ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Sebelum Melangkah, Perhatikan 10 Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

Berencana membuka cabang bisnis baru merupakan tanda bisnis Anda sedang berkembang. Sehingga Anda tidak mau menyia-nyiakan kesempatan  tersebut untuk membuka cabang bisnis baru. Memang itu tidak salah, tetapi membuka cabang bisnis baru bukanlah sesuatu yang mudah. Harus ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum benar-benar membukanya.

Biasanya, ada dua hal para pengusaha membuka cabang baru, pertama pertambahan konsumen di pusat penjualan pertama hingga tidak mampu terlayani dengan baik karena permintaan yang terus meningkat. Kedua, sebagai cara mendulang keuntungan yang lebih banyak lagi.

Baca Juga: 5 Taktik Cerdas Negosiasi untuk Bisnis Dengan Elegan

Yang harus Anda ketahui sebelum membuka cabang yang baru, membuka cabang baru mungkin tidak akan semudah yang Anda bayangkan. Mendirikan tempat bisnis baru, perlu perencanaan yang cerdas dan matang. Ada beberapa tips membuka cabang bisnis baru yang harus Anda ketahui.

Langkah Membuka Cabang Bisnis Baru

Pastikan Toko Pertama Telah Mendulang Keuntungan dan Berjalan Lancar

Sebelum Anda membuka cabang di tempat lain. Anda harus pastikan bahwa bisnis Anda di tempat pertama telah menghasilkan keuntungan yang lumayan besar dan berjalan dengan lancar. Anda harus memastikan, lokasi pertama usaha Anda bisa ditinggal dengan baik oleh Anda.

Apabila toko pertama Anda belum bisa Anda lepaskan, Anda tidak bisa membuka cabang baru lagi. Pastikan cabang utama sudah berjalan dengan lancar, dengan manajemen dan SOP (standart operating procedure) yang sesuai. Jika Anda sudah yakin, bahwa toko pertama Anda bisa diamanatkan kepada orang lain, Anda bisa memulai ekspansi untuk membuka cabang berikutnya.

Perhatikan Modal Anda

Setelah Anda memastikan mengenai kesiapan dari segi manajemen dan SOP, kini Anda harus memikirkan modal usaha yang akan Anda gunakan dalam membuka cabang baru. Membuka cabang, membutuhkan modal yang mungkin sama dengan mendirikan bisnis pertama kalinya.

Jadi, pastikan modal yang Anda miliki sudah cukup. Baik itu dari biaya sewa tempat, biaya penambahan karyawan, inventaris, hingga pembelian perlengkapan baru. Dan hal yang perlu Anda ketahui, modal yang Anda keluarkan belum tentu bisa kembali dalam waktu yang singkat. Jangan sampai, cabang baru membuat usaha utama Anda menjadi kewalahan.

Melakukan Riset Di Calon Lokasi Baru

Sebelum Anda membuka cabang baru di suatu tempat, Anda harus melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Baik itu riset pasar, analisis lokasi, dan target pasar yang sesuai. Anda harus memilih lokasi yang memiliki prospek untuk masa depan. Sehingga bisa memastikan bahwa konsumen-konsumen Anda menjangkau lokasi tersebut dengan mudah.

Jangan terlalu memaksakan diri membuka cabang baru, jika hanya melihat dari sisi estetika tempat tersebut. Jika tempat tersebut bagus dalam tampilan, tetapi bukan lokasi yang tepat bagi pangsa pasar Anda, jangan paksakan untuk membuka usaha tersebut.

Menunjuk Orang Kepercayaan

Apakah jika Anda membuka cabang bisnis baru, akan ada orang yang bertanggungjawab atas keseluruhan cabang? Tidak mudah memilih orang kepercayaan. Orang kepercayaan untuk mengelola cabang baru tentunya harus memiliki posisi di atas seorang manager cabang.

Anda harus pikirkan matang-matang penunjukan orang kepercayaan yang menjadi penanggungjawab cabang baru. Orang tersebut mungkin akan lebih banyak berkomunikasi dengan Anda. Sebagian pebisnis memang meminta anggota keluarga yang mengelola cabang bisnis baru. Tetapi Anda juga harus memikirkan opsi orang lain untuk mengelola cabang usaha Anda tersebut, apabil anggota keluarga tidak bisa melakukannya.

Inovasi Baru

Ketika Anda membuka cabang baru, pastikan bahwa cabang tersebut memiliki konsep berbeda dengan cabang utama atau toko utama. Anda harus pastikan bahwa, konsumen bisa melihat satu hal yang berbeda antara cabang lama dengan cabang baru.

Anda bisa mulai dari tampilan dekorasi, menu baru, dan layanan baru dibandingkan dengan cabang sebelumnya. Semua harus dilakukan dengan inovasi yang berbeda, disinilah perlunya strategi dan inovasi baru dari toko yang akan Anda buka.

Memperhatikan Kompetitor

Selain Anda harus melihat lokasi baru, Anda juga harus memperhatikan siapa saja kompetitor yang ada disekitar cabang baru Anda. Bisa saja, lokasi baru Anda terdapat kompetitor yang mungkin akan menyulitkan Anda bersaing di lokasi yang baru.

Baca Juga : Ingin Sukses, Lakukan 7 Pola Pikir Pengusaha Sejati yang Wajib Dijiplak

Disinilah Anda memerlukan strategi marketing yang tepat dengan menyesuaikan pada lokasi bisnis yang baru. Dimana saat grand opening Anda bisa menarik banyak massa untuk datang. Salah satu caranya dengan memberikan diskon yang besar kepada mereka.

SDM yang Kompeten

Tentu SDM (sumber daya manusia) di cabang bisnis baru harus menjadi perhatian Anda. Karena tidak mungkin Anda menarik seluruh SDM berkompeten di cabang utama untuk mengisi di cabang baru. Karena hal tersebut bisa menganggu operasional cabang lama.

Pastikan ketika Anda akan membuka cabang baru, Anda memiliki SDM yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Minimal mereka memiliki kemampuan yang sama dengan orang-orang di cabang lama. Anda harus melatih karyawan baru untuk bisa melayani konsumen dengan baik.

Promosi yang Tepat

Agar cabang baru Anda bisa dikenal luas seperti cabang utama, maka Anda harus melakukan promosi yang tepat untuk menarik perhatian konsumen. Anda bisa melakukan berbagai promosi dengan teknik omnichannel, yaitu promosi dua arah. Baik itu dari sisi online seperti promosi di media sosial dan website. Maupun secara offline dengan membuat banner, spanduk, hingga katalog di dekat lokasi cabang baru. Semuat teknik promosi bisa Anda sesuaikan.

Produk dan Layanan Harus Sama atau Lebih Baik

Hal yang sering luput dari pengawasan saat membuka cabang bisnis baru adalah, produk dan layanan di cabang baru terkadang tidak sama dengan produk dan layanan yang ada di cabang utama. Sering sekali, konsumen akan mengeluhkan hal ini. Jadi, pastikan Anda memiliki produk dan layanan yang sama antara cabang lama dengan cabang baru.

Manfaatkan Teknologi untuk Bisnis

Saat Anda membuka cabang baru, tentu Anda harus menyiapkan beberapa teknologi untuk bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan layanan e-commerce, penggunaan CCTV sebagai pengawasan, dan juga menggunakan teknologi meeting virtual untuk agenda rapat mingguan maupun bulanan jika Anda sedang tidak bisa berkunjung langsung ke toko Anda.

Teknologi tentu akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis menjadi lebih mudah. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi keuangan berbasis online, dengan memanfaatkan software akuntansi Accurate Online untuk memantau keuangan seluruh cabang bisnis Anda.

Software akuntansi Accurate Online akan memudahkan Anda dalam semua transaksi, stok, dan data financial pada banyak cabang sekaligus. Karena Accurate Online memiliki add on multibranch yang bisa dimanfaatkan para pemilik bisnis dalam melihat semua aktivitas keuangan usaha di setiap cabang.

Jika Anda ingin mencoba Accurate Online, Anda bisa langsung trial 30 hari gratis dengan klik disini.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah yang perlu dipersiapkan ketika Anda akan membuka cabang bisnis baru. Semua harus diperhatikan dengan baik dan detail. Sehingga pembukaan cabang baru akan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Semoga cabang baru Anda berjalan lancar.

Related posts

7 Tren Kuliner 2020 untuk Mendulang Untung Super Besar

Fattah Miyaz

Ancaman Ekonomi dan Faktor Penyebab Ancaman Di Bidang Ekonomi yang Harus Dihindari

Fattah Miyaz

Bisnisku hancur karena corona dan bagaimana tetap Profit meski kondisi terhimpit covid-19 Corona membuat bisnisku hancur

yani

Leave a Comment