Tentang Accurate Desktop Versi 5
Accurate Desktop merupakan aplikasi pembukuan yang dapat digunakan untuk mempermudah pencatatan dan pengelolaan data keuangan serta mampu menghasilkan laporan keuangan secara cepat dan realtime. Adapun fitur-fitur yang terdapat dalam Accurate Desktop versi 5, antara lain :
-
Buku Besar (General Ledger)
yang terdiri dari Daftar Akun (Chart of Account), Mata Uang (Currency), Info Perusahaan (Company Info), Bukti Jurnal Umum (Journal Voucher), Proses Akhir Bulan (Periode End), dan Laporan Keuangan (Financial Statement)
-
Kas Bank (Cash Bank)
meliputi Buku Bank (Bank Book), Penerimaan (Deposit), Pembayaran (Payment), Rekonsiliasi Bank (Bank Reconcile)
-
Persediaan (Inventory)
Fitur yang tersedia diantaranya Barang dan Jasa (Item), Penyesuaian Persediaan (Inventory Adjustment), Pembiayaan Pesanan (Job Costing), Gudang (Warehouse), Grup (Grouping), Set Harga Penjualan (Set Selling Price), dan Pindah Barang (Item Transfer)
-
Penjualan (Sales)
Modul penjualan terdapat fitur seperti Penawaran Penjualan (Sales Quotation), Pesanan Penjualan (Sales Order), Faktur Penjualan (Sales Invoice), Retur Penjualan (Sales Return), dan Penerimaan Penjualan (Sales Receipt)
-
Pembelian (Purchase)
Pada modul pembelian, fitur yang tersedia adalah Permintaan Pembelian (Purchase Requisition), Pesanan Pembelian (Purchase Order), Penerimaan Barang (Received Item), Faktur Pembelian (Purchase Invoice), Retur Pembelian (Purchase Return) dan, Pembayaran Pembelian (Purchase Payment)
-
Aset Tetap (Fixed Asset)
modul ini terdiri dari Aktiva Tetap Baru (New Fixed Asset), Tipe Aktiva Tetap Pajak (Of Fiscal Fixed Asset Type), Tipe Aktiva Tetap (Of Fixed Asset Type), Daftar Aktiva Tetap (Fixed Asset List)
-
Daftar (List)
Berisi list data seperti Pelanggan (Customers), Pemasok (Vendors), Penjual (Salesman), Projek (Project, varian Deluxe & Enterprise), Departemen (Department, varian Deluxe & Enterprise)
-
RMA (Return Merchandise Authorization)
Fitur yang tersedia yaitu Klaim Pelanggan (RMA), Aktivitas Proses Klaim (RMA Action), dan Faktur Penjualan (Sales Invoice)
-
Proyek (Project)
Terdapat pada varian Deluxe Edition, antara lain Bahan Baku (Materials), Upah Kerja (Labour Cost), Analisa Harga Kerja (Work Price Analysis),Proyek (Project), Bahan Baku Terpakai (Material In Used), Pembayaran Upah (Expense Payment), Survey Proyek (Project Survey), Tagihan Project (Project Blii), dan Penyelesaian Proyek (Project Ending)
-
Pabrikasi (Manufacture)
Khusus varian Enterprise Edition, yaitu Bahan Baku (Raw Materials), Biaya Produksi (Conversion Costs), Formula Produk (Bill Of material), Perintah Kerja (Work Order), Pengeluaran Bahan Baku (Material Release), dan Produk & Bahan Baku Keluaran (Product & Material Result)
-
e-Faktur
Export pajak keluaran dan pajak masukan dalam bentuk CSV, yang bisa langsung import ke dalam Software DJP Online tanpa perlu melakukan penginputan satu-persatu
Instalasi Program Accurate Desktop
Langkah Pertama
Instal program Accurate pada komputer. Silahkan download di sini atau saat pembelian pertama Accurate yang disimpan dalam USB. Klik dua kali pada installer (Setup.exe) untuk menjalankan instalasi, akan muncul tampilan konfirmasi pemasangan program seperti di bawah ini, klik next
Langkah Kedua
Selanjutnya pilih ‘I accept the terms in the End-User License Agreement’ kemudian klik tombol Next. Ini merupakan ketentuan perjanjian lisensi yang harus Anda pahami sebelum menggunakan Accurate
Langkah Ketiga
Tahap berikutnya tentukan lokasi direktori dan folder program Accurate akan disimpan, klik next
Langkah Keempat
Tentukan apakah komputer yang akan diinstall program ACCURATE dijadikan sebagai Server dan Client atau salah satunya saja. Jika hanya bekerja dengan satu komputer, pilih Client & Server, yang mana akan terinstal program Firebird (Database ACCURATE) dan program ACCURATE. Sedangkan Custom Anda akan memilih salah satu yang akan diinstal Client atau Server. Pilih Server jika hanya digunakan sebagai tempat menyimpan database, atau pilih client jika digunakan untuk bekerja saja (bukan untuk menyimpan database). Klik Next
Langkah Kelima
Selanjutkan akan muncul tampilan informasi versi Accurate yang diinstal pada komputer tersebut, klik next
Langkah Keenam
Tunggu beberapa menit hingga proses instalasi selesai
Langkah Ketujuh
Klik Finish jika proses instalasi sudah selesai
Set Up Database
Setelah selesai melakukan instalasi program Accurate, selanjutnya adalah pembuatan database. Kesulitan saat membuat database Accurate Desktop? Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti sehingga lebih mudah dalam pembuatan database.
-
Buka Program Accurate
klik tombol Start – Programs/All Program – CPSSoft – ACCURATE V5 – klik ikon Accurate. Klik Create New Company pada tampilan seperti di bawah
-
Tentukan Lokasi Penyimpanan
Selanjutnya akan muncul tampilan pilihan Local dan Mesin Lain. Tentukan tempat penyimpanan database. Pilih pada Local, jika ingin menyimpan database di komputer tersebut.Klik tanda titik 3 seperti pada gambar
Pilih folder penyimpanan, ketikkan nama file yang diinginkan dengan ekstensi *.GDB. Klik Create kemudian OK
Pilih mesin lain jika ingin menyimpan database pada komputer lain. Masukkan alamat IP komputer server (yang akan disimpan database), ketikkan direktori atau folder database akan disimpan dan nama database. Klik Ok
Tunggu hingga proses pembuatan database selesai
-
Login Dengan User Name & Password
Jika proses selesai dilakukan, selanjutnya masukkan password defaultnya. (Pengguna : SUPERVISOR, Password : SUPERVISOR)
-
Quick Set Up Accurate
Setelah berhasil login, akan masuk ke tampilan quick setup, yang mana Anda dapat memilih bahasa yang Anda inginkan yaitu bahasa indonesia atau bahasa inggris. Anda bisa mengubah kapan saja melalui pengaturan
Accurate menyediakan 2 tipe persiapan database, yaitu Persiapan Standar (Basic Setup) dan Persiapan Mahir (Advance Setup). Jika Anda memilih Basic, maka Accurate otomatis akan membuatkan Chart of Account atau Daftar Akun yang sudah sesuai dengan standar PSAK. Namun Anda masih bisa mengubah, menambah, atau menghapus daftar akun dari Accurate selama belum digunakan transaksi. Jika Anda memilih Advance, Anda bisa mengimport Daftar Akun yang sudah Anda miliki. Klik Next
Tampilan jika memilih Basic Setup , Klik Yes
Selanjutnya silahkan isi data Company Info dan Currency yang ada di perusahaan Anda. Klik Next
Isi informasi Cash & Bank seperti Nama Bank, Tanggal, dan Saldo awal. Klik Next
Pada kolom Customer & Vendor, silahkan isi sesuai dengan data yang Anda miliki seperti Nama dan Saldo Awal. Pada tab saldo awal akan diminta mengisikan tanggal dan nomor invoice. Klik Next
-
Tentukan Metode Persediaan
Accurate menyediakan 2 metode persediaan yaitu Average dan FIFO (First In First Out). Pilih metode persediaan sesuai dengan yang digunakan di perusahaan Anda. Klik Next
Pada tahap berikutnya adalah menginput informasi Barang & Jasa. Anda bisa langsung mengisi atau skip, karena daftar Barang & Jasa bisa diimpor dari excel. Klik Next
Setelah selesai, maka akan muncul tampilan ringkasan data yang sudah Anda input. Klik Finish
Database Accurate 5 Desktop siap digunakan
-
Tambahan
Data Pelanggan, Pemasok, serta Barang & Jasa bisa di import dari Microsoft Excel yang sebelumnya perlu Anda siapkan. Caranya, masuk ke menu List atau daftar, pilih salah satu yang akan Adna impor datanya.Untuk contoh format excel yang sesuai dengan Accurate, silahkan download di sini.
Demikian panduan set up database Accurate Desktop 5 yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar Accurate, silahkan menghubungi kami via whatsapp.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!