ABCkotaraya.id
Life Style

6 Macam Profesi Akuntansi dengan Prospek Masa Depan Cemerlang

Promo Accurate Online

Membahas tentang akuntansi, tentu kita tidak terlepas dari profesi akuntansi. Profesi satu ini hampir dibutuhkan dalam semua lini bisnis. Bahkan Lembaga non profit saja membutuhkan seorang akuntan yang mampu menghitung pendapatan mereka. Macam Profesi akuntansi bukan hanya seorang akuntan loh.

Ada cukup banyak jenis profesi akuntansi yang bisa diraih para lulusan akuntansi di Indonesia. Akuntansi merupakan bidang ilmu yang mempelajari mengenai pencatatan, analisis, ringkasan, dan laporan data mengenai transaksi keuangan yang terjadi. Banyak yang bilang akuntansi merupakan sebuah seni dalam membumbukan laporan keuangan perusahaan agar lebih professional dan menarik.

Pertumbuhan perusahaan yang terus bertambah, membuat kebutuhan akuntan sangat banyak dibutuhkan perusahaan. Tak heran hampir semua lowongan kerja yang tersedia baik offline maupun online pasti ada saja perusahaan yang sedang mencari seseorang akuntan.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak SMK dan Universitas yang memiliki jurusan akuntansi. Bahkan Indonesia memiliki sekolah akuntansi yang cukup besar dan menjadi idaman banyak anak-anak muda yang ingin berkarir di dunia akuntansi yakni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Banyak lulusan STAN yang telah sukses, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Cukup banyak orang-orang tersohor di negeri ini merupakan lulusan STAN loh. Sebut saja Sudirman Said, Helmy Yahya, Chairul Tanjung, dan masih banyak tokoh-tokoh lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai profesi akuntansi yang bisa menjadi impian kamu yang sedang mencari jurusan untuk kuliah. Artikel ini juga sangat berguna bagi pebisnis yang ingin tahu daftar profesi akuntansi dalam mengisi posisi di perusahaan kamu.

Macam-Macam Profesi Akuntansi

CAP (Certified Accurate Professional)

Hampir semua perusahaan ingin mendapatkan seorang akuntansi yang kompeten, professional, dan betul-betul menguasai proses akuntansi. Untuk mendapatkan seorang akuntan yang professional memang tidak sembarangan, kamu harus memilih mereka yang sudah bersertifikat dan menguasai software akuntansi tentunya.

Salah satunya ada Certified Accurate Professional atau CAP. Di Indonesia CAP sendiri sudah cukup banyak. Mereka semua telah dibekali kemampuan akuntansi menggunakan software akuntansi Accurate.

Setelah mendapatkan sertifikasi CAP kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Karena software akuntansi Accurate sudah digunakan lebih dari 300 ribu perusahaan di Indonesia. Bekal tersebut akan memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan yang layak di bidang akuntansi.

Akuntan Publik

Karir di bidang akuntansi yang selanjutnya bisa kamu tekuni dengan menjadi akuntan publik. Untuk menjadi seorang akuntan publik, kamu tidak serta merta lulus kuliah langsung membuka jasa akuntan publik. Karena menjadi akuntan publik tidak sembarangan.

Akuntan publik merupakan akuntan yang memiliki izin dari kementerian keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik di Indonesia. Mengutip dari Liputan6.com, jasa akuntansi publik terdiri dari dua macam yaitu atestasi dan non atestasi.

Jasa atestasi merupakan audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif, pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, review atas laporan keuangan, dan sebagainya.

Sementara jasa akuntansi non atestasi merupakan jasa akuntan publik yang berkaitan dengan akuntansi, keuangan, manajemen, kompilasi, perpajakan, dan konsultasi.

Akuntan Pemerintah

Nah buat kamu yang kuliah akuntansi dan ingin menjadi seorang pegawai negeri sipil atau PNS, kamu bisa menjadi PNS untuk akuntan pemerintah loh. Apa sih akuntan pemerintah? Merupakan orang-orang lulusan akuntansi yang bekerja di Lembaga-lembaga milik pemerintah.

Pada umumnya, tugas utama seorang akuntan pemerintah sama dengan akuntansi di organisasi bisnis lainnya. Mereka melakukan pencatatan, pembukuan, dan proses akuntansi lainnya untuk menghasilkan laporan keuangan pada setiap Lembaga tempat mereka bekerja. Akuntan pemeritah juga membantu Lembaga pemerintah dalam merencanakan kegiatan yang akan dilakukan pada tahun fiskal.

Auditor

Seorang auditor harus memiliki jam terbang cukup. Karena menjadi auditor membutuhkan pengalaman dan jam terbang ribuan jam. Seorang auditor harus memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjelaskan kesalahan yang dilakukan oleh organisasi dalam membuat laporan keuangan yang tidak sesuai dengan kaidah akuntansi pada umumnya.

Dalam aturan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan seorang auditor harus memiliki minimal 1000 jam dalam 5 tahun terakhir dan paling sedikit 500 jam dalam memimpin atau mensupervisi perikatan audit umum.

Tidak sampai situ, untuk menjadi auditor kamu harus mengikuti program pendalaman profesi akuntansi (PPAk) dan Certified Internal auditor.

Financial Analyst

Jenis profesi akuntansi
Source: https://www.northeastern.edu/

 

Bagi kalian yang telah mengambil jurusan akuntansi, bukan berarti pekerjaan kalian hanya menjadi seorang akuntan. Dalam industri keuangan, ada satu profesi yang sangat cocok bagi lulusan akuntansi, yakni financial analyst. Saat ini profesi financial analyst menjadi profesi yang cukup diidamkan oleh para akuntan dan lulusan manajemen.

Financial Analyst sendiri memiliki tanggung jawab dalam membuat pertimbangan terhadap keputusan yang berkaitan dengan bisnis dan keuangan organisasi tempat mereka bekerja. Mereka akan memperkirakan pendapatan dan pengeluaran di masa mendatang.

Credit Analyst

Buat kalian para lulusan akuntansi, kalau ingin melamar ke perusahaan pembiayaan atau Lembaga perbankan, kalian bisa melamar menjadi seorang credit analyst loh.

Menjadi seorang credit analyst akan membuat kamu bertemu berbagai karakter nasabah untuk menilai mereka sebelum Lembaga tempat kamu bekerja memberikan pinjaman. Karena sebagai credit analyst kamu harus mampu menilai kemampuan seseorang dalam mengembalikan pinjaman, baik itu pinjaman pokok maupun bunganya.

Nah itulah beberapa macam profesi akuntansi yang ada di Indonesia berdasarkan temuan ABC Kotaraya. Tentunya masih banyak profesi untuk lulusan akuntansi. Jadi kamu tak perlu khawatir dengan profesi-profesi yang tersedia. Kira-kira kamu mau memilih profesi yang mana?

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Penyebab, Penyebaran, Serta Pencegahan Virus Corona

Siti

6 Cara Mengendalikan Amarah Saat Meeting

Fattah Miyaz

5 Pengusaha Sukses Inspiratif asal Indonesia

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment