ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Kiat Sukses Berjualan Di Marketplace untuk Bisnis Rumahan dan UMKM

Berjualan di marketplace menjadi pilihan para pelaku bisnis rumahan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Berjualan di Marketplace sangat tepat dilakukan oleh Anda yang sedang atau ingin memulai berjualan online. Mengapa? Karena marketplace sudah memiliki pembeli yang setia. Bagaimana kiat sukses berjualan di Marketplace ala bisnis rumahan dan UMKM.

Saat ini tidak hanya penjual saja, pembeli di marketplace pun beragam. Membuat marketplace menjadi satu tempat yang tepat untuk berjualan online.

Data yang dihimpun Bank Indonesia dari 14 marketplace terbesar di Indonesia terjadi transaksi Rp 347,49 triliun selama 2020. Data tersebut dikutip dari Kontan.co.id.

Tentu angka diatas akan terus bertambah seiring dengan perkembangan digitalisasi serta banyaknya masyarakat yang lebih senang berbelanja di marketplace. Peluang ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Indonesia yang masih melakukan penjualan secara konvensional.

Buat Anda pelaku bisnis rumahan dan UMKM yang baru ingin masuk ke marketplace, Anda tidak perlu takut. Marketplace menjadi peluang yang cukup cemerlang bagi Anda yang ingin memulai bisnis online.

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui untuk bisa sukses berjualan di marketplace. Beberapa tips tersebut sebagai berikut:

Tips Sukses Berjualan Di Marketplace

Buat Nama Toko Unik

Tips pertama berjualan di marketplace agar mudah dikenal dengan membuat nama toko unik. Sama halnya dengan berjualan di sosial media, Anda harus membuat nama akun yang unik dan mudah diingat oleh orang-orang. Nama toko sangat penting bisa dilakukan oleh calon penjual online yang baru memulai.

Banyaknya toko di marketplace, dengan nama toko yang unik dan mudah diingat akan memudahkan konsumen mengingat nama toko Anda. Ciri khas ini akan membuat calon pembeli lebih mudah dalam mengingat toko Anda. Nama toko juga harus sesuai dengan produk yang Anda jual.

Buat Logo untuk Toko Anda

Logo Toko
Source: Pinteest.com

Setelah Anda memiliki nama toko, sekarang Anda wajib untuk membuat logo untuk toko online Anda. Logo cukup penting, agar masyarakat atau konsumen mengenali brand Anda. Membuat logo memang bukan hal mudah, tetapi jika hal tersebut dilakukan dengan baik dan bisa mendapatkan trust bukan tidak mungkin brand Anda akan mudah dikenal luas oleh masyarakat dan konsumen Anda.

Saat ini ada cukup banyak aplikasi atau contoh-contoh logo yang bisa Anda lihat dan Anda perhatikan dari berbagai brand yang mungkin ada dalam industri Anda. Anda bisa menyesuaikan logo dengan nama produk Anda.

Lengkapi Profil Toko

Ketika sudah membuat toko dan logo jangan lupa untuk melengkapi profil toko Anda. Baik itu memasukan foto logo produk, membuat deskripsi toko, hingga mengupload foto produk. Jika produk Anda cukup banyak, Anda bisa mencoba untuk mencicil satu persatu produk yang akan di upload.

Buat profil semenarik mungkin, meskipun hanya kata-kata jika hasilnya cukup baik maka akan menunjukan professional toko Anda ke depannya sehingga konsumen pun tidak akan ragu untuk melakukan transaksi di toko Anda.

Pilihlah Marketplace Besar untuk Pemula

Sukses berjualan di marketplace menjadi impian para pemula yang ingin mendapatkan hasil besar. Oleh karena itu, Anda harus membuka toko di beberapa marketplace besar di Indonesia. Sehingga Anda bisa menjangkau banyak konsumen yang menyasar kepada toko Anda. Sehingga reputasi dan brand Anda semakin dikenal luas di marketplace.

Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace besar untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Manfaatkan Iklan

Berjualan di marketplace tidak akan mudah dan langsung laku setelah Anda memposting produk. Biasanya memerlukan satu minggu hingga satu bulan bahkan lebih untuk mendapatkan pembeli pertama dari marketplace.

Menyiasati hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan fitur iklan di marketplace yang bisa digunakan untuk menjaring lebih banyak pembeli. Dengan fitur iklan Anda mungkin akan lebih cepat dalam mendapatkan pembeli yang sedang mencari produk. Meskipun berbayar, ini bisa cukup membantu Anda dalam mendapatkan hasil yang cukup besar, dalam waktu yang cukup singkat.

Gunakan Foto Menarik

Yang juga tidak boleh dilupakan, sebelum melihat deskripsi calon pembeli akan melihat foto terlebih dahulu. Disini, sangat penting agar Anda mampu menampilkan foto-foto menarik untuk memikat calon konsumen.

Buatlah foto menarik dan lengkap untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan agar produk Anda lebih unggul dibandingkan dengan produk competitor. Dan yang tidak boleh Anda lewatkan, Anda harus menggunakan foto produk asli, jangan menggunakan produk orang lain.

Deskripsi Produk Lengkap dan jelas

Ketika Anda ingin sukses berjualan di marketplace, Anda harus melengkapi deskripsi produk dengan lengkap dan jelas. Bukan sekedar memposting foto, lalu meninggalkannya begitu saja meskipun produk Anda cukup umum.

Anda tetap harus menuliskan deskripsi produk secara jelas dan lengkap. Baik dari spesifikasi, ukuran, bahan, jenis, mungkin juga cara pemesanan jika ada syarat tertentu untuk melakukan pemesanan. Mengapa harus lengkap? Hal ini dilakukan agar calon pembeli tidak bertanya kepada Anda. Deskripsi produk lengkap akan menambah pengalaman berbelanja konsumen di toko Anda.

Harga Bersaing

Sukses jualan di marketplace dengan harga bersaing
Source: https://deltathink.com/

Salah satu tips sukses berjualan di marketplace adalah menjual produk dengan harga bersaing. Jangan menjual dengan harga terlalu mahal dan juga jangan terlalu murah. Karena marketplace sama dengan pasar konvensional, banyak penjual berkumpul untuk menawarkan produk-produk yang mungkin sejenis dengan produk yang Anda miliki. Salah satu hal membuat masyarakat ingin membeli sebuah produk di marketplace adalah harga yang murah dan sesuai.

Jual Dengan Harga Promo

Di tahap awal mungkin Anda bisa menjual beberapa produk dengan harga promo. Ada cukup melimpah harga promo yang bisa Anda gunakan dan manfaatkan. Setiap marketplace bahkan menyediakan fitur pemberian diskon bagi para seller yang ingin memberikan harga diskon kepada konsumen mereka.

Cara ini juga sebagai satu cara untuk mendapatkan banyak pembeli dan sebagai daya tarik pembeli di awal. Apa lagi jika Anda baru memulai berjualan di marketplace.

Layani Pelanggan Dengan Baik

Tips terakhir untuk sukses berjualan di marketplace adalah dengan melayani setiap pelanggan dengan baik. Ketika ada calon pembeli, meskipun mereka belum membeli dan mereka menanyakan sesuatu produk yang Anda jual, Anda harus menjawabnya dengan baik. Hal ini akan berkaitan dengan reputasi toko Anda kedepan.

Sebagian besar marketplace memiliki penilaian chat tercepat di balas. Semakin tinggi nilai Anda, semakin tinggi juga reputasi toko Anda ke depannya. Jika Anda lama membalas atau tidak membalas sama sekali, bisa membuat reputasi toko Anda berkurang dan membuat pelanggan Anda lari ke toko sebelah.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk sukses berjualan di marketplace. Jika tips di atas masih perlu ditambahkan, bisa Anda informasikan tips tersebut melalui channel media sosial ABC Kota Raya.

Mengelola bisnis di marketplace bukan berarti Anda hanya melihat hasil penjualan saja. Tetapi Anda juga harus memaksimalkan pembukuan. Pembukuan menjadi satu kunci keberhasilan bisnis Anda. Meskipun Anda berjualan di marketplace, Anda juga perlu melakukan pembukuan dari marketplace.

Pembukuan akan memudahkan Anda melihat transaksi masuk dan keluar, laba rugi, dan pencatatan berkaitan operasional lainnya. Salah satu software akuntansi pembukuan yang layak Anda gunakan adalah Accurate Online.

Mengapa Accurate Online? Karena Accurate Online memiliki fitur smartlink e-commerce yang akan memudahkan pemilik bisnis di marketplace dalam memantau persediaan dan pemasukan. Saat ini, Accurate Online sudah terintegrasi dengan tiga marketplace besar di Indonesia yaitu Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee.

Anda bisa langsung membeli Accurate Online dengan klik banner dibawah ini untuk mendapatkan harga spesial untuk Anda.

Related posts

Ingin Punya Bisnis Online? Berikut 5 Ide Bisnis Online Menjanjikan Anda

Fattah Miyaz

Gak Perlu Sirik! 7 Cara Menciptakan Peluang Bisnis yang Kreatif

yani

5 Cara Analisis Potensi Pasar Bagi Brand

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment