ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

13 Jenis Bisnis Ekonomi Kreatif yang Harus Anda Ketahui

Ekonomi kreatif menjadi  fokus pemerintah dalam mengembangkan sektor usaha di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia berkembang signifikan, seiring perkembangn teknologi dan informasi. Meskipun sering disebut, masih banyak yang belum tahu apa itu ekonomi kreatif dan jenis bisnis ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

Apa itu Ekonomi Kreatif?

Anda pasti bertanya-tanya sebenarnya apa itu ekonomi kreatif, sepertinya bisnis ini sangat dekat dengan anak muda. Betul, ekonomi kreatif adalah bisnis yang sangat dekat dengan anak muda. Sebab, ekonomi kreatif merupakan bisnis yang dijalankan mengandalkan ide, kreativitas, dan inovasi sebagai sumber produksi. Dimana saat ini banyak inovasi yang bersumber dari pemikiran anak muda.

Pengertian secara harfiah ekonomi kreatif adalah sumber perekonomian yang mengutamakan kreativitas dan pengetahuan manusia yang tidak terbatas untuk dimanfaatkan sebagai faktor produksi. Era teknologi sangat mengutungkan sektor ekonomi kreatif tumbuh.

Jenis Bisnis Ekonomi Kreatif

Desain

Sektor ekonomi pertama yang cukup umum adalah desain. Desain disini terdiri dari beberapa sektor yang menunjang kreativitas. Seperti desain grafis, desain interior, desain produk, dan juga berbagai jenis desain lainnya. Semua aktivitas desain membutuhkan kreativitas didalamnya.

Kuliner

Jenis bisnis ekonomi kreatif
Source: Idntimes.com

Industri kreatif berikutnya adalah kuliner. Kuliner masuk dalam jajaran industri kreatif yang paling diminati saat ini. Mulai dari sektor skala mikro hingga besar, sektor kuliner cukup menguasai pasar dan jumlahnya terus bertambah setiap bulannya. Bahkan penyebarannya merata di seluruh provinsi, kota dan kabupaten di seluruh Indonesia dan tidak terpusat di satu wilayah saja.

Periklanan

Jenis bisnis ekonomi kreatif berikutnya adalah periklanan. Meskipun sektor periklanan sudah ada sejak lama. Karena periklanan merupakan industi yang membutuhkan ide-ide kreatif untuk menghasilkan produk periklanan yang cukup menarik banyak orang. Sehingga sektor ini masuk dalam jenis usaha ekonomi kreatif.

Musik

Meskipun sudah ada sejak lama, musik tetap masuk dalam industri ekonomi kreatif. Industri musik memang menjadi sektor bisnis yang menggandalkan kreativitas. Apa lagi musik menjadi industri yang digeluti oleh anak muda dalam menuangkan kreativitas out of the box mereka.

Game

Industri game di Indonesia sebenarnya cukup berkembang dengan baik. Sudah banyak game-game yang dibuat oleh anak-anak Indonesia. Bahkan beberapa game buatan anak Indonesia sudah mendunia. Membuat industri game menjadi sektor ekonomi kreatif yang cukup berkembang di Indonesia saat ini.

Arsitektur

Bidang arsitektur juga masuk dalam jajaran ekonomi kreatif. Sektor ini cukup menjanjikan, apa lagi masyarakat kelas menengah di Indonesia banyak yang ingin memiliki rumah dengan konsep unik. Pada akhirnya mereka membutuhkan jasa arsitektur untuk mendesain konsep rumah milik mereka.

Industri arsitektur bukan hanya industri desain rumah, didalamnya termasuk perencanaan kota, teknik sipil, pembangunan taman, dan masih banyak lagi.

Fesyen

Salah satu industri yang tidak ada matinya dan hampir sama dengan kuliner adalah fesyen. Kebutuhan akan pakaian masuk dalam kebutuhan pokok. Tak heran semakin banyak perusahaan mulai dari sektor kecil hingga besar bermain pada sektor ini.

Bahkan Indonesia menjadi salah satu pusat fesyen yang cukup besar. Memiliki pasar fesyen yang menarik dan luar biasa, seperti pasar Tanahabang yang memiliki transaksi hingga ratusan milliar setiap harinya membuat fesyen menjadi industri ekonomi kreatif yang cukup signifikan.

Aplikasi

Perkembangan teknologi dan informasi mendorong anak-anak muda di Indonesia membuat aplikasi-dalam mendorong kebutuhan kehidupan. Sektor ini menjadi sektor potensial saat ini. Semua perusahaan kini telah membuat berbagai aplikasi untuk menawarkan produk atau layanan mereka. Sektor aplikasi masuk dalam jajaran bisnis ekonomi kreatif. Saat ini peminat di bidang aplikasi cukup banyak dan terus tumbuh.

Kerajinan Tangan (Kriya)

Kerajinan Tangan
Source: Merdeka.com

Kerajinan tangan merupakan sektor industri yang sudah berada cukup lama di Indonesia, bahkan menjadi seni kontemporer. Tetapi sektor ini masuk dalam jajaran industri ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah.

Seni kriya menjadi salah satu sektor khas Indonesia. Kerajinan ini bisa menghasilkan produk-produk kreatif yang cukup digemari. Konsumen produk kerajinan tangan Indonesia bukan hanya dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Animasi, Film, dan Video

Pembuatan animasi, film, dan video membutuhkan kreatifitas besar untuk menghasilkan satu kontennya. Mulai dari awal pembuatan hingga akhir, semua membutuhkan ide dan gagasan besar dalam menghasilkan karya luar biasa. Wajar saja ketiga industri ini masuk dalam sektor ekonomi kreatif.

Penerbit dan Percetakan

Selain animasi, film, dan video sektor ekonomi kreatif berikutnya adalah penerbit. Untuk mendesain sebuah buku dan menghasilkan karya besar, perusahaan penerbit haruslah menciptakan hasil terbitan yang menarik. Meskipun industri ini belum begitu besar di Indonesia. Sektor penerbitan dan pecetakan memiliki andil besar dalam menghasilkan karya-karya unik dan menarik.

Seni Pertunjukan

Jajaran ekonomi kreatif berikutnya yang masuk dalam jajaran ekonomi kreatif adalah seni pertunjukan. Industri seni pertunjukan sudah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan seni pertunjukan merupakan hiburan masyarakat Indonesia sejak dahulu. Seni pertunjukan terdiri dari wayang, teater, tari, dan lain sebagainya.

Di Indonesia seni pertunjukan hampir ada di semua wilayah Republik Indonesia dengan tampilan yang berbeda-beda. Hingga karya-karya seni pertunjukan Indonesia disukai oleh masyarakat mancanegara loh. Mulai dari tarian, wayang, dan teater. Ketiganya memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat mancanegara.

Televisi dan Radio

Dunia televisi dan radio masih masuk dalam jajaran ekonomi kreatif. Karena program televisi dan radio memerlukan ide dan kreativitas dalam proses pembuatan hingga penyajian ke masyarakat. Meskipun saat ini ada perpindahan masyarakat dalam menikmati layanan televisi. Mereka lebih memilih menonton layanan streaming hingga mendengarkan podcast. Peminat televisi sudah menurun drastis saat ini dibandingkan 10 tahun lalu.

Itulah jenis bisnis ekonomi kreatif di Indonesia yang sangat berkembang saat ini. Ada banyak manfaat yang bisa di rasakan cukup signifikan dari kehadiran ekonomi kreatif di Indonesia. Karena, ekonomi kreatif mampu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan inovasi di segala bidang industri.

Related posts

Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Tawarkan Karyawan Pensiun Dini

mimin ABC kotaraya

6 Hasil Bumi Dari Indonesia yang Di Minati Dunia

mimin ABC kotaraya

Ide Bisnis Fashion Wanita Yang Bisa Dicoba di Tahun Ini

Fattah Miyaz

Leave a Comment