ABCkotaraya.id
Akuntansi

7 Prinsip Manajemen Keuangan yang Harus Diterapkan dalam Bisnis

Promo Accurate Online

Mengelola keuangan bisnis memang tidak bisa sembarangan. Menjalankan manajemen keuangan perusahaan, terdapat beberapa prinsip manajemen keuangan yang harus diterapkan dalam proses administrasi keuangan bisnis. Sehingga setiap dana yang dimanfaatkan bisa dipertanggungjawabkan.

Langkah ini dilakukan untuk menjaga kestabilan keuangan pada bisnis. Manajemen keuangan dalam definisi umum adalah bagaimana mengelola modal kerja, menggunakan dan alokasi dana, serta bagaimana proses mengelola aset bisnis yang sudah dimiliki.

Secara garis besar ada tujuh prinsip manajemen keuangan. Prinsip ini harus dijalankan oleh setiap stakeholder bisnis demi mencapai tujuan bersama. Terlebih pengelolaan dana bisnis harus berdasarkan perencanaan yang matang dan semua harus dilaksanakan secara bertanggung jawab.

Berikut beberapa prinsip manajemen keuangan pada bisnis:

Akuntabilitas

Akuntabilitas dapat dikatakan sebagai bentuk tanggungjawab yang melekat pada setiap individu yang mengelola dana, kelompok, dan juga perusahaan untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan dana, alat-alat, dan wewenang. Sehingga semua laporan keuangan bisa memberikan informasi akurat mengenai penggunaan modal kerja.

Bisnis harus mampu menyebutkan bagaimana dana mereka digunakan serta dengan dana tersebut apa saja yang sudah dicapai. Para pengelola dana harus mampu menjelaskan kepada orang-orang yang berkepentingan dan menerima manfaat dalam bisnis. Semua pihak yang berwenang  harus mengetahui bagaimana dana tersebut dikelola.

Konsistensi

Prinsip manajemen keuangan secara konsisten
Source: https://cabinetmakerprofitsystem.com/

Sistem keuangan perusahaan harus dilakukan secara konsistensi. Bukan berarti sistem yang ada tidak bersifat dinamis. Konsistensi adalah sebuah proses bagaimana dana yang ada digunakan sesuai dengan rencana yang sudah disepakati.

Tentunya rencana yang ada tidak dirubah dalam jangka waktu yang pendek. Kecuali ada kondisi darurat yang mengharuskan perubahan itu terjadi, seperti adanya force majeure.

Terkadang pendekatan keuangan yang tidak konsisten menunjukan ada kecurangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk menghasilkan keuntungan bagi individu maupun kelompok tertentu.

Kelangsungan Hidup

Pada proses pengelolaan keuangan bisnis, para pelaku usaha harus melakukan perhitungan dengan baik demi kelangsungan bisnis mereka. Aktivitas bisnis harus sesuai pada perencanaan keuangan sejalan dengan jumlah dana yang tersedia.

Sehingga pengeluaran organisasi harus mampu menjalankan kelangsungan hidup bisnis dengan menjaga Kesehatan keuangan bisnis. Disinilah penentuan perencanaan yang harus sesuai dengan jumlah dana yang dimiliki oleh organisasi.

Transparansi

Saat ini setiap bisnis harus menunjukan transparansi kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan bisnis, terutama pihak yang diajak kerjasama untuk mendirikan bisnis. Meskipun perusahaan dalam kondisi rugi, sebaiknya diungkapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan bisnis Anda, terutama kepada para investor.

Termasuk dalam menyediakan laporan keuangan yang akurat, relevan, lengkap, dan sesuai periode yang telah disepakati Bersama. Ketika Anda tidak transparan dalam pengelolaan dana, menunjukan bahwa ada sesuatu yang janggal dalam manajemen keuangan perusahaan.

Standar Akuntansi

Manajemen keuangan akan selalu berkaitan dengan akuntansi. Pada akhirnya, prinsip manajemen keuangan pada bisnis harus merujuk pada standar akuntansi yang berlaku. Jika Anda menjalankan segala aktivitas bisnis di Indonesia, tentunya standar akuntansi harus mengikuti standar akuntansi yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Untuk itu, sebaiknya para pebisnis menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan bisnis seperti Accurate Online. Dengan Accurate Online, semua proses akuntansi sudah dijalankan sesuai pada standar akuntansi yang berlaku. Hingga penghitungan pajak dan integrasi sistem pajak.

Baca Juga: Mengelola Usaha lebih Mudah dengan Accurate Online

Integritas

Kata integritas mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Bagaimana penerapannya dalam diri juga berdasarkan pada nilai, tindakan, metode, ukuran, dan prinsip untuk melakukan pengelolaan keuangan secara jujur dan benar.  Integritas lebih kepada bagaimana seorang individu bisa jujur dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik dan akurat.

Pengelolaan

Pada bisnis pengelolaan keuangan menjadi kunci keberhasilan dan kegagalan bisnis. Para pelaku bisnis dalam perusahaan harus bisa menunjukan bahwa dana yang telah dianggarkan benar-benar digunakan untuk segala sesuatu berdasarkan rencana keuangan yang telah ditetapkan.

Penutup

Demikianlah tujuh prinsip keuangan yang harus dijalankan oleh setiap pebisnis. Ketika prinsip manajemen keuangan dijalankan setiap individu harus transparan dan jujur dalam mengelola dana yang ada. Persoalan keuangan bisnis sangat rentan terhadap manipulasi dan kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan untuk mereka.

Namun di zaman teknologi, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa menggunakan software seperti Accurate Online untuk menerapkan manajemen keuangan yang professional. Bahkan Accurate Online bisa membuat laporan keuangan dengan cepat dan bisa di cek secara realtime. Dapatkan software akuntansi gratis 30 hari hanya dengan klik banner dibawah ini.

CTA Accurate Online

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Kenapa Laporan Keuangan Penting untuk UMKM?

mimin ABC kotaraya

Panduan Menggunakan Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Tahapan Setup Awal Database Accurate Online

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment