ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi Bisnis Fitur Keuangan

Quick Setup di Accurate Online

Bagaimana melakukan setup dengan mudah di Accurate Online ?

Ingin pakai Accurate Online tapi khawatir tidak bisa setup? Jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan panduan step by step bagaimana caranya. Sehingga kamu bisa melakukannya sendiri. Yuk ikuti panduan nya dibawah ini;

  1. Masuk ke dalam Accurate Online nya, untuk lebih mudah klik disini. Silahkan login menggunakan email & password yang telah dibuat, jika belum pernah membuat account silahkan klik ‘Daftar Akun Baru’ kemudian buat login nya terlebih dahulu bisa menggunakan email / No.Handphone . Jika sudah, silahkan login  menggunakan account yang sudah didaftarkan.

Quick Setup

2.  Silahkan klik icon + untuk membuat database baru, kemudian berikan nama database. Bisa berikan logo        perusahaan pada logo database (jika diperlukan) atau bisa menggunakan logo yang sudah disediakan.

Quick Setup

3. Isi informasi data perusahaan Anda dengan lengkap sesuai kolom yang disediakan. Jika sudah, klik lanjut.

Quick Setup

4. Aktifkan fitur dasar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut penjelasan nya:

Quick Setup

  • Apakah perusahaan anda memiliki beberapa cabang yang berbeda lokasi? Artinya, jika perusahaan memiliki beberapa cabang yang lokasi nya berbeda-beda dimana untuk pembukuan nya ingin dipantau oleh pusat, maka anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’
  • Apakah perusahaan anda bertransaksi dalam mata uang asing? Artinya, jika transaksi perusahaan menggunakan mata uang asing selain IDR, maka kamu dapat mengaktifkan fitur ini klik kolom ‘YA’
  • Apakah perusahaan anda memungut dan membayarkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), artinya jika transaksi perusahaan berkaitan dengan pemungutan PPN lalu membayarkan nya, maka silahkan aktifkan fitur ini klik kolom ‘YA’.
  • Apakah perusahaan anda memotong/dipotong pajak penghasilan PPh 23 saat pembayaran?
  • Saat mengeluarkan uang, pembelian barang, dan lain-lain apakah perlu melalui proses persetujuan? Jika transaksi dalam perusahaan mu ada yang memerlukan persetujuan terlebih dahulu kepada pihak terkait maka kamu dapat mengaktifkan fitur ini.
  • Apakah perusahaan anda mencatat aset-aset perusahaan? Apabila perusahaan anda ingin mencatat setiap aset yang dimiliki, dan melakukan perhitungan nya di Accurate. Silahkan aktifkan fitur nya klik kolom ‘YA’.
  • Apakah perusahaan anda menghitung anggaran biaya, beban, penjualan? Apabila perusahaan anda ingin melakukan budgeting untuk biaya yang ditentukan, klik kolom ‘YA’ untuk aktifkan fitur nya.

     Jika fitur sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, silahkan klik tombol bertuliskan ‘Lanjut’ di bagian bawah.

 

5. Aktifkan fitur penjualan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Perusahaan. Berikut masing-masing penjelasan nya;

Quick Setup

 

  • Apakah perusahaan membuatkan surat penawaran harga kepada pelanggan? Jika transaksi penjualan anda melalui proses surat penawaran terhadap customer, maka fitur ini dapat diaktifkan dengan klik kolom ‘YA’ untuk aktifkan fitur nya.
  • Pada saat penagihan, apakah anda melakukan proses tukar faktur ke pelanggan? Tukar faktur ini berfungsi sebagai tanda terima saat melakukan penagihan piutang. Faktur Penjualan yang asli diberikan kepada pelanggan dan perusahaan (sebagai penjual) mendapatkan bukti sah sebagai ganti dari faktur penjualan asli selama pelanggan melakukan pembayaran. Sebelum melakukan proses tukar faktur, perlu dibuat terlebih dahulu faktur penjualan nya.
  • Apakah barang yang sudah dijual boleh dikembalikan oleh pelanggan dan mengurangi piutangnya? Jika perusahaan anda menerima transaksi retur barang dari pelanggan, anda dapat mengaktifkanfitur ini dengan klik kolom ‘YA’.
  • Apakah perusahaan anda menitipkan barang yang dijual pada pihak lain (konsinyasi)? jika perusahaan anda menitipkan barang kepada pihak lain untuk dijual, silahkan aktifkan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’ .
  • Apakah perusahaan anda mengirimkan barang melalui jasa pengiriman? Jika perusahaan anda mengirimkan barang kepada pelanggan melalui jasa kurir, aktifkan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’.
  • Apakah perusahaan memberikan syarat dan tenggang waktu pelunasan kepada pelanggan? Contoh perusahaan anda memberikan masa tenggang pembayaran untuk pelanggan 2/10 n/30, net 30, net 60 atau sesuai dengan ketentuan perusahaan anda. Maka aktifkan fitur ini untuk memantau jatuh tempo nya.

Jika fitur sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, silahkan klik tombol bertuliskan ‘Lanjut’ pada bagian bawah.

 

6. Masuk ke dalam fitur dari Pembelian, silahkan aktifkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Berikut penjelasan nya;

Quick Setup

  • Saat pembelian barang, apakah membutuhkan surat permintaan barang ke bagian pembelian? Biasanya fitur ini digunakan untuk bagian PIC Gudang yang meminta stok ke bagian Finance, bisa disebut juga Purchase Request. Klik kolom ‘YA’ jika ingin mengaktifkan fitur ini.
  • Apakah perusahaan anda membutuhkan PO (Purchase Order) ke Pemasok? Jika transaksi pembelian anda melalui proses PO ke Supplier/Pemasok, aktifkan fitur ini dengan klik kolom’YA’.
  • Dalam proses pembelian barang, apakah proses pengirimannya diproses oleh pemasok lain(Forwarder)? Jika dalam transaksi pembelian barang di perusahaan anda dimana untuk pengiriman nya diproses oleh pemasok lain, aktifkan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’.

 

7. Aktifkan fitur yang terdapat pada modul persediaan ini sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut penjelasan nya;

Quick Setup

    • Apakah perusahaan anda memiliki lebih dari satu gudang ? Apabila perusahaan anda memiliki lebih dari 1 gudang, contoh ; Gudang A, B, C, D di satu lokasi maupun berbeda lokasi. Anda dapat aktifkan fitur ini agar dapat mendaftarkan masing-masing gudang untuk memantau stok per gudang nya. Klik kolom ‘YA’ untuk aktifkan fitur ini.
    • Apakah barang yang dijual memiliki lebih dari satu satuan pada satu jenis barang ? Jika perusahaan anda menjual barang dengan jenis satuan seperti; 1 Pcs, 1 Lusin = 12 Pcs, 1 Dus = 24 Pcs, dll maka anda dapat aktifkan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’.
    • Apakah perusahaan anda mencatat no seri/produksi barang pada saat pembelian dan penjualan? Aktikfan fitur ini dengan klik kolom ‘YA’ apabila barang yang anda beli dan jual menggunakan nomor serial per barang nya.
    • Apakah perusahaan anda memiliki kegiatan memproduksi/merakit barang? Apabila perusahaan anda melakukan produksi simple atau merakit barang untuk dijual, maka aktifkan fitur ini. Contoh; perusahaan Anda memiliki barang A, B, C, D kemudian di produksi atau di assembling menjadi barang jadi X.

 

  • Apa metode perhitungan biaya persediaan yang digunakan ?
  • Rata-Rata (Average)

     Metode persediaan ini akan membagi antara biaya barang dengan jumlah unit yang tersedia. Persediaan produk terakhir serta beban pokok penjualan nya akan dikalkulasikan secara rata-rata. Metode ini biasanya digunakan pada perusahaan yang menjual produk tanpa melihat terlebih dahulu mana yang pertama kali masuk dan keluar. Metode ini cocok untuk perusahaan dagang yang barang nya tidak memiliki expired date.

  • Fifo (First in First Out)

     “Pertama masuk dan pertama keluar”, metode ini akan menghitung barang yang pertama masuk yang akan dikeluarkan terlebih dahulu. Ketika perusahaan menggunakan metode ini maka barang yang akan dijual maka barang yang pertama kali masuk. Biasanya metode ini digunakan oleh perusahaan yang barang nya memiliki expired date.

 

8. Fitur Lainnya, terdapat fitur pendukung di Accurate yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut penjelasannya;

Setup Accurate Online

  • Apakah perusahaan anda mencatat biaya dan beban operasional per departemen ? Apabila perusahaan anda ingin mencatat biaya dan beban operasional yang dikeluarkan untuk divisi, maka anda dapat aktifkan fitur ini untuk melihat biaya nya. Accurate akan menghasilkan biaya per divisi.
  • Apakah perusahaan anda mencatat biaya dan beban operasional per proyek ?  Apabila perusahaan anda ingin mencatat biaya dan beban operasional yang dikeluarkan untuk proyek yang anda miliki maka aktifkan fitur ini untuk melihat biaya per proyek nya.
9. Apabila perusahaan anda belum memiliki Daftar Akun yang siap untuk digunakan, maka Accurate dapat membantu anda untuk membuat Daftar Akun nya dan bisa ditambahkan sesuai kebutuhan perusahaan anda. Klik kolom ‘YA’ agar Accurate dapat membuatkan Daftar Akun nya. Jika sudah, klik tombol ‘Selesai’ dan Accurate siap digunakan.

Setup Accurate Online

 

Setup Accurate Online

 

Related posts

Membuat Akses Grup di Accurate Online

admin

Berikut 10 Cara Memantau Kinerja Keuangan Dalam Bisnis Anda

admin

Inilah 4 Usaha Agrobisnis Bermodal Kecil

admin

Leave a Comment