ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

6 Manfaat Pemasaran Online Bagi Pertumbuhan Bisnis

Marketing menjadi salah satu strategi terpenting bagi semua brand dan bisnis. Hampir setiap brand melakukan pemasaran untuk menjangkau calon konsumen. Marketing sendiri harus dilakukan dengan strategi, salah satunya dengan melakukan pemasaran online. Ada banyak manfaat pemasaran online yang harus diketahui oleh para pelaku usaha.

Di dunia digital seperti saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di muka bumi. Semua aktivitas mulai dari berbelanja, keuangan, dan bekerja semua dilakukan dengan internet. Pemasaran online menjadi salah satu kebutuhan yang harus dilakukan oleh pengusaha untuk menjangkau konsumen mereka demi pertumbuhan bisnis ke depan.

Keuntungan Pemasaran Online

Murahnya Biaya Pemasaran

Murah bukan berarti tidak ada pengeluaran untuk marketing. Banyak yang mengatakan kalau biaya pemasaran online sangat murah dibandingkan dengan pemasaran offline. Semua sesuaim dengan sarana apa yang Anda gunakan untuk pemasaran.

Memasarkan brand dengan online bisa dilakukan dengan menggunakan website sendiri, sosial media, hingga menggunakan tempat berjualan daring seperti forum atau e-commerce. Namun, jika Anda ingin menjangkau masyarakat lebih luas, Anda bisa menggunakan layanan iklan digital. Dengan biaya yang masih cukup terjangkau, Anda bisa menyasar konsumen dengan tepat sesuai karakter dan perilaku konsumen Anda.

Tak Ada Batas Waktu dan Geografi

Kalau Anda para pemasar konvensional, memasarkan brand Anda dengan iklan-iklan konvensional juga. Cara ini memang masih sangat sering digunakan oleh brand. Seperti melakukan pemasaran dengan memasang baliho, reklame, spanduk, pembagian brosur hingga iklan di media televisi atau radio.

Saat Anda melakukan hal tersebut, tentu tidak bisa dilakukan setiap waktu. Namun berbeda dengan pemasaran via internet. Anda akan lebih mudah memasarkan, karena Anda bisa memasarkan kepada segmen konsumen yang cukup luas. Tanpa batas waktu, hal terpenting, calon konsumen Anda memiliki jaringan internet yang memadai, meskipun mereka berada di lokasi yang cukup jauh dari Anda.

Segmentasi Pasar

Beberapa brand yang memiliki pangsa pasar segmented atau terbatas, sangat tepat memasarkan produk Anda menggunakan internet. Mengapa? Karena melalui pemasaran online Anda bisa membidik target market dengan tepat. Sehingga Anda bisa menggeluarkan budget marketing sesuai dengan target market yang Anda sasar dan biayanya pun cukup terjangkau.

Hal ini berlaku di sosial media Facebook dan Instagram. Keduanya memiliki fitur iklan yang bisa menargetkan konsumen dengan tepat. Selain sosial media, Anda bisa masuk ke dalam forum-forum online yang berisi target market Anda.

Misal, brand Anda menyasar para gamers, mereka memiliki forum online yang sangat fanatik, Anda bisa masuk ke dalam grup mereka untuk memasarkan produk yang Anda ingin pasarkan.

Kemudahan Informasi

Salah satu keunggulan manfaat pemasaran online adalah kemudahan informasi yang bisa diperoleh oleh calon konsumen. Mereka akan dengan mudah menemukan brand di internet dibandingkan dengan mencarinya di pasar.

Mengapa? Salah satu teknik pemasaran online yang ideal dengan memberikan informasi mengenai produk atau jasa Anda melalui website maupun sosial media perusahaan. Saat ini konsumen akan lebih memilih produk-produk yang memiliki website dan sosial media, dibandingkan dengan brand yang tidak memiliki website sama sekali.

Terukur

Salah satu keunggulan pemasaran online bisa menargetkan konsumen secara terukur. Mengapa? Dengan pemasaran online Anda bisa menggunakan tools analytics yang akan membaca karakter dan perilaku calon-calon konsumen Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam menerapkan strategi pemasaran kepada mereka.

Meskipun proses ini cukup panjang, namun Anda bisa melihat hasilnya secara terukur dengan data yang valid. Seperti penggunaan fitur Google Analytics untuk melihat siapa saja pengunjung website Anda, analytics sosial media yang bisa melihat demografi calon konsumen Anda. Dengan begitu, proses pemasaran akan lebih efisien.

Kemudahan Riset

Alat-alat analytics yang Anda gunakan untuk berbagai platform online, seperti Google Analytics dan sosial media analytics bukan hanya untuk membaca darimana dan berapa besar pengunjung website dan sosial media.

Tetapi Anda juga bisa melihat konten apa yang paling disukai, halaman apa yang paling banyak dikunjungi, hingga melihat strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor. Semua bisa Anda lakukan dengan duduk di kantor atau di rumah loh.

Cukup mudah bukan? Dengan hasil riset yang telah Anda lakukan, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk brand Anda. Apa lagi hasil yang diperoleh bisa Anda gunakan untuk jangka panjang.

Nah, demikian beberapa manfaat pemasaran online untuk pertumbuhan bisnis yang lebih signifikan. Sekiranya, setelah membaca konten ini Anda akan lebih fokus untuk mencoba pemasaran online dan pelan-pelan meninggalkan pemasaran offline.

Penutup

Saat ini sudah banyak pebisnis yang menjalankan bisnis mereka secara online. Jika Anda sudah melakukannya, Anda sudah lebih maju dibandingkan pebisnis yang lainnya. Tetapi jika belum, kini waktunya Anda mencoba melakukan pemasaran online untuk perkembangan bisnis Anda ke depan.

Selain pemasaran online, Anda juga harus mampu mengurus kebutuhan keuangan bisnis secara online. Salah satunya dengan memanfaatkan software akuntansi. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online untuk kemudahan pencatatan keuangan bisnis secara realtime, tepat, dan akurat. Anda bisa mengakses data keuangan kapan saja dan dimana saja asalkan Anda terhubung dengan internet. Mau coba Accurate Online gratis? Silahkan klik banner dibawah ini untuk mendapatkan akses 30 hari gratis Accurate Online.

Related posts

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Konsinyasi

Efi Nofitri

5 Alasan Mengapa Bisnis Kecil Banyak Gagal

mimin ABC kotaraya

Pengen Bisnis Kos-Kosan Tanpa Modal? Ini 3 Caranya

Fattah Miyaz

Leave a Comment