ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

Bagaimana Sikap Tetap Optimis Di Tengah Ketikdakpastian Ekonomi?

Laju ekonomi tetap rendah, hampir seluruh dunia mengalaminya. Pandemi yang tidak juga berujung membuat ekonomi tidak juga terlihat bangkit. Pertumbuhan lapangan kerja rendah, bahkan banyak perusahaan yang akhirnya menutup operasional mereka. Membuat lapangan kerja berkurang, pengangguran terus bertambah. Begitu banyak kerabat, saudara, dan mungkin anak-anak kita yang merasa stress, lelah, dan marah dengan kondisi saat ini. Mereka tidak bisa bergerak dan harus sikap tetap optimis menghadapi tatanan baru.

Krisis organisasi terjadi dimana-mana. Pandemi bukan hanya menyerang masyarakat kelas menengah, tetapi juga para pengusaha di seluruh dunia. Mereka semua kehilangan pendapatan yang cukup signifikan dalam satu tahun terakhir. Bisnis tidak bisa banyak bergerak, akibat pembatasan sosial yang terjadi dimana-mana.

Penting bagi kita semua untuk mendapatkan kembali sikap optimis yang mungkin saja telah hilang beberapa bulan kebelakang. John Garder salah satu orang yang memiliki pengaruh besar di kalangan eksekutif Amerika pada saat itu pernah berkata “Tugas pertama dan terakhir seorang pemimpin adalah menjaga harapan tetap hidup. Kita perlu percaya pada diri kita sendiri dan masa depan kita, tetapi tidak percaya kalau hidup itu mudah,” terangnya.

Sebagai pemimpin Anda harus mampu membawa rekan menjadi orang yang realistis dan optimis. Berikut empat nasihat hidup untuk bisa menghadapi ketidakpastian seperti saat ini.

Keseimbangan Pekerjaan

Disaat yang menuntut seperti ini, mustahil Anda bisa berhasil tanpa merangkul setiap aktivitas dan perjuangan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan. Bagaimana para pekerja mampu berkolaborasi dengan rekan kerja yang stress, serta menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaan.

Bagaimana seorang pemimpin harus mampu melakukan keseimbangan yang sempurna. Antara keinginan konsumen yang sedang gelisah dan juga menghadapi kondisi ekonomi yang tidak pasti. Anda harus mampu menemukan jalan keluar dalam menghadapi hal ini.

Sebagai pelaku usaha Anda harus mampu melakukan perencanaan yang cermat dan manajemen proyek yang baik. Mencapai keseimbangan itu sangat penting, demi menjaga organisasi yang sehat dan kesehatan mental kepada pegawai Anda yang mungkin merasa terancam dengan kondisi.

Ajak Semua Pekerja Menjadi Pemecah Masalah

Sikap tetap optimisi harus ditularkan

Organisasi Anda pastinya sedang menghadapi masalah yang cukup besar. Biaya operasional yang tetap, pendapatan yang menurun, mungkin juga tidak ada. Sebagai pengusaha dan pebisnis Anda harus mampu menjadi inovator. Tapi bagaimana menjadi inovator sukses ditengah hilangnya rasa optimis?

Menurut mitologi menjadi inovator sukses dengan memprediksi masa depan yang tidak mampu dilihat oleh orang lain, mengembangkan rencana yang disesuiakan untuk mengubah masa depan menjadi kenyataan, dan menarik sumber daya manusia dan keuangan untuk mendukung upaya tersebut.

Ajaklah setiap staff untuk menjadi pemecah masalah. Ketika usaha Anda sedang berada dalam ketidakpastian, cobalah untuk mampu menghadapi semuanya dengan baik dan ajak semua staff untuk berpikir dalam memecah setiap masalah. Kita tidak tahu, mungkin saja beberapa staff merupakan pemikir yang hebat dan bisa menemukan jalan keluar yang baik terhadap apa yang bisa mereka lakukan.

Jangan Hanya Memperjuangkan Ide, Cobalah Jalin Networking

Di saat pandemi seperti ini, bagaimana sikap tetap optimis ada didalam diri Anda dengan memperjuangkan ide-ide gila yang mampu merubah keadaan. Transformasi digital, produk baru, dan transformasi organisasi. Sering sekali para pemikir futuristik mengabaikan hubungan manusiawi.

Untuk menghadapi kondisi saat ini, para pemikir jangan hanya memikirkan ide-ide sendirian. Mereka harus mencoba untuk menjalin networking dengan para kolega yang mungkin saja sempat terputus. Menjalin hubungan, bisa memunculkan sikap optimis yang besar.

Abaikan Berita Buruk, Selalu Bagikan Berita Baik

Para ahli psikologi percaya hampir setiap orang menanggapi kabar buruk secara mendalam dibandingkan dengan kabar baik. Agar Anda mampu menghadirkan sikap optimis dalam diri dan tim, sebaiknya tanamkan sikap optimis yang penuh harapan dan positif.

Sebenarnya ada beberapa cara mudah menghadirkan sikap optimis dalam diri dan tim. Buatlah perayaan ketika salah satu divisi mendapatkan pencapaian, meskipun hanya dilakukan secara virtual. Bisa juga ketika mendapatkan klien baru, Anda melakukan pesta kecil-kecilan. Selalu distribusikan hal-hal baik yang ada untuk menularkannya kepada orang lain.

Saat ini menjadi waktu yang menantang untuk tetap bersemangat dan tetap bersikap optimis menjalani bisnis di tengah pandemi. Semoga dengan apa yang disampaikan diatas, akan mampu menghadirkan sifat optimis dalam diri Anda dan tim untuk meraih hasil maksimal ditengah ketidakpastian bisnis.

Related posts

3 Kunci Utama Mencapai Kesuksesan Dalam Bisnis

yani

5 Tanda Bahwa Anda Tidak Peduli Diri Sendiri

mimin ABC kotaraya

Kesuksesan Tidak Akan Datang Jika Kamu Tidak Bisa Mengenal Dirimu Sendiri

Safina

Leave a Comment