ABCkotaraya.id
Akuntansi

4 Perubahan Akuntansi Konvensional Setelah Pandemi

Promo Accurate Online

Efek pandemi menyentuh seluruh lini kehidupan. Bukan hanya dampak Kesehatan, pandemi berdampak pada ekonomi, budaya, politik, dan kehidupan sosial. Begitu juga dengan budaya kerja yang berubah signifikan selama pandemi berlangsung, termasuk perubahan akuntansi konvensional setelah pandemi yang berdampak luas pada kehidupan akuntan dan para pebisnis dalam penerapannya.

Banyak bisnis yang cukup terdampak dengan pandemi. Mereka melaporkan kondisi perusahaan yang cukup mengkhawatirkan mulai dari Kesehatan hingga keuangan dan operasional. Terlepas dari itu, banyak bisnis yang perlu menghadapi tantangan inovasi akuntansi, seperti penggunaan teknologi dan cloud.

Covid-19 tidak hanya berdampak pada satu atau dua jenis bisnis. Tetapi hampir semua bisnis berdampak, mungkin yang hanya terlihat bisnis perhotelan, aviasi, dan pariwisata saja. Sebenarnya semua bisnis terdampak. Keuangan mereka terbengkalai. Begitupun dalam setiap bisnis yang memerlukan akuntansi. Para akuntan seperti dipaksa untuk segera berkembang hanya dalam satu malam. Dan mungkin perkembangan ini akan terus berlanjut.

Kemampuan Beradaptasi

Para akuntan harus berpikir untuk cepat berubah dan beradaptasi dengan kondisi saat ini. Baik itu dalam pekerjaan mereka, penggajian kepada para karyawan, sistem program keuangan yang perlu berubah, dan cara akuntan bekerja pun harus berubah.

Para pebisnis tentu berharap mampu menyesuaikan diri dengan kondsi saat ini. Mengharapkan informasi yang terus diperbarui berkaitan dengan kebijakan keuangan mereka dan untuk bisa menyesuaikan bisnis mereka dengan kondisi yang terjadi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Akuntansi yang Perlu Dikenali Pebisnis

Banyak pebisnis yang menuntut lebih banyak kelincahan kepada akuntan, perubahan cepat yang terjadi dalam dua tahun ini membuat akuntan perlu berpikir sendiri dengan cepat. Pandemi membuat para akuntan mampu menghadapi hambatan baru di masa depan.

Komunikasi yang Lebih Baik

Terkadang akuntan jarang melakukan interaksi langsung dengan pemilik atau direktur. Padahal ini akan merugikan bagi sebagian pebisnis dan pengusaha. Terlebih selama masa new normal banyak pekerja jarang berkomunikasi tatap muka dengan tim dan atasan mereka. Termasuk para akuntan. Membuat antara Akuntan dan pemilik bisnis memiliki jarak.

Namun itu bukan lagi hal yang sulit. Anda tetap bisa mengobrol online dengan konferensi video, dan sering mengirim report pekerjaan seperti hal yang biasa saat ini.

Apa lagi para pebisnis tidak ingin pandemi membuat implikasi besar terhadap keuangan mereka. Di masa transisi seperti masa New Normal saat ini, membuat banyak bisnis membutuhkan informasi yang cepat dan berwawasan untuk membantu bisnis mereka. Hasilnya mereka akan membutuhkan Anda sebagai seorang komunikator yang baik di masa depan.

Lingkungan Kerja Fleksibel

Perubahan akuntansi konvensional selama pandemi membaut sebagian pekerja bekerja lebih fleksibel. Semua profesi mengalihkan tempat kerja mereka dari kantor ke rumah. Ruang professional masuk ke ruang privasi.

Meskipun saat ini beberapa perusahaan telah memulai kembali kegiatan secara normal, meskipun lanskap kantor mungkin sudah berubah tidak seperti dahulu. Para pekerja, termasuk akuntan sudah lebih dari satu tahun bekerja dari rumah, beberapa memilih opsi hybrid. Sebagian bekerja di kantor dan sebagian bekerja di rumah.

Perubahan ini membuat cara kerja para akuntan ikutan berubah. Begitu juga cara akuntan dalam menjalankan pekerjaan mereka. Sebelumnya, sangat sulit seorang akuntan bekerja dari rumah, bahkan tidak mungkin untuk dilakukan.

Pandemi membuat mereka harus bekerja secara fleksibel. Memanfaatkan teknologi dan mengurangi penggunaan kertas dan dilakukan pekerjaan secara jarak jauh. Sehingga membuat para pengusaha dan akuntan bekerja secara jarak jauh. Cara itu akan menambah tingkat fleksibilitas di masa depan yang lebih menguntungkan kepada semua orang.

Biasanya para akuntan lebih mengandalkan pertemuan secara tatap muka dengan laporan terjadwal. Pandemi merubah semua agar dapat bekerja di lingkungan yang lebih fleksibel.

Pemanfaatan Teknologi

Keberadaan pandemi membuat para pengusaha dan akuntan harus lebih intens dalam berkomunikasi untuk terus memantau pergerakan keuangan perusahaan. Pekerjaan jarak jauh, menuntut mereka perlu memanfaatkan teknologi dalam bekerja. Sehingga Anda juga perlu menggunakan teknologi yang bisa memantau data keuangan secara bersama-sama.

Baik para pengusaha dan akuntan perlu sekali untuk memanfaatkan teknologi yang bisa membantu bisnis bekerja lebih cepat dan memantau secara bersama-sama. Caranya dengan memanfaatkan teknologi cloud dalam keuangan bisnis.

Baca Juga: Kesalahan Proses Akuntansi yang Sering Terjadi

Anda bisa memanfaatkan software bisnis berbasis cloud yang bisa menunjang bisnis Anda di masa depan. Perubahan akuntansi konvensional setelah pandemi sangat perlu dilakukan oleh para pebisnis. Anda bisa memanfaatkan software Accurate Online yang bisa memenuhi segala kebutuhan bisnis Anda.

Accurate Online sangat cocok untuk segala jenis bisnis. Anda bisa memilih Accurate Online yang sesuai dengan bisnis Anda. Baik itu bisnis dagang, jasa, dan juga manufaktur. Accurate Online bisa menunjang bisnis Anda. Dapatkan Accurate Online di ABC Kotaraya.

Proses Akuntansi

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

mimin ABC kotaraya

3 Alasan Mengapa Software Akuntansi Penting bagi Bisnis Startup

Faqih

Memudahkan Proses Keuangan: Manfaat Pembuatan Invoice Otomatis

Iskandar

Leave a Comment