ABCkotaraya.id
Akuntansi

Fungsi Software Akuntansi dan Bagaimana Cara Kerjanya

Promo Accurate Online

Sangat sedikit pemilik bisnis memahami akuntansi, padahal ini penting untuk keberlanjutan bisnis. Bisnis bukan sekedar berapa banyak produk atau jasa yang terjual, tetapi bagaimana Anda mampu mengelola keuangan bisnis menjadi satu hal penting untuk perkembangan bisnis di masa depan. Disinilah perlunya para pelaku bisnis menggunakan software akuntansi, karena banyak fungsi software akuntansi yang mampu membantu Anda menuntaskan pekerjan akuntansi dan keuangan secara efektif dan efisien.

Pengelolaan arus kas dan laporan keuangan pada bisnis memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, setiap pebisnis perlu memahami polanya dan bagaimana mengelolanya. Oleh karena itu, setiap pelaku bisnis perlu belajar akuntansi untuk melakukan semuanya.

Saat ini, saat Anda ingin belajar akuntansi untuk bisnis, sebenarnya tidak perlu lagi belajar tentang hal-hal yang memang dilakukan secara mendalam. Proses akuntansi bisa Anda lakukan secara otomatis, yaitu dengan menggunakan software akuntansi. Bagaimana cara kerja software akuntansi dan fungsi software akuntansi bagi perkembangan bisnis? Kita akan ulas semuanya.

Fungsi Software Akuntansi

Anda dapat menyelesaikan banyak aktivitas akuntansi dalam waktu singkat menggunakan software akuntansi. Bahkan Anda bisa menjalankan otomatisasi perhitungan akuntansi dari tahap awal hingga tahap akhir yang bisa Anda jalankan dengan baik dan sesuai pada keinginan Anda. Berikut beberapa fungsi software akuntansi :

Pencatatan Transaksi

Pencatatan transaksi adalah langkah awal dalam siklus akuntansi yang perlu dijalankan oleh akuntan maupun para pelaku bisnis. Tanpa melakukan pencatatan, maka Anda tidak akan bisa menyusun buku besar, neraca hingga laporan keuangan. Oleh karena itu tahapan ini sangatlah penting untuk bisnis Anda.

Adapun beberapa tahapan dalam melakukan pencatatan adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan bukti transaksi
  • Identifikasi bukti transaksi
  • Melakukan pencatatan transaksi
  • Posting ke buku besar

Anda perlu melakukan seluruh pencatatan pada akun penjualan, pembelian, pendapatan, dan akun lainnya.

Membuat dan Mengirim Faktur

Membuat faktur adalah salah satu aktivitas akuntansi yang perlu dilakukan pebisnis. Faktur ini menjadi alat bukti transaksi untuk menerangkan bahwa telah adanya transaksi jual beli antara pembeli dan penjual. Faktur bukan saja sekedar alat bukti untuk pembelian, tetapi faktur juga menjadi alat bukti penjualan.

Pembuatan faktur merupakan hal wajib oleh setiap pengusaha, tetapi saat banyak pesanan yang datang pembuatan faktur bisa tidak efektif, hal ini karena pembuatan faktur terjadi lebih lama. Software akuntansi membantu pembuatan faktur menjadi lebih cepat. Bahkan Anda bisa langsung mengirimkan faktur ke konsumen atau supplier dengan lebih cepat.

Mengelola Hutang dan Piutang

Setiap pebisnis tentu memiliki hutang dan piutang. Seluruh hutang dan piutang pada umumnya di catat secara spesifik oleh pelaku bisnis. Pencatatan piutang ini terkadang membuat seseorang merasa lebih sulit karena saking banyaknya. Bahkan ada beberapa pebisnis yang sering lupa mencatatnya atau catatan hutang atau piutang hilang karena lupa atau memang sudah di buang dengan tidak sengaja.

Salah satu fungsi software akuntansi adalah untuk membantu pebisnis dalam mengatur hutang piutang mereka. Anda sangat perlu mencatat dan menyimpan catatan tersebut dengan baik. Software akuntansi memiliki fitur ini. Sehingga Anda tidak lagi lupa dengan catatan hutang dan piutang, karena Anda bisa mengecek di fitur tersebut.

Mengatur Persediaan

Salah satu fungsi lain dari software akuntansi berfungsi untuk mengelola persediaan. Sebagai pemilik bisnis, pastinya setiap ada barang masuk maupun keluar perlu dicatat. Hal ini untuk memantau pergerakan barang. Sehingga jika ada barang yang kurang atau lebih, Anda bisa mengecek di sistem platform pembukuan yang Anda miliki.

Mengelola Pelanggan dan Supplier

Mungkin Anda telah memiliki cukup banyak pelanggan maupun supplier. Tidak mungkin seluruhnya Anda catat dengan cara manual, karena itu cukup melelahkan dan berisiko. Apa risikonya? Risikonya Anda bisa kehilangan data mereka jika Anda lupa atau data yang Anda miliki tidak tersimpan dengan baik.

Dengan software akuntansi, Anda bisa melakukan penyimpanan data tersebut dengan baik. Anda bisa mengetahui Riwayat pemesanan, nilai transaksi, jumlah hutang dan piutang. Sehingga Anda memiliki informasi lengkap mengenai pelanggan dan supplier.

Membuat Laporan Keuangan

Fungsi utama dari software akuntansi adalah membuat laporan keuangan yang komprehensif. Pengguna platform pembukuan, perlu mengetahui seluruh aktivitas akuntansi yang dilakukan akan berujung pada pembuatan laporan keuangan untuk menggambarkan penggunaan anggaran bisnis Anda.

Dengan adanya laporan yang komprehensif dan bisa dibuat dengan akurat, Anda akan mengetahui mengenai kesehatan keuangan bisnis Anda. Dari situ Anda bisa menghasilkan keputusan-keputusan terbaik untuk bisnis berdasarkan laporan keuangan yang ada.

Bagaimana Cara Kerja Software Akuntansi?

Pasti Anda juga bertanya-tanya bagaimana cara kerja sebuah software akuntansi. Software akuntansi akan melakukan penyimpanan data dan pemrosesan data yang telah Anda posting ke dalam sistem. Data-data tersebut akan di olah menjadi sebuah angka-angka berdasarkan dengan perintah yang diinginkan.

Seluruh software akuntansi telah dilengkapi panduan untuk memudahkan aktivitas akuntansi. Mulai dari proses pencatatan, hingga menjadi laporan keuangan. Setiap data yang telah di input, Anda bisa menyajikannya berdasarkan dengan apa yang Anda inginkan dan sesuai pada fitur atau modul yang Anda gunakan. Software akuntansi akan membantu Anda untuk menghasilkan data yang akurat.

Temukan software akuntansi terbaik hanya di Abckotaraya.id.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

mimin ABC kotaraya

Tujuan Laporan Keuangan, Kenapa Perlu Dimiliki Perusahaan!

mimin ABC kotaraya

Software Akuntansi: Kenapa Perlu dan Penting Bagi Perusahaan

Iskandar

Leave a Comment