ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

6 Peran Teknologi Mempercepat Perkembangan Bisnis

Membahas mengenai teknologi mungkin tiada habisnya. Hampir semua lini saat ini dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi bukan lagi sekedar alat pendukung bisnis tetapi sudah menjadi bagian pokok dari bisnis. Semua pebisnis mengharapkan teknologi membuat lebih efektif, produktif, dan juga lebih unggul. Ada efek domino bagaimana teknologi mempercepat perkembangan bisnis. Tanpa teknologi sudah tentu bisnis tertinggal jauh untuk berkembang.

Keberadaan dunia digital membuat penggunaan teknologi semakin dipercepat oleh pelaku bisnis, mulai dari bisnis skala kecil hingga besar akhirnya menjawab tantangan teknologi. Yang sebelumnya menggunakan cara manual, kini semua sudah dilakukan secara otomatis. Dengan alasan efisien dan efektif.

Baca Juga: 5 Taktik Cerdas Negosiasi untuk Bisnis Dengan Elegan

Namun diluar dari itu, ada banyak peran teknologi mempercepat perkembangan bisnis yang begitu signifikan saat ini. Seperti beberapa hal yang akan kita bahas dibawah ini:

Teknologi Mendorong Bisnis Tumbuh Lebih Cepat

Kemudahan Pemasaran

Teknologi mempercepat perkembangan bisnis dari sisi kemudahan pemasaran
Source: templatesblock.com

Hampir semua dari kita mengetahui bahwa saat ini untuk memasarkan produk sangatlah mudah. Tidak perlu mengirimkan sales dengan cara door to door. Cukup menggunakan sarana yang ada di internet akan memudahkan Anda untuk memasarkan.

Anda bisa menjual produk atau jasa melalui marketplace, sosial media, hingga website. Pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih efisien dibandingkan sebelumnya. Cara yang dilakukan pun tidak sulit. Bahkan dengan pemasaran memanfaatkan teknologi internet, memudahkan Anda dalam pemasaran ke seluruh pelosok negeri. Karena internet menjangkau semuanya.

Efisiensi

Keberadaan teknologi ternyata membuat bisnis menjadi lebih efisien. Banyak pelaku bisnis yang kini cukup memantau bisnis mereka melalui sentuhan teknologi saja. Setelah itu, mereka cukup menyiapkan barang yang mereka miliki, lalu mereka sampaikan kepada pembeli atau pemesan.

Bahkan pelaku bisnis tidak perlu lagi menemui calon pembeli dan pembeli tidak perlu menemui penjual. Kini memesan apapun akan lebih mudah menggunakan teknologi, seperti aplikasi pesanan online. Hingga pemesanan makanan saja kini tidak perlu datang ke lokasi makanan tersebut berada. Cukup dengan beberapa langkah menggunakan teknologi, makanan sudah tiba.

Peran Mengontrol

Manfaat teknologi dalam mempercepat perkembangan bisnis adalah lebih mudah mengontrol bisnis kapanpun dan dimanapun. Bahkan soal absensi saja, saat ini Anda sudah bisa mengawasi keberadaan pegawai berdasarkan titik lokasi yang mereka kirimkan.

Belum lagi, kontrol jumlah produk yang akan di produksi bisa lebih mudah dilakukan bagi bisnis manufaktur. Mereka bisa menyetel otomatis mesin-mesin produksi berdasarkan jumlah produksi yang diinginkan. Bahkan Anda bisa mengawasi aktivitas perusahaan melalui CCTV yang dipasang pada sudut-sudut pabrik.

Membangun Relasi

Teknologi memudahkan dalam membangun relasi
Search: Moneycrashers.com

Tahukah Anda peranan teknologi dalam perkembangan bisnis dapat membantu para pelaku bisnis menjalin relasi dengan pebisnis lainnya. Mereka bisa dengan mudah bertemu, berkomunikasi untuk kemajuan Bersama melalui teknologi. Meskipun keduanya belum pernah ketemu sama sekali, melalui aktivitas pada platform teknologi memunculkan kepercayaan antar pebisnis.

Baca Juga: Tidak Bisa Membangun Relasi

Terlebih dengan banyaknya aplikasi tatap muka memudahkan orang-orang melakukan meeting secara online tanpa harus bertemu langsung. Membuat forum diskusi semakin mudah meski tanpa tatap muka secara langsung. Begitupun ketika Anda ingin bertemu dengan klien yang berbeda kota bahkan pulau. Dibandingkan harus sama-sama bertemu, mereka lebih mudah melakukan video teleconference.

Mengelola Tim Lebih Mudah

Kalau harus bertemu terus menerus untuk memberikan arahan atau task tentu itu membuang waktu saja. Anda bisa mengelola tim tanpa harus bertemu, Anda bisa mencoba untuk membuatkan tugas harian, bulanan, hingga tugas-tugas penting melalui aplikasi manajemen task seperti Trello atau aplikasi sejenisnya.

Dengan begitu, miskomunikasi yang biasa terjadi dalam komunikasi langsung bisa terhindari, karena semua pesan yang disampaikan sudah ada dalam catatan tersendiri dalam aplikasi tersebut. Pemilik bisnis pun akan lebih mudah memantau tugas-tugas yang sudah diselesaikan ataupun belum oleh para staff tanpa harus menanyakannya satu per satu.

Mudahnya Mengelola Keuangan

Tampaknya saat ini membuat laporan keuangan atau sebuah transaksi keuangan tidak memerlukan waktu berhari-hari bahkan berjam-jam lagi. Karena dalam waktu yang relatif singkat semua hal berkaitan dengan keuangan bisa lebih mudah dilakukan.

Membuat laporan keuangan bisa dengan mudah dilakukan melalui Microsoft Excel yang sudah tersedia hampir disetiap komputer. Bahkan para pebisnis sudah makin mudah melakukan proses keuangan atau akuntansi dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Proses Akuntansi

Keberadaan teknologi software keuangan seperti Accurate Online tentu memudahkan aktivitas keuangan bisnis. Bahkan perhitungan pajak dan integrasi dengan marketplace bisa dilakukan melalui Accurate Online. Membuat pekerjaan keuangan semakin enteng dan tidak perlu berpusing-pusing lagi.

Kini, Anda sudah tahu seberapa pentingnya teknologi dalam perkembangan bisnis. Di era yang sudah semakin cepat, jangan sampai Anda tertinggal zaman. Saat semua orang sudah beralih ke teknologi, saatnya bisnis Anda juga beralih kepada teknologi-teknologi yang mumpuni demi kemajuan dan perkembangan bisnis lebih cepat.

Related posts

Kenapa Berbisnis Harus Fokus, Begini Alasannya!

mimin ABC kotaraya

Inovasi Produk Tanpa Anggaran, Mungkinkah?

mimin ABC kotaraya

Apa Keuntungan Jualan via Marketplace Dibandingkan Jualan Di Toko Online Sendiri

Fattah Miyaz

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi