ABCkotaraya.id
Bisnis

Perbedaan Software Akuntansi dan ERP yang Perlu Diketahui

Promo Accurate Online

Penggunaan software untuk menunjang bisnis sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh bisnis. Dengan software, perusahaan mudah dalam berbagai aktivitas bisnis yang terintegrasi satu sama lain. Saat ini banyak perusahaan yang hanya menggunakan dua jenis software, pertama software akuntansi dan software ERP (enterprise resource planning) dan software akuntansi. Sering sekali keduanya dianggap sama padahal berbeda. Apa saja perbedaan software akuntansi dan ERP? Mari kita ulas.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan keduanya, mungkin kita perlu mengetahui dari sisi pengertian dari kedua software tersebut. Sehingga Anda mendapatkan gambaran lengkap mengenai perbedaan dari kedua software yang banyak digunakan oleh bisnis Anda.

Pengertian Software Akuntansi dan ERP

Software Akuntansi

Software akuntansi adalah perangkat lunak yang membantu bisnis dalam mengelola dan mencatat transaksi keuangan sehari-hari suatu perusahaan. Perangkat lunak ini juga memungkinkan para pemilik bisnis menjalankan aktivitas akuntansi secara terperinci, dan detail hingga menjadi laporan keuangan.

Dalam menjalankan aktivitas akuntansi mulai dari pencatatan, pembukuan, penjurnalan, hingga pembuatan laporan keuangan dan pajak, keseluruhan aktivitas bisa dilakukan dengan lebih cepat menggunakan software akuntansi. Mungkin sebelumnya aktivitas-aktivitas tersebut hanya dapat dilakukan secara manual.

Selain itu, adanya software akuntansi memungkinkan para pemilik bisnis menyimpan data transaksi tidak menggunakan tempat fisik yang begitu besar, bahkan saat ini software akuntansi online telah memberikan tempat yang cukup besar dengan kapasitas berbasis cloud.

Software ERP

Software ERP adalah sebuah software yang digunakan untuk mengelola kegiatan bisnis secara menyeluruh mulai dari akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko, SDM, hingga rantai pasok yang bisa dilakukan dalam satu software yang terintegrasi.

Sistem ERP ini mengikat proses bisnis dengan memungkinkan seluruh data terintegrasi secara menyeluruh dari berbagai divisi yang terkait, sehingga menghindari terjadinya duplikasi data antar departemen yang saling terhubung satu sama lain.

Setiap departemen atau divisi dapat mengoptimalkan setiap tugas yang dimilikinya, tetapi semua sistem dalam satu perusahaan besar bisa saling terintegrasi dan saling berkordinasi dalam sistem satu muka dalam satu aplikasi di aplikasi ERP.

Perbedaan Software Akuntansi dan ERP

Kali ini kita akan memulai mencari tahu berbagai perbedaan dari keduanya. Apa saja perbedaannya yang mencolok dan biasa ditemui diantara keduanya.

Software Akuntansi

Perbedaan yang paling utama dari Software akuntansi dari fungsionalitasnya untuk kegiatan akuntansi dan biasanya software ini hanya digunakan oleh tim akuntansi saja. Dalam aktivitas akuntansi biasanya software akuntansi akan berkutik pada bidang-bidang;

  • Piutang
  • Akun hutang
  • Manajemen bank
  • Invoice/Faktur
  • Pencatatan dan pelacakan pendapatan/penjualan dasar
  • Laporan keuangan
  • Perpajakan

Software akuntansi pada umumnya hanya menjalankan satu bagian bisnis, yakni keuangan dan akuntansi saja, tetapi ia menjalankannya secara power full. Sementara untuk aktivitas bisnis lainnya seperti manajemen inventaris, logistik, rantai pasok, Gudang dan sebagainya hanya dijalankan dasar saja dan tidak terperinci.

Software ERP

Software ERP merupakan software yang menggabungkan seluruh area atau aktivitas bisnis dalam satu informasi tunggal. Semua aktivitas bisnis seperti :

  • Manajemen inventaris
  • Manajemen Gudang
  • Rantai pasok
  • Logistik
  • Manajemen Risiko
  • Hingga CRM (Customer Relationship Management)
  • Akuntansi
  • HRD

Pada software ERP, akuntansi merupakan bagian dari ERP. karena tidak dapat dipisahkan, namun dengan ERP setiap divisi saling terintegrasi sehingga tidak akan menemukan data-data yang rangkap. Setiap divisi bisa saling berkomunikasi dalam satu aplikasi tersebut.

ERP akan memastikan seluruh data yang di laporkan benar-benar akurat dari seluruh departemen lain. Di software ERP seluruh departemen bisa melaporkan setiap pengeluaran dan pembelian yang dilakukan serta langsung di catat dalam buku besar perusahaan.

Kesimpulan

Lalu yang mana yang perlu Anda pilih? Masih banyak pelaku usaha yang bingung untuk memilih jenis software yang akan mereka gunakan. Apakah menggunakan software ERP atau software akuntansi, tetapi dengan mengetahui perbedaan software akuntansi dan ERP Anda akan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Anda perlu memastikan dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki untuk investasi pada software ini. Disini Anda perlu melakukan analisis, riset, dan bertanya pada setiap departemen apa yang kebutuhan mereka dan bagaimana kinerja bisnis bisa berjalan dengan baik. Bagaimana langkahnya? Sekarang sduah saatnya Anda menyesuaikannya.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

5 Masalah yang Membuat Bisnis berjalan Lambat

Fattah Miyaz

Kenali Perbedaan Jasa Logistik dan Freight Forwarding

mimin ABC kotaraya

Bisnis Open Trip: Mendulang Untung Besar dari Usaha ala Zaman Now

Fattah Miyaz

Leave a Comment