ABCkotaraya.id
Image default
Tips & Trick

7 Tips Membangun Networking Bisnis yang Wajib Dicoba Oleh Pengusaha

Membangun networking bisnis memang penting dilakukan para pengusaha dimanapun. Namun sebagian orang sangat canggung ketika mereka harus berhubungan dengan orang baru. Apa lagi kalau Anda adalah pebisnis pemula, tentu rasa malu dan canggung tetap ada saat bertemu orang baru, terlebih dengan para senior.

Sebenarnya hal yang ditakuti sebagian orang ketika ingin berbicara dengan orang baru, bukan menghadapi orang tersebut. Melainkan takut memulai percakapan duluan, muncul rasa khawatir apakah akan di terima atau tidak.

Sebagai pebisnis networking harus dilakukan. Membangun networking bisnis sangat penting untuk keberlanjutan usaha Anda ke depan. Perluaslah pertemanan Anda, selalu jaga hubungan dengan mitra kerja, rekan bisnis, klien, dan siapapun yang Anda kenal dalam bisnis.

Kali ini kita akan bahas bagaimana membangun hubungan relasi di lingkungan bisnis yang baik dan tepat untuk para pebisnis.

Baca Juga : 5 Cara Menyiasati Kenaikan Upah Karyawan Bagi Pelaku Usaha

Cara Membangung Networking Bisnis

Percaya Diri

Langkah pertama yang memang harus Anda lakukan adalah rasa percaya diri saat bertemu dengan orang-orang di lingkungan bisnis. Hal terpenting saat Anda bertemu dengan orang lain atau para pebisnis lain, Anda akan cenderung disepelekan oleh mereka. Jadi cobalah untuk tetap percaya diri.

Percaya diri bukan sesuatu yang dibuat-buat, melainkan tetap menjadi diri sendiri. Kenali diri Anda, hingga orang lain memperhatikan Anda. Tentunya Anda akan lebih mudah dalam menjalin hubungan dengan orang-orang baru.

Lebih Dulu Membantu

Menjalin relaasi tidak bisa dilakukan dengan metode satu arah. Apabila Anda ingin mendapatkan bantuan, coba beri bantuan terlebih dahulu kepada rekan bisnis yang memang sedang membutuhkan. Satu hal menarik dari sikap tolong menolong dan membangun networking bisnis adalah dengan lebih dulu membantu.

Membangun Networking Bisnis
Source : Pexels.com

Misal, jika ada rekan bisnis yang membutuhkan pembuatan materi promosi, dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Anda bisa melakukan membantunya, Anda bisa mencoba untuk memberi bantuan kepada mereka terlebih dahulu tanpa meminta jasa pembuatan, tentunya.

Perlakukan Relasi Selayaknya Orang Penting

Membangun networking bisnis, memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan asal-asalan. Anda harus bisa menjaga hubungan baik. Jadikanlah networking Anda sebagai orang penting, bukan sekedar menganggap mereka seperti orang biasa.

Tidak ada salahnya agar Anda mengajak relasi untuk melakukan aktivitas bersama. Seperti mentraktir mereka untuk bermain golf, memancing, hingga makan bersama bisa menjadi ajang untuk saling dekat. Mungkin ini menjadi salah satu cara untuk menghormati relasi kita dan menjalin hubungan lebih intens.

Lebih Banyak Mendengar

Ketika Anda masuk ke dalam lingkungan bisnis, cobalah untuk terus menjadi pendengar yang baik. Ketika ada relasi yang sedang berbicara, dengarkan mereka terlebih dahulu. Banyak orang yang tidak senang untuk dibicarakan. Jadi lebih baik Anda ketika berada di forum lebih banyak mendengar. Ketika memang harus memberi saran, berikanlah saran tersebut.

Usahakan untuk berbicara sedikit ketika rekan yang lain sudah selesai berbicara. Jangan memotong obrolan orang lain, ketika mereka sedan berbicara. Saat Anda terlihat menjadi orang yang mendengarkan dengan baik, orang-orang di sekitar tentu akan bersimpatik kepada Anda. Hal penting jangan selalu men-judge orang, walaupun mereka terlihat salah.

Menjalin Interaksi dengan Intens

Ketika Anda ingin membangun networking bisnis, lakukanlah dengan melakukan interaksi intens kepada relasi Anda. Usahakan untuk membangun interaksi dengan orang-orang yang memiliki jenis industri berbeda dengan Anda. Selain bisa memperluas jaringan bisnis Anda, cara ini bisa menjadi awal untuk kolaborasi. Mungkin Anda memiliki satu dua kesamaan visi yang bisa digabungkan untuk mencapai kesuksesan bersama.

Bersikaplah terbuka terhadap setiap orang yang Anda temui. Selain itu, aktiflah dalam komunitas yang dibentuk. Cara ini akan membantu Anda bukan hanya sekedar relasi, melainkan juga rencana bisnis masa depan.

Jangan Egois

Masing-masing bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis mereka. Dalam membangun networking, Anda tidak bisa hanya memikirkan ego sendiri dan keuntungan sendiri.

Anda juga harus bisa memahami apa yang relasi bisnis Anda butuhkan. Jika Anda memang belum berminat dengan ajakan relasi, cobalah untuk menawarkan program lain atau tawarkan program mereka kepada relasi lain yang Anda kenal. Ini akan membuat hubungan Anda semakin intens.

Jangan Lupa Memuji

Hampir semua orang senang dipuji, termasuk dalam membangun relasi bisnis, Anda wajib memuji. Pujilah dengan pujian yang sesungguhnya, bukan pujian yang dibuat-buat. Cara ini juga bisa dilakukan untuk membuak percakapan di awal sebagai teknik pengakrabkan diri dengan calon relasi.

Demikianlah berbagai langkah yang mungkin bisa Anda lakukan sebagai cara membangun relasi bisnis. Ketika Anda sedang mengikuti berbagai event bersama pelaku bisnis lainnya, jangan lupa untuk membawa kartu nama. Ini merupakan satu cara para professional dalam menjalin relasi. Mungkin saat ini Anda tidak begitu membutuhkan, tetapi tidak tahu dalam beberapa tahun ke depan, siapa yang paling membutuhkan.

Related posts

Tips Jualan di Bazar Biar Untung untuk Para Pebisnis Fashion

admin

Kesuksesan Tidak Akan Datang Jika Kamu Tidak Bisa Mengenal Dirimu Sendiri

Safina

Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Iskandar

Leave a Comment