ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Akuntansi adalah salah satu ilmu yang wajib dikuasai oleh para pemilik bisnis. Semua bisnis memerlukan akuntansi, tidak ada bisnis yang dijalankan tanpa akuntansi. Bahkan akuntansi sering disebut juga sebagai bahasa bisnis. Kendala saat ini, banyak pemilik bisnis yang tidak mengerti akuntansi. Belajar akuntansi untuk pengusaha  adalah hal penting. Anda harus segera mempelajarinya.

Disiplin ilmu akuntansi memiliki pengertian sebagai alat ukur untuk memantau perkembangan bisnis dan bahasa bisnis. Tanpa akuntansi, bisnis akan sulit untuk berkembang. Tidak bisa serta merta Anda menyerahkan urusan keuangan perusahaan kepada karyawan. Meskipun Anda memercayainya, Anda juga harus tetap memantau keuangan bisnis milik Anda.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Masalah yang Sering Dihadapi oleh Akuntan

Tahapan Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Pelajari Dasar-Dasar Akuntansi

Ketika Anda ingin belajar akuntansi, Anda harus memulai dari hal dasar. Meskipun ujungnya Anda hanya melihat laporan keuangan saja, namun Anda perlu mengetahui bagaimana laporan keuangan tersebut tersusun dengan baik.

Hal-hal yang harus Anda pahami adalah mengenai nama dan nomor akun, debit-kredit, penjurnalan, buku besar, neraca, dan terakhir laporan keuangan. Itulah hal dasar yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Sangat penting bagi Anda dalam memahami konsep-konsep tersebut.

Memahami Tentang Harta, Utang, dan Modal

Ketika Anda memulai untuk belajar akuntansi, ada satu hal yang tidak boleh Anda lupakan dan mungkin menjadi pembelajaran di awal ketika ingin belajar akuntansi untuk pengusaha. Saat Anda melihat sebuah laporan keuangan yang disajikan oleh staff Anda, mungkin Anda akan menemukan tiga kata yang tidak mungkin hilang dari akuntansi, yaitu:

  1. Harta (Aset)
  2. Modal
  3. Hutang

Ketiga hal tersebut haruslah Anda pahami secara menyeluruh untuk memahami akuntansi. Harta merupakan sumber ekonomi yang memiliki nilai bagi usaha Anda. Modal mengacu pada asset, bangunan, mesin, hingga uang tunai. Sedangkan hutang adalah kewajiban yang dimiliki bisnis.

Mengenali Siklus Akuntansi

Setelah mengetahui dasar-dasar akuntansi, Anda harus memahami tentang siklus akuntansi. Banyak pemilik bisnis yang sudah menjalankan akuntansi, tetapi mereka hanya tahu tentang pengeluaran dan pemasukan saja. Padahal, siklus akuntansi cukup panjang untuk dijalankan, bukan sekedar pemasukan dan pengeluaran.

Seorang akuntan, sebelum Ia menyajikan sebuah laporan keuangan mereka harus menjalankan situs akuntansi. Sering juga disebut sebagai tahapan akuntansi. Siklus akuntansi di mulai dari tahapan:

  1. Identifikasi Akuntansi
  2. Menganalisis transaksi
  3. Penjurnalan
  4. Posting buku besar
  5. Menyusun neraca saldo dan jurnal penyesuaian
  6. Neraca saldo setelah jurnal penyesuaian
  7. Laporan keuangan
  8. Pencatatan dan pemindahan jurnal penutup
  9. Neraca saldo setelah penutupan

Itulah siklus akuntansi yang harus dijalankan. Semua siklus tersebut harus dijalankan menyesuaikan dengan periode akuntansi yang dilakukan. Bisa dalam periode bulanan, maupun periode tahunan. Semua sesuai penyesunan laporan keuangan sesuai kebutuhan yang Anda lakukan.

Belajar Akuntansi dengan Pihak Eksternal

Kalau Anda memang ingin lebih mahir lagi untuk belajar akuntansi, Anda bisa mencoba untuk belajar dengan pihak luar. Bagaimana caranya? Anda bisa ikut dalam tahap mentoring akuntansi yang tersedia dari berbagai platform belajar online. Anda juga bisa mengikuti kursus akuntansi yang cukup banyak kelasnya tersebut.

Belajar Akuntansi eksternal
Source : https://www.forafinancial.com/

Kursus akan membantu Anda dalam memahami akuntansi secara komprehensif dan detail. Selain kursus, Anda juga bisa mencoba belajar akuntansi dari teman-teman akuntan yang Anda kenal. Anda juga bisa belajar dengan staff keuangan Anda di awal. Tak perlu malu untuk belajar dengan bawahan, sebagai pemimpin bisnis, Anda harus bisa belajar dari siapapun.

Anda juga bisa belajar akuntansi dengan membaca buku-buku tentang akuntansi yang cukup banyak beredar di pasar. Bisa belajar dengan tahap-tahap awal yang menarik untuk Anda.

Ikut Andil Proses Akuntansi di Perusahaan

Teori tanpa praktik sering disebut sebagai omong kosong. Anda tidak bisa sekedar belajar teori saja tanpa langsung mempraktikan apa yang Anda pelajari. Begitupun dalam akuntansi. Sebagai pemilik bisnis yang ingin belajar akuntansi tentu Anda harus mau turun langsung dalam mempelajari akuntansi dan menerapkan ilmu-ilmu yang Anda miliki tersebut.

Baca juga : Tips Mengelola Keuangan usaha dengan Mudah

Ilmu akuntansi bukanlah ilmu yang bisa Anda pelajari dalam waktu singkat. Perlu waktu cukup lama dalam mempelajari ilmu akuntansi. Dengan praktik yang cukup, itu akan membantu Anda dalam menguasai akuntansi itu sendiri. Jadi, jangan lupa untuk praktikan langsung.

Cari Tahu Cara Membaca dan Analis Laporan Keuangan

Terakhir, akuntansi akan berujung pada laporan keuangan. Sebagai pemilik bisnis yang sedang belajar akuntansi, Anda wajib bisa membaca laporan keuangan. Laporan keuangan pun bukan hanya satu, tetapi ada beberapa laporan, seperti: neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Memahami setiap laporan akan membantu Anda untuk mengetahui seluk beluk organisasi Anda. Informasi dari laporan keuangan bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan keputusan apa yang harus Anda ambil. Dari situpun akan terlihat, darimana saja keuntungan dan kerugian yang dialami dari usaha yang Anda jalankan.

Kesimpulan

Belajar akuntansi untuk pengusaha sangat penting. Selain Anda harus memikirkan bagaimana menerapkan keputusan strategis dalam bisnis. Akuntansi adalah hal penting dalam perusahaan, Anda bisa menjadikan akuntansi sebagai investasi berharga Anda untuk usaha yang Anda miliki.

Saat ini, banyak usaha yang menggunakan teknologi dalam penerapan akuntansi di perusahaan mereka. Meskipun teknologi sudah ada, bukan berarti Anda menyerahkan semuanya kepada teknologi. Untuk memudahkan Anda dalam menerapkan ilmu akuntansi yang sudah Anda miliki, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online dalam bisnis Anda.

Software akuntansi Accurate Online akan mempersingkat kerja Anda dalam penerapan proses akuntansi pada usaha Anda. Apa lagi Accurate Online akan mempermudah Anda untuk menyusun laporan keuangan usaha menjadi lebih bijak. Serta kemudahan lainnya dalam penerapan akuntansi dalam bisnis.

Related posts

Quick Setup di Accurate Online

Efi Nofitri

Ketahui, 7 Alasan Pentingnya Akuntansi untuk Pelaku UMKM

admin

4 Cara Membuat Jurnal Umum untuk Pelaku UMKM

admin

Leave a Comment