ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

7 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik bagi Pengusaha

Memulai profesi sebagai pengusaha menjadi dambaan setiap orang. Tetapi untuk menjadi pengusaha tidaklah mudah. Banyak jalan terjal yang akan dihadapi. Saat membangun bisnis, mungkin saja Anda mengalami sesuatu yang sebenarnya tidak Anda harapkan. Tapi hal tersebut adalah sesuatu yang wajar yang pasti dialami oleh setiap pengusaha. Namun banyak pengusaha yang tidak siap dan mengalami masalah kesehatan mental dan fisik. Namun mereka tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan mental dan fisik sebagai pebisnis?

Baca Juga: Pebisnis Harus Paham! 10 Prinsip Ekonomi Dalam Bisnis

Tekanan dalam bisnis selalu ada, terkadang terlalu berat bagi Sebagian pengusaha. Bagi mereka yang baru memulai, bisa saja Kesehatan mentalnya terganggu karena menumpuknya pekerjaan, merasa banyak tim yang tidak membantu, hingga merasa tidak bisa mendelegasikan tugas, menjadi sekelumit masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha diluaran sana. Membuat Anda stress hingga menganggu Kesehatan fisik Anda.

Sebenarnya ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga Kesehatan mental Anda dengan baik. Bahkan Anda bisa melakukannya dengan beberapa hal sederhana berikut ini. Berikut tips dari ABC Kotaraya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Bagi Pebisnis

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal penting bagi siapapun, termasuk pebisnis. Kerap kali, para pebisnis lupa waktu dalam bekerja, membuat mereka terlalu memporsir dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dengan cepat dan terburu-buru. Merasa itu penting, akibatnya hal tersebut malah menekan diri Anda dan membuat Anda semakin mudah stress.

Disini pentingnya Anda perlu menjaga Kesehatan. Menurut Mayo Clinic, buruknya keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan akan memicu Kesehatan fisik dan mental, seperti:

  • Kelelahan
  • Kesehatan yang memburuk
  • Kehilangan waktu Bersama orang Tercinta

Tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi kepada diri Anda bukan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara yang akan kami sebutkan dibawah ini.

Berikut Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik Bagi Pengusaha

Menjaga Pola Makan

Menjaga Kesehatan fisik dan mental dengan menjaga pola makan
 Source: Healthline.com

Pertama hal yang paling mudah untuk Anda lakukan agar Kesehatan tetap terjaga dengan menjaga pola makan. Pola makan yang baik akan menjaga diri Anda dalam kondisi prima tubuh prima. Sering sekali, para pengusaha dengan alasan sibuk lupa untuk makan.

Padahal, jika perut sudah terasa lapar, sebaiknya langsung di isi tidak perlu ditunda-tunda terlebih dahulu. Selain itu, para pengusaha juga dianjurkan untuk menjaga kandungan gizi pada makanan yang di konsumsi untuk tetap dalam kondisi fit.

Pola makan yang teratur akan menjaga diri Anda untuk menambah stamina, daya tahan tubuh yang baik, dan mendapatkan konsentrasi dalam setiap aktivitas harian. Selain itu, pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan gizi harian. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga memperbanyak minum air putih, terutama bagi Anda yang lebih banyak duduk dalam bekerja.

Istirahat yang Cukup

Setelah menjaga pola makan, tahapan selanjutnya untuk menjaga Kesehatan mental dan fisik seorang pengusaha adalah dengan istirahat yang cukup. Sering sekali, para pengusaha selain tidak menjaga pola makan, tidak memiliki waktu istirahat yang cukup hanya demi mengejar deadline.

Padahal, jika Anda bekerja terlalu diporsir dan tidak ingat waktu, hal tersebut akan membuat tubuh Anda kelelahan. Anda bisa jatuh sakit. Jika hal ini terjadi, Anda akan mengalami kerugian yang lebih besar. Sebaiknya, istirahatlah ketika memang sudah menjelang waktu istirahat Anda.

Biarkan pekerjaan dilanjutkan esok hari, ketika kondisi tubuh sedang fit dan berstamina. Hal tersebut tentu akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Gaya Hidup Aktif

Menjaga Kesehatan fisik dan mental dengan olahraga
Source: iStudy.org.uk

Meskipun Anda dalam kondisi sibuk, demi menjaga Kesehatan mental dan fisik, Anda harus tetap menjaga gaya hidup aktif. Sisihkan waktu 30-60 menit setiap hari untuk membakar kalori dengan berolahraga. Baik itu olahraga kecil maupun olahraga besar.

Anda tidak perlu jauh-jauh berolahraga, cukup dengan berkeliling di wilayah sekitar tempat usaha juga bisa menjaga Kesehatan tubuh Anda. Olahraga juga menjadi cara untuk menghilangkan stress yang dialami karena pekerjaan menumpuk.

Usahakan juga ketika libur, maksimalkan waktu Anda Bersama dengan orang-orang terdekat. Cara ini bisa menjaga diri Kesehatan Anda.

Jangan Membandingkan dengan orang lain

Kesehatan tubuh juga dipengaruhi oleh pikiran. Jika pikiran Anda buruk, tentu akan membawa diri Anda pada kondisi Kesehatan yang buruk juga. Seperti halnya membandingkan diri Anda dengan orang lain yang lebih sukses.

Membandingkan boleh, tapi untuk hal yang positif. Sering sekali para pengusaha diluaran sana membandingkan dirinya dengan orang lain. Ketika orang lain mendapatkan omzet yang lebih besar dari Anda, membuat diri Anda menjadi stress dan bisa menganggu kondisi Kesehatan Anda.

Ingat, setiap orang memiliki prosesnya masing-masing. Anda tidak dapat menyamakan hasil orang lain dengan hasil yang Anda dapatkan. Sebaiknya tetap fokus memikirkan diri Anda. Ketika Anda merasa jenuh dengan pekerjaan karena orang lain yang setara dengan Anda lebih sukses, sebaiknya Anda melihat kebawah.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Era Digital yang Harus Dilakukan Pebisnis Konvensional

Membandingkan diri dengan orang lain akan menganggu kesehatan diri Anda. Sebaiknya, Anda pikirkan hal-hal positif daripada membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Melakukan Hal Positif

Kesehatan dalam diri selalu dipengaruhi oleh pikiran. Salah satunya pikiran positif. Cobalah untuk memikirkan segala hal dari sisi positif. Buang jauh-jauh pikiran negatif yang membuat diri Anda merasa selalu tertekan. Lakukan hal positif sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Ingat, pikiran dan kebiasaan positif akan membawa diri Anda pada sesuatu kebahagiaan yang hakiki. Tentukan setiap tujuan dengan baik, pastikan Anda selalu berdiskusi dengan tim Anda untuk menghasilkan hasil terbaik.

Selalu Tersenyum

Menjaga kesehatan mental dan fisik dengan tersenyum
Source: Qminder.com

Hal sederhana yang mudah untuk Anda lakukan. Saat Anda stress tidak menemukan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di perusahaan atau bisnis, cobalah untuk tersenyum kepada orang lain. Senyum dapat melepaskan hormon penyebab stress yang menganggu pikiran Anda.

Saat suntuk, cobalah untuk keluar dan tersenyum kepada seluruh pegawai yang Anda temui di kantor. Tersenyum saat jenuh dapat menunjukan sikap dewasa dan professional loh. Sebaiknya Anda melakukan hal ini untuk bisa menjaga Kesehatan mental dan fisik Anda.

Mengetahui Batasan

Dalam bisnis tidak bisa menjadi “Pahlawan” sendirian. Bisnis adalah sebuah kapal yang perlu dikendalikan oleh banyak orang. Untuk itu, ketika Anda menemui sesuatu yang bukan bidang Anda. Cobalah untuk berdiskusi dan menyelesaikan masalah tersebut kepada tim Anda.

Baca Juga: Kaya Makna! 5 Pesan Inspiratif dari Drakor Start Up untuk Pebisnis

Delegasikan tugas yang tidak dapat Anda kerjakan kepada tim yang kompeten. Tentu ini akan bisa membuat diri Anda keluar dari rasa stress berlebihan. Anda juga harus berani mengatakan “tidak” pada diri sendiri, jika memang hal tersebut tidak sesuai hati.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan mental dan fisik yang perlu Anda lakukan serta terapkan dalam bisnis. Usahakan untuk selalu fokus dan hindari hal-hal yang bisa membuat diri Anda merasa terganggu oleh kesibukan dan sesuatu yang membuat Anda stress.

Proses Akuntansi

Related posts

8 Aplikasi Edit Gambar untuk Berbagai Bisnis UMKM

Fattah Miyaz

Jangan Takut! Ini 7 Pelajaran Penting dari Kegagalan

mimin ABC kotaraya

10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Fattah Miyaz

Leave a Comment