ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Siapapun Anda pastinya memiliki kesempatan menjadi seorang Chief atau pemimpin. Mendelegasikan tugas kepada tim. Tetapi jika kita membahas tentang kepemimpinan, bukan sekedar hal tersebut yang akan dibahas. Bagaimana tips menjadi pemimpin yang baik demi kesuksesan tim Anda?

Dalam setiap penelitian mengenai kepemimpinan selalu menggambarkan orang yang tegas, mudah beradaptasi, cerdas, dan teliti menjadi kunci utama dalam menjadi seorang pemimpin. Pemimpin haruslah orang yang menginspirasi. Mereka menghargai para staff dan menginspirasi mereka untuk bekerja lebih baik.

Tetapi semua itu bukanlah sesuatu yang mudah, Anda harus bisa melakukannya setiap hari dan menunjukannya kepada seluruh tim agar Anda bisa memotivasi mereka dalam bekerja sesuai ekpektasi dan visi misi bisnis.

Baca Juga : 8 Softskill Menjadi Pengusaha, Untuk Para Calon Entrepreneur

Tips Menjadi Pemimpin

Komunikasi yang Jujur dan Terbuka

“Saat Anda bertanggung jawab atas tim, penting untuk terus terang kepada mereka,” ungkap Sanjay Patoliya, Pendiri dan Direktur Tecnogiq. Kejujuran dan transparansi harus Anda tunjukan dalam tim. Anda harus menjadi contoh untuk mereka.

“Bisnis dan karyawan adalah cerminan diri Anda, dan jika Anda menjadikan perilaku jujur dan etis sebagai nilai kunci, tim Anda akan mengikutinya,” lanjut Sanjay seperti dikutip dari businessnewsdaily.com.

Para pemimpin terbaik, mereka mampu menyesuaikan interaksi dan gaya komunikasi agar sesuai dengan setiap kondisi dan situasi. Bahkan para pemimpin terbaik memiliki waktu tersendiri dalam mengamati gaya komunikasi yang disukai oleh anggota tim. Dan yang terpenting pemimpin adalah pendengar yang baik.

Bagaimana Gaya Kepemimpinan Anda

Gaya Kepemimpinan
Creative people sitting at table in boardroom with man explaining business strategy

Tips menjadi pemimpin yang wajib diterapkan adalah dengan mengenali gaya kepemimpinan. Memahami gaya kepemimpinan itu sangat penting untuk melihat dimana kekuatan Anda dan dimana kelemahan Anda. Anda bisa mengikuti berbagai tes psikologi untuk melihat gaya kepemimpinan Anda. Memang ada beberapa gaya kepempimpinan yang harus diketahui, seperti :

  • Demokratis
  • Otoriter
  • Transformasional
  • Transaksional
  • Delegatif
  • Strategis
  • Birokrasi

Kira-kira kalau Anda melihat daftar gaya kepemimpinan diatas, dimanakah posisi Anda? Untuk mengetahuinya Anda bisa coba menanyakan langsung kepada rekan satu tim atau dengan melakukan tes untuk melihat hasilnya.

Anda bisa terus meningkatkan gaya kepemimpinan, dan tentunya gaya kepemimpinan haruslah sesuai dengan situasi yang ada dalam bisnis. Usahakan agar Anda menyesuaikan diri dengan kondisi tim, bukan tim yang menyesuaikan Anda. Ini akan membuat anggota tim merasa lebih diperhatikan dan menjadikan mereka memiliki motivasi untuk mengikuti Anda.

Mendorong Kreativitas

Ketika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda haruslah mampu untuk mendorong anggota tim menjadi lebih kreativitas. Semua orang memiliki daya kreativitas sendiri yang harus dipahami oleh setiap pemimpin.

Pemimpin yang baik akan mampu menawarkan tantangan baru dengan dukungan yang cukup dalam mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga : Penyebab Malas Kerja Keras

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan kreativitas dengan memberikan challenge kepada setiap anggota tim. Pastikan setiap tujuan berada dalam jangkauan mereka. Cara ini akan membuat setiap anggota tim mampu meregangkan batasan mereka tetapi tidak putus asa dengan hambatan menuju kesuksesan yang ada.

Menjalin Hubungan dengan Anggota Tim

Memimpin bukan sekedar hubungan atasan dan bawahan. Anda harus memiliki hubungan yang mendorong kepercayaan dan pengertian dengan anggota tim. Demi menjadi seorang pemimpin yang manusiawi, membutuhkan rasa positif, empati, kasih sayang, kerendahan hati, dan cinta. Cara ini akan membawa Anda kepada hubungan yang baik dengan anggota tim.

Menciptakan hubungan yang nyata dengan rekan tim sangat penting demi mengembangkan kepercayaan bersama yang diperlukan dalam membangun akuntabilitas yang kuat dan kinerja yang luar biasa. Dalam budaya tersebut, Anda akan mendorong anggota tim untuk mencapai kesuksesan, kebahagiaan, dan kepimpinan yang baik.

Agar Anda bisa membangun koneksi dengan para anggota tim, perhatikanlah apa yang menjadi kepribadian, minat, kekuatan, kelemahan, hobi, dan preferensi lainnya terhadap mereka.

Menunjukan Semangat

Menjadi Pemimpin yang Kreativ
Source : https://unsplash.com/

Apa tips menjadi pemimpin yang baik? Mampu menciptakan semangat kepada semua anggota kelompok mereka, bukan sekedar memberikan delegasi tugas saja. Pemimpin yang hebat selalu berperan untuk memberikan semangat dan antusiasme dalam setiap proyek yang mereka kerjakan bersama.

Anda dapat mengembangkan kualitas kepemimpinan dengan memikirkan berbagai cara dalam mengekspresikan semangat yang Anda punya. Tunjukan kepada seluruh anggota tim bahwa Anda sangat peduli dengan setiap kemajuan yang mereka lakukan. Ketika ada anggota tim yang saling berbagi dengan anggota lainnya, beritahu mereka bahwa Anda sangat menghargai mereka dalam setiap kontribusi yang dilakukan.

Bersikap Positif

Setiap pemimpin selalu ingin apa yang mereka lakukan dapat berjalan lancar tanpa adanya sesuatu. Tetapi itu tidak mungkin, masalah akan muncul kapan saja. Saat Anda menemukan kendala, bagaimana Anda bersikap dalam hal negatif akan menjadi kemampuan Anda dalam memimpin.

Menurut Robert Man, penulis buku The Measure of Leader, setiap pemimpin harus berfokus pada kebaikan dalam kondisi apapun. “Lihat tiga hal positif tentang sebuah masalah sebelum melakukan penilaian hasil yang tidak memuaskan. Semakin Anda bersikap positif dalam masalah, semakin membuat anggota tim lainnya bereaksi dengan baik satu sama lain.”

Berfokus pada solusi mampu membantu tim dalam keterlibatan positif. Ketika menemukan suatu masalah cobalah untuk fokus mencari solusi dibandingkan harus melihat mengapa masalah bisa terjadi. Lingkungan kerja positif akan mampu menciptakan tenaga kerja yang terlibat dan positif.

Ajari Daripada memerintah

Seorang pemimpin yang baik tahu cara menunjukan kepada anggota tim apa yang mereka inginkan, daripada hanya memberi tahu mereka. Tips menjadi pemimpin yang baik harus melatih anggota tim menuju lingkungan kerja yang kolaboratif dan berkomitmen, tanpa membujuk mereka.

Pemimpin yang baik harus mendorong pertumbuhan dengan mengajar anggota tim, bukan sekedar meneriakan perintah kepada anggota tim. Seseorang tidak akan tumbuh jika pemimpin tidak pernah mengajari mereka apapun. Pemimpin harus mampu mengajari, agar mereka bisa menumbuhkan pemimpin baru yang bisa menggantikan posisi mereka suatu waktu nanti.

Memberikan Kesempatan Anggota Tim Berkontribusi

Tips menjadi Pemimpin yang baik harus memberikan kesempatan kepada anggota tim agar mereka mampu berkontribusi dengan ide yang mereka miliki. Pemimpin yang melibatkan peran anggota tim demi kesuksesan bisnis adalah seorang pemimpin demokratis atau partisipatif.

Sehingga para anggota tim bisa mengambil peran aktif dalam menghasilkan ide dan rencana mereka demi keberlangsungan anggota tim lainnya.

Dengarkan dan Komunikasi Secara Efektif

Seorang pemimpin harus mampu mendengarkan dan melakukan komunikasi secara efektif kepada anggota tim secara individu. Bukan hanya berbicara dalam kelompok. Pemimpin harus mampu menjalin hubungan secara pribadi kepada setiap anggota kelompok mereka.

Tips menjadi Pemimpin, mereka harus bisa mengkomunikasikan visi misi bisnis kepada para karyawan dengan menyampaikannya secara bijak. Dengan begitu, mereka akan merasa terinspirasi dan lebih termotivasi dalam mengikuti setiap kebijakan yang ada. Dengan begini, para pemimpin akan dapat memastikan bahwa setiap karyawan bisa memberikan kontribusi dan mereka mendapatkan pengakuan atas setiap pencapaian yang telah mereka lakukan.

Terbuka Dengan Ide Baru

Kalau Anda ingin menjadi seorang pemimpin, Anda harus mampu dalam menerima setiap ide baru untuk menerima perubahan. Alih-alih hanya bertahan dengan apa yang ada karena sekedar konsistensi, cobalah untuk menerima setiap perubahan dan inovasi.

Bersikaplah dengan terbuka terhadap ide baru dan cara berpikir alternatif lainnya. Terkadang karyawan mendapatkan ide baru ke dalam ruang meeting, dan ide tersebut bisa menjadi sesuatu untuk dimanfaatkan. Bukan mengecilkan hati mereka.

Baca Juga : Ide Bisnis Fashion Wanita Yang Bisa Dicoba di Tahun Ini

Menjadi Pemimpin harus mampu mendorong karyawan dalam memecahkan masalah. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengimplementasikan wawasan mereka. Ketika karyawan mendapatkan penghargaan, disitulah mereka akan merasa sukses dan ini menjadi pesan positif kepada bisnis Anda.

Kesimpulan

Menjadi seorang pemimpin memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu. Tidak bisa dilakukan hanya dalam satu malam. Namun, keterampilan kepemimpinan adalah sesuatu yang bisa dipelajari dan ditingkatkan oleh siapa saja yang memang ingin menjadi seorang pemimpin. Dengan kerja keras, dedikasi, dan perencanaan strategi, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi seorang pemimpin yang berintegritas.

Related posts

7 Hal Kecil yang Membuat Kamu Semakin Bersyukur dalam Hidup

mimin ABC kotaraya

Solusi Agar Tabungan Cepat Terkumpul

Eka

Tips Mudah Mengatasi Rasa Lelah

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment