda mengikuti cara-cara berikut ini untuk melakukan prosesnya.

Data yang Perlu Disiapkan

Sebelum melakukan setup database, pastikan Anda sudah menyiapkan data-data yang dibutuhkan untuk di migrasi ke dalam Accurate Online. Data tersebut berupa :

  • Jenis akun
  • Data Supplier
  • Data Konsumen
  • Aset
  • Barang dan Jasa

Semua data tersebut sebaiknya di simpan dalam satu folder terlebih dahulu agar Anda lebih mudah dalam menyisipkan di Accurate Online ketika Anda akan melakukan set Up awal.

Tahap Awal

Langkah Awal

Tentu langkah awal, Anda bisa Login terlebih dahulu ke dalam akun Accurate Anda melalui link Account.Accurate.id. Setelah itu, silahkan isikan Email atau No Telepon yang telah di daftarkan dan masukan password.

Tampilan Login ke Akun Accurate Online

Langkah Kedua

Setelah Anda menekan tombol Login, Anda akan dibawa ke dalam tampilan seperti dibawah ini. Pilih Klik database untuk membuat database baru.

Tampilan Accurate Online setelah Log In

Setelah Anda klik, Anda akan dibawa pada tampilan seperti ini. Anda bisa langsung mengisi database yang Anda buat. Anda boleh mengisi sesuai nama PT Anda. Contoh PT Maju Mundur Uji Coba. Seperti contoh dibawah ini.

Membuat nama Database Di Accurate Online

Anda juga bisa memilih tombol Klik Drag/Drop untuk meng-upload logo bisnis atau perusahaan Anda, jika Anda ingin menggunakan logo perusahaan pada database. Setelah itu klik simpan pada tombol simpan.

Tunggu beberapa saat untuk menuju ke halaman database. Biasanya lama atau tidaknya loading setelah klik Simpan akan bergantung pada jaringan internet di lokasi Anda.

Baca Juga: Lengkap! Perbedaan Accurate Online dan Accurate Desktop

Langkah Ketiga

Memilih Nama Database Saat Setup Database Awal Di Accurate Online

Setelah selesai menunggu, Anda akan dibawa kembali ke halaman awal sebelum membuat database. Di Halaman ini akan terdapat Menu database yang telah Anda buat berdasarkan nama tadi. Anda bisa memilih database yang telah Anda buat.

Setelah itu, Anda akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar dibawah ini.

Silahkan Anda isi berupa informasi mengenai perusahaan Anda. Silahkan isi secara lengkap dan sesuai dengan kondisi keuangan bisnis Anda.

Mengisi Informasi Perusahaan Saat Setup Awal Database Di Accurate Online

Hal yang perlu dipehatikan dalam tahapan ini, Anda perlu mengisi tanggal data mulai. Artinya, kapan Anda akan memulai menggunakan Accurate Online. Misal 1 Januari 2022. Maka Anda harus menulis tanggal mulai pada 31 Desember 2021.

Jangan lupa mengisi periode akuntansi. Pada periode ini Anda akan menemukan beberapa pilihan periode. Jika perusahaan di Indonesia, periode akuntansi pada umumnya di mulai dari Januari hingga Desember. Namun untuk negara-negara lain memiliki periode yang berbeda-beda. Jika perusahaan Anda mengikuti Perusahaan Induk di negara lain, Anda bisa memilih yang sesuai pada pilihan periode perusahaan Anda.

Pada tahap ini, Anda jangan sampai salah pada pemilihan tanggal mulai data dan Periode akuntansi.

Langkah Empat

Fitur Dasar Accurate Online

Pada langkah empat dengan pilihan menu Fitur Dasar. Dalam langkah ini, Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi perusahaan Anda. Jika “Ya” Anda bisa menconteng pilihan “Ya”. Jika tidak, Anda tidak perlu menconteng pilihan yang aa.

Langkah Lima

Menconteng Pertanyaan di Menu Penjualan

Pilihan penjualan, Anda bisa menconteng kembali pertanyaan yang memang sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Langkah Enam

Pertanyaan Pembelian

Bagian Pembelian Anda juga perlu mencentang apa yang sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Langkah Tujuh

Menu Akun Perkiraan Saat Set Up Awal Database Accurate Online

Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa menyesuaikannya. Tetapi jika tidak ada, Anda bisa menggunakan Akun perkiraan yang telah disediakan oleh Accurate Online.

Nah ini adalah bagian Setup awal database Accurate. Anda bisa menyesuaikan semuanya dengan kondisi pada perusahaan Anda. Jika sudah selesai dalam tahap tersebut, Anda bisa memilih tombol Selesai.

Persiapan Data Perusahaan

Persiapan data Perusahaan Saat Setup database Awal Accurate Online

Setelah Anda menyelesaikan tujuh tahapan diatas, sekarang Accurate Online akan membawa Anda pada menu Persiapan Data Perusahaan.

Pada tahap ini, Anda bisa melihat menu yang ada untuk mengisi data mulai dari Kas & Bank, Akun Perkiraan Pemasok/Supplier, pelanggan, Barang dan Jasa.

Dalam memasukan semua data tersebut, Anda tidak perlu mencatat ulang. Tetapi bisa melakukan ekspor berdasarkan data yang Anda sudah miliki. Untuk Ekspor data Anda bisa menggunakan format excel.

Setelah selesai semua mengisi data, Anda sudah selesai dalam Setup Awal Database Di Accurate Online.

Lebih suka nonton Video? Anda bisa menyaksikan Setup Awal Database Accurate Online pada Video berikut ini.

Related posts

Mau Tahu Berapa Harga Software Accurate? Cek Disini!

mimin ABC kotaraya

5 Manfaat Pembukuan untuk Bisnis Kecil yang Sering Terbaikan

mimin ABC kotaraya

Recommended! Aplikasi Pembukuan Gratis Untuk UMKM

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi