ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

7 Alasan Mengapa Software Akuntansi Untuk Bisnis Sangat Penting

Akuntansi merupakan bagian mendasar dari aktivitas bisnis. Hampir semua bisnis yang sukses, memiliki manajemen akuntansi yang baik. Sangat disayangkan, jika bisnis Anda tidak memanfaatkan akuntansi untuk pengembangan bisnis. Padahal, sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda. Untuk kemudahan dalam pengolahan data keuangan bisnis, sebaiknya memanfaatkan software akuntansi untuk bisnis.

Kebanyakan para pelaku bisnis menganggap akuntansi sangat memusingkan. Tetapi proses pembukuan dalam bisnis harus dilakukan dengan mudah, efisien, dan efektif. Sangat sederhana untuk meringankan rasa sakit di kepala Anda tersebut. Berikut beberapa alasan, mengapa software akuntansi untuk bisnis sangat penting.

Meningkatkan Efisiensi

Alasan pertama, mengapa Anda harus menggunakan software akuntansi, salah satunya untuk meningkatkan efisiensi. Software akuntansi akan memudahkan Anda sebagai pemilik bisnis mengelola hutang, piutang, buku besar, penjurnalan, dan perpajakan.

Perhitungan akuntansi pada bisnis itu rumit dan membosankan, memaksa Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan dengan lebih efisien, sangat cocok dalam menggunakan software akuntansi. Mengapa? Karena software akuntansi untuk bisnis bisa melakukan perhitungan secara akurat tanpa harus menghitungnya secara manual.

Apa lagi, software akuntansi akan memudahkan dalam mencari pencatatan-pencatatan yang telah dilakukan sebelumnya. Tanpa harus membuka berbagai file dokumen atau spreadsheat excel yang menyusahkan Anda.

Mengontrol Arus Kas

Alasan lain mengapa Anda harus menggunakan software akuntansi untuk perusahaan, software akuntansi akan memudahkan dalam mengontrol arus kas bisnis. Apa lagi arus kas merupakan komponen krusial pada bisnis. Tanpa menjaga uang kas dengan baik, Anda akan kesulitan dalam mengontrol arus kas usaha.

Mengelola arus kas bisa dilakukan dengan teliti dan tepat. Aktivitas ini tentu wajib dilakukan minimal satu minggu sekali, tergantung seberapa sering perusahaan Anda melakukan transaksi. Jika transaksi harian cukup banyak, Anda bisa melakukan kontrol arus kas setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Memaksimalkan Penyusunan Laporan Arus Kas Perusahaan

Jika hal ini dilakukan setiap hari, tentu Anda akan merasa kesulitan jika dilakukan secara manual. Oleh sebab itu, Anda memerlukan software akuntansi untuk memudahkan bisnis Anda menjadi lebih cepat dan tepat menggunakan bantuan software akuntansi.

Memudahkan Perhitungan Pajak

Software akuntansi untuk bisnis
Source: kiplinger.com

Ketika Anda melakukan perhitungan pajak secara manual, hal itu akan menyulitkan dalam menghitung pajak bisnis Anda dengan mudah. Banyak pelaku usaha yang merasa bingung dengan pajak mereka, ketika mereka melakukan perhitungan secara manual.

Anda bisa melakukan perhitungan pajak dengan mudah, menggunakan software akuntansi. Cara ini akan membuat Anda lebih efisien dalam menghitung pajak. Bahkan software akuntansi bisa menghitung pajak bisnis secara otomatis, salah satunya seperti pada software akuntansi Accurate Online. Anda akan lebih mudah dalam menghitung pajak bisnis Anda. Karena Accurate Online memiliki fitur perpajakan yang sangat user friendly untuk para penggunanya

Mengurangi Kesalahan Hitung

Kesalahan memang suatu hal manusiawi. Apa lagi kesalahan perhitungan, bisa saja itu terjadi ketika Anda tidak menggunakan alat bantu. Software akuntansi untuk bisnis akan membantu Anda dalam menghitung lebih akurat. Kesalahan hitung dalam proses keuangan bisnis bisa membuat bisnis menjadi rugi. Untuk meminimalisir hal tersebut, sangat tepat jika Anda menggunakan software akuntansi.

Membuat Invoice dan Faktur Digital

e-faktur di Accurate Online

Kemudahan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan software akuntansi untuk bisnis salah satunya kemudahan dalam membuat invoice dan faktur digital. Anda tidak perlu lagi membuat invoice ataupun faktur menggunakan aplikasi lain.

Pada software akuntansi, terdapat fitur yang akan membantu Anda dalam membuat invoice dan faktur digital. Memudahkan Anda bisa mengirimkan secara langsung invoice dan faktur kepada klien, sehingga mereka segera mengirimkan pembayaran dengan lebih cepat.

Jika Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam membuat invoice digital dan juga faktur digital. Bahkan Accurate Online memiliki fitur untuk e-faktur yang sudah terhubung dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Anda tidak perlu lagi membuat faktur pajak di aplikasi lainnya.

Laporan Keuangan yang Akurat

Software akuntansi akan memudahkan pelaku bisnis dalam membuat laporan keuangan yang cepat dan akurat. Apa lagi, jika Anda membutuhkan laporan keuangan dalam waktu yang cepat. Software akuntansi akan memudahkan Anda dalam menyiapkan laporan tersebut.

Membuat laporan keuangan di software akuntansi bisa Anda lakukan hanya dengan mengisi sebuah formulir dan mengklik beberapa tombol saja. Setelah itu, Anda cukup menginput beberapa data keuangan yang perlu dimasukan. Tentu, membuat laporan keuangan semacam ini dengan cara manual akan memakan banyak waktu.

Keamanan Data

Data keuangan perusahaan merupakan informasi paling berharga. Oleh sebab itu, Anda tidak akan mau data keuangan perusahaan jatuh di tangan orang yang salah. Inilah pentingnya menggunakan software akuntansi untuk bisnis, Anda bisa mencegah terjadinya fraud dan juga kecurangan.

Jika Anda menggunakan software akuntansi Accurate Online, keamanan data Anda akan terjaga dengan baik dalam sistem cloud computing. Accurate Online juga memiliki fitur approval untuk menyetujui setiap transaksi yang dilakukan oleh staff Anda. Sehingga pengawasan uang keluar bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fitur ini di Accurate Online.

Itulah beberapa alasan mengapa software akuntansi untuk bisnis memiliki peran yang sangat penting. Kemudahan bisnis dan transaksi akan lebih mudah dengan memanfaatkan software akuntansi. Serta Anda memiliki waktu yang lebih efisien untuk mengelola bisnis.

Related posts

Alasan Penting, Mengapa UMKM Wajib Memiliki Pembukuan

mimin ABC kotaraya

Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis

mimin ABC kotaraya

Pahami! 3 Konsep Dasar Akuntansi Perusahaan

Fattah Miyaz

Leave a Comment