ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

5 Siasat Memenangi Persaingan Bisnis Di Era Digital

Persaingan bisnis adalah hal biasa yang terjadi dalam dunia bisnis. Hampir semua pengusaha dimanapun akan menghadapi persaingan. Meskipun mereka sebagai pelopor suatu produk, akan tetapi dalam jangka waktu 3-6 bulan kemudian akan muncul produk-produk serupa. Persaingan bisnis di era digital lebih ketat. Siapa yang bisa menunjukan kualitas merek, merekalah pemenangnya.

Memenangi persaingan bisnis di era digital bukan lagi saling sikut-sikutan antar brand. Persaingan saat ini, bagaimana brand mampu menciptakan sebuah produk hasil inovasi dan kreatifitas yang bisa menarik konsumen pasar. Brand tidak bisa lagi hanya menampilkan sisi keunggulan produk yang dimiliki, tetapi bagaimana jika produk tersebut bisa menjadi jawaban atas permasalahan konsumen.

Baca Juga: Jangan Kaget! Ini 5 Jenis Risiko bisnis yang Akan Anda Temui

Saat ini, brand tidak bisa lagi bersaing dengan bermain kotor. Alias menjatuhkan brand lain dan mengaku bahwa brand mereka lebih unggul daripada yang lain. Sebab, persaingan saat ini bagaimana   brand Anda dikenal di pasar. Itulah yang menjadi patokan bahwa brand Anda akan unggul dibandingkan brand lainnya.

Selain itu juga, bagaimana sebuah brand bisa saling berkolaborasi dan saling melengkapi satu sama lain. Banyak pelaku bisnis sejenis melakukan kolabarasi bersama untuk menghasilkan produk atau menggarap pasar yang sama. Seperti halnya Smartfren yang awalnya adalah perusahaan berbeda. Ketika mereka berkolaborasi, produk mereka berhasil mengungguli brand lain yang sudah menguasai pasar.

Masih banyak contoh-contoh produk sejenis yang memenangi pasar di era digital dengan berkolaborasi untuk menghasilkan produk sejenis lainnya.

Memenangi Persaingan Bisnis Di Era Digital

Membangun Brand Awareness

Persaingan bisnis di era digital dengan membangun Brand Awareness
Source: Bisnisukm.com

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan bersama dengan tim adalah membangun merek. Produk Anda masih baru, produk Anda masih sedikit yang mengenali? Maka hal yang harus Anda lakukan adalah menciptakan brand awareness atau identitas merek Anda.

Ada berbagai cara untuk membangun brand awareness. Mulai dari promosi secara masif di channel digital, baik itu menggunakan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), media sosial, hingga menggunakan iklan Google untuk menjangkau konsumen potensial.

Trik lain yang bisa dilakukan dengan menunjukan nilai perusahaan kepada khalayak. Anda bisa menggambarkan nilai dari sebuah tagline bisnis yang Anda miliki. Sebuah tagline bisa menjadi pedoman awal brand Anda dikenal oleh masyarakat luas.

Manfaatkan Peluang

Di era yang cepat seperti saat ini, peluang tidak datang berkali-kali. Bisa saja peluang hanya datang satu kali dalam beberapa tahun. Ketika peluang datang menghampiri, saatnya Anda mengambil peluang tersebut. Jangan menyia-nyiakan peluang, sebelum peluang diambil oleh kompetitor. Memanfaatkan peluang merupakan sebagian cara yang bisa Anda lakukan untuk memenangi persaingan bisnis di era digital seperti saat ini.

Peluang bisnis memang menjadi kesempatan yang harus didapatkan oleh para pengusaha. Bagaimanapun, setiap peluang bisa menjadi sebuah kesempatan yang baik untuk memajukan bisnis serta mendapatkan pasar potensial.

Mengenali Kompetitor

Ketika Anda menyusun strategi untuk memenangi persaingan, cara yang bisa Anda lakukan dengan mengenali kompetitor. Cara ini akan sangat efektif bagi Anda untuk bisa mengenali strategi yang mereka miliki. Anda juga bisa memanfaatkan kompetitor untuk mengajak kolaborasi.

Seperti yang dijelaskan diawal artikel, beberapa merek pada akhirnya memilih untuk kolaborasi demi meraih pasar yang lebih luas. Cara ini masih sangat efektif untuk dilakukan oleh semua merek dari segala jenis bisnis yang ada bisa saling berkolaborasi.

Mengikuti Tren

Tren berubah cukup cepat. Para pebisnis harus mampu mengikuti tren yang ada. Sebab, konsumen akan selalu mengikuti tren pasar yang cepat berubah. Ketika konsumen selalu mengikuti tren, para pelaku bisnis harus mampu mengikutinya. Sehingga tidak ketinggalan dengan tren.

Jangan sampai bisnis Anda ketinggalan tren, terlebih ketika kompetitor sudah mendahului Anda. Bisa-bisa brand Anda, sudah ditinggal kompetitor ditinggal juga oleh konsumen. Membuat Anda sangat rugi tentunya. Sebaiknya, tren yang diikuti harus ada korelasi dengan bisnis.

Kreativitas

Brand yang memiliki kreativitas, akan mendulang lebih banyak peluang. Peluang tidak akan datang dengan sendirinya, melainkan juga harus dicoba dengan berbagai kreativitas. Brand yang memiliki kreativitas tinggi, tentu akan lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Kreativitas bukan sekedar bagaimana menyajikan konten-konten iklan yang menarik dan sesuai pada target market. Tetapi bagaimana mengemas sebuah brand memiliki nilai kreativitas tinggi dan juga mudah dikenali oleh pasar, sebagai satu cara menghadapi persaingan yang cukup sulit.

Itulah beberapa poin penting dalam memenangi persaingan bisnis di era digital saat ini. Peluang tersebut harus Anda manfaatkan untuk menghasilkan sebuah produk atau layanan yang memang dibutuhkan oleh pasar. Jadikan produk dan layanan Anda sebagai solusi dari para konsumen.

Related posts

7 Tren Kuliner 2020 untuk Mendulang Untung Super Besar

Fattah Miyaz

3 Strategi Bisnis Pelaku Pariwisata Indonesia Tetap Bergairah Di Tengah Pandemi

yani

7 Langkah Memulai Bisnis Digital dari Awal untuk Mencapai Kesuksesan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment