ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Software Akuntansi Accurate untuk Segala Jenis Bisnis

Keberadaan software akuntansi memang sangat dibutuhkan oleh setiap pengusaha dan akuntan di berbagai perusahaan. Software akuntansi memudahkan para pebisnis dalam mengelola keuangan usaha mereka menjadi lebih baik. Memang pilihan software akuntansi untuk bisnis di Indonesia cukup banyak dan beragam. Salah satu software akuntansi yang ada di Indonesia adalah software akuntansi Accurate.

Software akuntansi memang membuat pekerjaan pebisnis dan akuntan diberbagai perusahaan menjadi lebih mudah. Mereka tidak lagi harus mencatat keluar masuk uang secara manual. Yah, sebenarnya aktivitas akuntansi bukan hanya mencatat keluar masuk uang saja, tetapi cukup kompleks. Bisa dibayangkan pekerjaan seorang akuntan yang sangat melelahkan dan juga rawan terjadi kesalahan.

Memang beberapa pebisnis atau perusahaan di Indonesia masih banyak yang belum mau mengalihkan aktivitas akuntansi dari sistem manual menggunakan software. Menganggap bahwa software akuntansi mahal dan hanya dibutuhkan oleh perusahaan skala menengah dan besar. Tetapi tidak cocok digunakan oleh perusahaan skala kecil seperti UMKM. Dan sekelumit alasan yang sebenarnya bisa dijawab mudah dengan keberadaan software akuntansi.

Pengertian Software Akuntansi

Software akuntansi adalah perangkat lunak komputer yang mencatat dan memproses transaksi akuntansi dan keuangan bisnis dan perusahaan. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan akuntansi yang berbeda-beda, sesuai dengan industri bisnis masing-masing serta skala bisnis.

Sebagian perusahaan mungkin hanya membutuhkan software akuntansi dengan fitur umum. Beberapa lainnya membutuhkan fitur lengkap dan dapat disesuaikan dengan industri bisnis yang dimiliki oleh para pelaku usaha di Indonesia.

Kebutuhan tersebut sebenarnya sudah disesuaikan oleh pengembang software akuntansi. Karena mereka menyediakan beberapa versi software akuntansi sesuai dengan kebutuhan industri di Indonesia. Anda tinggal menyesuaikan dengan lingkup bisnis Anda. Anda bisa mencoba untuk langsung bertanya kepada pihak pengembang software untuk menjawab segala kebutuhan yang Anda inginkan.

Manfaat Software Akuntansi

Setelah mengetahui pengertian software akuntansi, sekarang Anda harus tahu manfaat software akuntansi itu sendiri. Sebelum memahami lebih jauh, Anda harus mengerti apa saja manfaat dan kegunaan software akuntansi untuk bisnis Anda.

Kemudahan

Fungsi pertama yang bisa Anda nikmati dari software akuntansi adalah kemudahan dalam mengelola keuangan perusahaan. Keberadaan software akuntansi memang untuk memudahkan dan meringankan pekerjaan akuntan dan pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan.

Menghindari Kesalahan

Manusia memiliki waktu yang terbatas untuk tetap bisa fokus. Ketika mereka sudah bekerja secara terus menerus dan merasa lelah, disini kerawanan kesalahan akan terjadi. Terlebih ketika harus mengelola keuangan perusahaan. Seorang akuntan harus bisa fokus untuk menghitung dan melakukan aktivitas perhitungan keuangan secara kompleks.

Jika transaksi perusahaan masih sedikit, mungkin hal tersebut tidak akan menyulitkan. Namun jika jumlah transaksi cukup banyak seiring dengan pertumbuhan perusahaan yang signifikan, masihkah efektif melakukan penghitungan akuntansi secara manual?

Efisiensi Waktu

Penggunaan software akuntansi akan membuat pengerjaan laporan keuangan lebih efisien dibandingkan melakukannya secara manual. Hal ini dikarenakan software akuntansi dapat memproses setiap proses akuntansi lebih cepat dibandingkan perhitungan manual.

Terlebih beberapa software akuntansi sudah mampu menjalani semua proses akuntansi hanya dengan satu kali entri data. Selebihnya, cukup memantau proses akuntansi yang lebih mudah. Seperti halnya software akuntansi Accurate yang mampu menghitung pajak dari setiap transaksi. Jika dilakukan secara manual, tentu Anda akan menghitungnya satu per satu dan membutuhkan waktu yang banyak.

Laporan yang Akurat

Keberadaan software akuntansi sebenarnya sangat diperlukan, karena akan memudahkan proses audit perusahaan atau bisnis secara lebih mudah dan cepat. Bahkan hasil laporan yang dibuat menggunakan software akuntansi akan tampak lebih akurat dibandingkan dengan penghitungan secara manual.

Memudahkan Financial Control

Jika Anda seorang pemilik bisnis yang malas membuka laporan keuangan dalam bentuk print out, keberadaan software akuntansi bisa memudahkan Anda dalam melakukan financial control, sebab Anda bisa mengelola semuanya dalam satu perangkat. Bahkan untuk membukanya Anda tidak perlu datang ke kantor atau toko, cukup dari komputer rumah atau gadget.

Salah satu software akuntansi yang memiliki kemampuan ini adalah software akuntansi Accurate Online. Dengan sistem cloud, Anda bisa membuka laporan keuangan setiap waktu yang Anda inginkan dan memantaunya dimanapun Anda berada. Asalkan tetap terhubung dengan jaringan internet.

Langkah Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Software akuntansi untuk bisnis
Source: Freepik.com

Buat Anda yang ingin membeli software akuntansi, Anda tidak boleh memilih sembarangan. Cobalah untuk memilih software yang tepat untuk keuangan bisnis Anda. Jangan memilih software akuntansi secara sembarangan.

Sesuaikan Dengan Bisnis

Sebelum memilih software akuntansi untuk bisnis, Anda harus menyesuaikan dengan bisnis Anda. Seperti bisnis dagang, jasa, retail, manufaktur, industri, agraris, dan sebagainya. Lalu sesuaikan dengan bentuk perusahaan yang Anda miliki.

Setiap bisnis memiliki cara perhitungan terhadap akuntansi dan perpajakan yang berbeda. Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki juga. Sehingga akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis software yang cocok untuk Anda.

Seperti halnya software akuntansi Accurate, memiliki pilihan untuk segala jenis usaha seperti UMKM, retail, jasa, kontraktor, manufaktur, dan lainnya. Setiap industri memiliki pilihan berbeda pada fitur yang tersedia menyesuaikan dengan bisnis Anda.

Keamanan

Setelah Anda mengetahui software akuntansi yang sesuai dengan bisnis Anda, sekarang saatnya Anda harus mengetahui sejauh mana keamanan data software akuntansi yang disediakan.

Bagi Anda yang menggunakan software akuntansi offline, Anda bisa bertanya kepada diri Anda sendiri. Sebab seluruh data akan tersimpan di tempat penyimpanan yang Anda miliki, yaitu komputer di kantor atau toko Anda.

Jika Anda membeli software akuntansi berbasis cloud atau online, Anda bisa menanyakan kepada developer software tersebut berkaitan dengan keamanan data dari software yang akan Anda beli.

Kalau Anda membeli software akuntansi Accurate Online untuk bisnis, jika Anda takut data Anda disimpan dengan server milik kami. Meskipun server kami sudah terjamin keamanannya, namun jika Anda ingin menyimpan data keuangan di server milik sendiri, Accurate Online bisa melakukan migrasi data ke server milik Anda.

User Friendly

Software akuntansi Accurate
Foto: istimewa

Selanjutnya yang harus Anda pahami ketika ingin menggunakan software akuntansi adalah user experience saat Anda menggunakan. Apakah Anda dan staff sangat mudah menggunakan software tersebut atau malah menyulitkan Anda dan staff.

Gunakan software akuntansi yang mudah digunakan, meskipun Anda sendiri tidak terlalu mengerti akuntansi. Tapi Anda bisa memahami apa yang ada dalam software akuntansi tersebut.

Fitur

Yang tak boleh terlewatkan, saat Anda membeli software akuntansi, Anda harus mengetahui fitur yang akan Anda dapatkan ketika membeli software tersebut. Beberapa software akan memberikan tambahan biaya untuk menggunakan fitur tertentu. Tetapi ada yang membuka seluruh fitur hanya dengan satu harga.

Tentukan Anggaran

Saat Anda menginginkan untuk membeli software akuntansi, Anda harus memastikan anggaran yang tersedia untuk membeli software. Biasanya software dengan harga yang cukup mahal, belum tentu cocok untuk Anda. Begitu juga software yang murah, bisa saja software tersebut hanya memberikan beberapa fitur tertentu saja.

Saran kami, pilihlah software akuntansi yang memberikan satu harga untuk semua fitur yang tersedia tanpa ada biaya tambahan, kecuali penambahan user.

Back Up Data

Laporan keuangan perusahaan merupakan sebuah rahasia dan dokumen penting perusahaan. Oleh karena itu, meskipun Anda sudah membeli software akuntansi berbasis online atau offline, Anda juga harus memastikan software yang Anda beli bisa melakukan ekspor impor data dengan mudah.

Kemampuan Tim

Ketika Anda akan memilih software akuntansi untuk bisnis, pastikan akuntan dan tim finance yang akan menggunakan bisa menjalankan software yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli software dengan harga yang cukup mahal, tetapi tim yang Anda miliki tidak memiliki kemampuan dalam menggunakan.

Meskipun para developer menyediakan training kepada calon pengguna, tetap saja jika tim Anda tidak terbiasa, akan menyulitkan tim untuk beradaptasi. Apa lagi jika tim Anda baru pertama kali menggunakan software akuntansi.

Aset Jangka Panjang

Software akuntansi adalah sumber daya yang sangat berharga bagi bisnis di era modern. Software akuntansi akan memudahkan dalam pencarian transaksi keuangan, laporan, hingga analisis yang bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Keberadaan software akuntansi sangat diperlukan untuk jangka panjang bagi bisnis. Software akuntansi juga membuat Anda lebih efisien dalam pemakaian ruangan. Tidak ada lagi ruang fisik yang digunakan dalam menyimpan data-data keuangan bertahun-tahun. Anda cukup menyimpannya dalam komputer maupun cloud yang sudah Anda siapkan. Tentu ini akan lebih hemat biaya.

Belum lagi, software akuntansi bisa memudahkan audit keuangan bisnis. Terutama saat ada evaluasi untuk melihat laporan keuangan tahun-tahun sebelumnya. Dengan software akuntansi, akan lebih mudah dalam mencari data yang ada.

Penutup

Menemukan software akuntansi untuk bisnis memang tidak mudah. Anda harus banyak mencari informasi mengenai software akuntansi yang tersedia. Terutama untuk bisnis, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih software akuntansi.

ABC Kota Raya menyarankan Anda memilih software akuntansi Accurate. Mengapa? Software akuntansi Accurate sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam membantu pelaku usaha dan perusahaan dalam mengoptimalkan proses akuntansi bisnis mereka menjadi lebih mudah dan efisien.

Selain itu, software akuntansi Accurate memiliki interface yang user friendly dan tingkat akurasi tinggi. Kelengkapan fitur yang disediakan pun sangat lengkap dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bahkan sudah lebih dari 150 ribu perusahaan dan lembaga yang menggunakan software akuntansi Accurate untuk mengelola keuangan bisnis mereka. Mulai dari perusahaan skala UMKM, menengah, hingga perusahaan besar telah melangkahkan diri untuk memilih software akuntansi Accurate.

Software akuntansi Accurate memiliki beberapa versi yang bisa digunakan para pelaku bisnis dengan menyesuaikan pada jenis bisnis. Beberapa versi software Accurate:

  • Standard : Cocok untuk segala bidang dagang, jasa, dan distributor yang membutuhkan proses akuntansi sederhana.
  • Deluxe : Versi ini sangat cocok untuk perusahaan distributor skala besar dan jasa kontraktor.
  • Entreprise : Sangat ideal untuk industri besar dan manufaktur pabrik.
  • Online : Accurate Online salah satu versi terbaru dari software Accurate. Cocok untuk UMKM dan perusahaan yang ingin memiliki laporan keuangan dengan instan secara sederhana.

Itulah beberapa pilihan software akuntansi Accurate untuk Anda. Tetapi pilihan kembali lagi kepada Anda dan tetap menyesuaikan pada bisnis yang Anda miliki. Salam sukses.

Related posts

Fifo atau Average? Manakah yang Menguntungkan untuk Usaha Dagang

Efi Nofitri

Mengelola Usaha lebih Mudah dengan Accurate Online

Eka

Cara Membuat Laporan Keuangan

Eka

Leave a Comment