ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Alasan Penting, Mengapa UMKM Wajib Memiliki Pembukuan

Jumlah pelaku usaha di Indonesia angkanya cukup besar. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 64 juta. Dari angka tersebut sangat sedikit UMKM yang telah memiliki pembukuan. Pembukuan sangat penting untuk UMKM. Karena itu UMKM wajib memiliki pembukuan demi kelancaran usahanya dan tersedianya laporan keuangan yang memadai.

Pembukuan pada UMKM sebenarnya bukan sekedar untuk pembuatan laporan keuangan. Tetapi juga untuk pengembangan bisnis UMKM itu ke depan. Proses pembukuan biasanya dicatat dengan menggunakan buku atau sebuah catatan khusus, bagi yang melakukannya secara manual.

Beberapa pelaku UMKM menggunakan aplikasi pembukuan bawaan dari komputer atau laptop yang mereka miliki, yakni dengan menggunakan Microsoft Excel. Padahal, Microsoft Excel memiliki cukup banyak kekurangan jika digunakan untuk pembukuan secara rinci dan detail. (Baca Juga: Duh, 7 Kelemahan Microsoft Excel untuk Pembukuan Bisnis).

Mengapa UMKM Wajib Memiliki Pembukuan?

Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan oleh para pelaku bisnis dimana saja, ketika mereka diminta untuk membuat pembukuan pada bisnis mereka. Sewajarnya memang pembukuan harus dilakukan ketika awal pembukaan usaha. Namun, jika sudah terlanjur atau Anda sudah melakukan pembukuan  dengan cara manual. Kini, saatnya Anda membuat pembukuan secara otomatis untuk bisnis.

Menilai Kondisi Usaha

Bagaimana Anda bisa melihat kondisi usaha, jika Anda hanya memantau dari sisi banyaknya masuk dan keluarnya barang. Dari banyaknya barang yang sudah terjual, kira-kira berapa untung yang telah Anda dapat. Berapa banyak kerugian ketika barang Anda mengendap di gudang?

Jika produk Anda cukup banyak selain Anda harus melakukan stok opname, Anda juga harus melakukan dokumentasi pencatatan barang tersebut. Apakah jenis barang yang masih tersisa sudah menghasilkan keuntungan secara keseluruhan barang yang di beli? Atau barang banyak sisa di gudang, hingga membuat Anda merugi?

Pembukuan akan membantu pemilik bisnis dalam memantau seberapa jauh bisnis mereka tumbuh dari total profit yang sudah tercatat dalam pembukuan. Hingga Anda akan melihat berapa nilai uang kas yang ada saat ini.

Mengetahui Jumlah Transaksi

Salah satu mengapa UMKM wajib memiliki pembukuan, adalah untuk mengetahui jumlah transaksi yang terjadi. Baik itu secara harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Ketika Anda menggunakan pembukuan dengan aplikasi atau software akuntansi berbasis cloud, semua pencatatan akan tercatat secara rapih dan baik selama Anda memang mencatatnya.

Dibandingkan hanya sekedar mencatat secara manual atau di komputer dengan Microsoft Excel. Ketika catatan tersebut hilang ataupun komputer Anda di upgrade atau diganti. Semua catatan bisa saja hilang jika tidak diletakan atau simpah dengan rapih. Maka dari itu sebaiknya menggunakan pembukuan dengan software akuntansi berbasis cloud.

Menghindari Kerugian dan Kebangkrutan

Memang bisa? Yah, tentu bisa. Dengan mengetahui kondisi keuangan secara aktual, Anda bisa mencegah kerugian sedini mungkin. Mengapa? Karena dengan adanya pembukuan, jumlah uang kas yang ada bisa dipantau dengan mudah.

Ketika uang kas sudah minim, Anda harus menerapkan strategi baru agar uang kas usaha tetap ada dan bisa menunjang operasional. Satu contoh mengapa UMKM wajib memiliki pembukuan.

Alat Perencanaan

Pembukuan wajib pada UMKM

Mungkin banyak yang tidak tahu, mengapa UMKM harus melakukan pembukuan? Tentu untuk melakukan rencana yang akan dilakukan kedepannya, para pengusaha akan berpatokan pada data keuangan usaha mereka. Data keuangan yang tersimpan rapih dengan proses pembukuan, maka akan menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Laporan keuangan ini akan menjadi patokan dalam membuat rencana ke depan. Berdasarkan kas yang dimiliki dan hasil dari periode sebelumnya. Dengan begitu, para pengusaha akan lebih mudah dalam menentukan rencana yang tepat.

Mengetahui Aset, Modal, dan Hutang

Pembukuan bukan sekedar pencatatan akan transaksi, barang keluar masuk, dan penggajian. Tetapi lebih dari itu. Anda akan lebih mudah dalam mengetahui jumlah aset, modal, dan hutang. Jika sebuah bisnis tidak memiliki pembukuan, akan sulit dalam menghitung jumlah aset, modal dan hutang.

Ketiga hal tersebut sangat penting dalam bisnis. Seorang pebisnis harus mampu untuk memperhatikan ketiga hal itu dalam bisnis mereka. Untuk kemudahan dalam mengontrolnya, Anda diharuskan menggunakan aplikasi akuntansi untuk kemudahan mengecek semua ini. Sehingga Anda bisa mengetahui seberapa besar pertumbuhan aset, modal, dan hutang.

Kemudahan Perpajakan

Biasanya para pelaku UMKM jarang ada yang membayar pajak, bukan karena mereka menghindari pembayaran pajak. Melainkan karena tidak tahu berapa besar pajak yang harus mereka bayarkan. Rata-rata para pelaku UMKM tidak memiliki pembukuan yang rapih, sehingga menyulitkan mereka dalam mengetahui besaran pajak yang harus ditanggung.

Sekarang, software akuntansi seperti Accurate Online sudah terintegrasi dengan sistem perpajakan nasional. Selain Anda akan lebih mudah menghitung jumlah pajak, Anda juga akan lebih mudah dalam melaporkan e-faktur melalui fitur e-faktur yang ada pada Accurate Online. Jadi, Anda tidak perlu lagi ribet-ribet menghitung dan menguploadnya kembali.

Kemudahan Mendapatkan Pinjaman

Jarang ada pelaku UMKM yang mengetahui, bahwa dengan adanya pembukuan akan lebih mudah mendapatkan pinjaman. Ketika Anda mencoba untuk mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti perbankan, mereka akan memberikan pinjaman kepada UMKM ketika pemilik UMKM bisa menampilkan laporan keuangan mereka kepada lembaga keuangan tersebut.

Jika pelaku UMKM tidak bisa menampilkan laporan keuangan, sudah pasti perbankan tidak akan memberikan pinjaman. Berbeda jika Anda memiliki laporan keuangan, pihak perbankan akan lebih percaya untuk meminjamkan dana mereka ke Anda. Pembukuan akan menjadi penilaian kinerja bisnis Anda oleh pihak perbankan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan mengapa UMKM wajib memiliki pembukuan. Bahkan banyak pengusaha yang memiliki pembukuan dengan rapih dan mereka bisa membawa bisnisnya naik kelas. Dengan adanya pembukuan, Anda akan lebih mudah dalam menganalisis keuangan bisnis Anda ke depannya.

Pembukuan harus diperhatikan oleh para pengusaha UMKM dimanapun. Sehingga memudahkan dalam menghitung margin dan meningkatkan profit bisnis secara maksimal. Kalau bisnis Anda belum begitu besar, Anda tetap bisa melakukan pembukuan secara mandiri dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Software akuntansi Accurate Online sangat cocok digunakan oleh UMKM Indonesia. Fitur-fitur pada Accurate Online akan membantu Anda dalam menjalankan tahapan pembukuan dengan praktis, efisien, dan akurat. Bahkan Anda bisa mencobanya selama 30 hari gratis dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

Manfaatkan Software Akuntansi Accurate Free Download Sekarang

mimin ABC kotaraya

Software Akuntansi Bisnis Multifungsi Terbaik

Anggi

6 Langkah Sederhana Belajar Akuntansi untuk Pengusaha

Fattah Miyaz

Leave a Comment