ABCkotaraya.id
Life Style

4 Profesi yang Membuat Jumlah Orang Kaya Di Indonesia Meningkat?

Promo Accurate Online

Saat pandemi Indonesia sempat masuk ke jurang resesi dan akhirnya mampu bangkit. Begitu juga banyak orang yang harus terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) disebabkan operasional perusahaan yang harus menurun akibat pandemi. Dibalik itu semua, sebuah data mengejutkan disampaikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatahkan bahwa Jumlah orang kaya di Indonesia bertambah signifikan.

Kok bisa? Mungkin berita beberapa minggu terakhir ini cukup mengejutkan banyak pihak. Ditengah pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun, banyak yang mengira bahwa masyarakat miskin Indonesia akan bertambah signifikan.

LPS mengungkapkan jumlah simpanan masyarakat Indonesia dengan jumlah di atas Rp 5 milliar bertambah signifikan hingga 15,8% dibandingkan tahun lalu. Begitu juga jumlah rekening orang-orang yang berada diatas Rp 5 milliar bertambah hingga 8% dibandingkan Mei 2020.

Baca Juga: 3 Jenis Laba Bisnis yang Perlu Dimengerti

Data Lembaga Keuangan Luar Negeri

Pada Juli 2021, mengutip dari Kompas.com data yang dikeluarkan oleh Lembaga keuangan asal Swiss, Credit Suisse, jumlah penduduk dengan kekayaan bersih mencapai 1 juta dollar atau sekitar Rp 14 milliar di Indonesia pada 2020 mencapai 171.740 orang.

Angka tersebut melonjak sekitar 61,69% dibandingkan data yang ada di tahun 2019 yang berjumlah sekitar 106.215 orang.

Bahkan Lembaga tersebut juga menyebutkan orang Indonesia dengan kekayaan lebih dari 100 juta dollar AS pada 2020 mencapai 417 orang atau naik 22,29% dari tahun sebelumnya.

Tentu banyak spekulasi muncul di tengah masyarakat. Mengapa hal ini bisa terjadi? Siapa saja kah orang-orang yang bisa memiliki nilai simpanan uang bertambah begitu cepat di Indonesia ditengah pandemi.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira seperti dikutip dari Katadata.co.id menjelaskan beberapa pendorong yang membuat banyak orang kaya baru di Indonesia. Salah satunya mereka memiliki kemampuan investasi, terutama di bidang komoditas dan digital

Memang tidak dipungkiri, di saat pandemi banyak komoditas-komoditas yang awalnya tidak dilirik sama sekali menjadi daya tarik masyarakat. Bahkan harga komoditas yang mungkin tadinya harganya cukup terjangkau, tetapi kini harga komoditas tersebut cukup tinggi dan bisa dikatakan mengejutkan banyak orang.

Ada beberapa komoditas yang cukup laku di Indonesia selama pandemi, apa sajakah itu?

Masker

Pengusaha Masker Menjadi Penyebab jumlah orang kaya di Indonesia bertambah
Source: Kompas.com

Masker seolah menjadi barang yang wajib ada selama pandemi. Hampir semua orang dituntut untuk memakai masker. Di awal pandemi masker medis sempat langka dan sulit untuk didapatkan. Pada akhirnya, banyak masyarakat yang berinisiatif untuk membuat masker berbahan kain.

Masker kain menjawab kebutuhan masker bagi masyarakat. Di tengah sulitnya dan mahalnya masker medis. Banyak masyarakat yang mencoba peruntungan dengan menjadi pengusaha masker yang terbuat dari kain. Masker kain yang dibuat tidak hanya memiliki karakter satu warna, tetapi memiliki banyak warna hingga motif. Sehingga masker kain sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Tak dipungkiri para pengusaha masker mendapatkan banyak keuntungan dari menjual masker tersebut. Bahkan banyak para pelaku fashion ikut-ikutan untuk memproduksi masker kain ini dengan mengharapkan keuntungan.

Banyak yang berspekulasi jumlah orang kaya di Indonesia bertambahnya dikarenakan banyak masyarakat yang menjadi pengusaha masker kain.

Ikan Cupang

Ikan cupang memang menjadi hewan primadona di masa pandemi. Dari ikan cupang ini banyak tumbuh orang-orang kaya baru. Selama pandemi, banyak orang yang mengoleksi ikan cupang. Tidak hanya masyarakat bawah, tetapi tren ini diikuti oleh para public figure di Indonesia, membuat ikan cupang menjadi pilihan yang tepat selama pandemi.

Warnanya yang khas dan unik membuat popularitas ikan cupang terus bertambah. Hingga membuat banyak orang-orang kaya baru yang berasal dari pengusaha atau peternak cupang loh. Mungkin mereka masuk dalam nominasi bertambahnya jumlah orang kaya di Indonesia saat ini.

Bayangkan saja, satu ikan cupang dengan jenis tertentu bisa memiliki harga mencapai belasan juta rupiah. Padahal ikan ini mungkin saja sangat mudah ditemukan. Tetapi pamor ikan cupang bertambah di saat pandemi.

Tanaman

Hal mengejutkan juga datang dari komoditas tanaman. Banyak tanaman yang awalnya tidak bernilai, pada akhirnya sangat bernilai. Di awal pandemi masyarakat dihebohkan dengan kemunculan tanaman Janda Bolong atau monstera adansonii dengan harga yang fantastis. Sempat harga Janda Bolong di nilai dari jumlah daun yang ada, satu daun bisa mencapai Rp 20 juta rupiah.

Selain Janda Bolong banyak juga tanaman-tanaman lain yang naik daun. Hingga membuat banyak orang mengincarnya. Bahkan tanaman tersebut sangat mudah diperjualbelikan. Harga tanaman yang tadinya tidak seberapa mendadak menjadi cukup fantastis. Banyak orang yang akhirnya tidak hanya menjadi pengkoleksi tanaman, tetapi juga menjualbelikan tanaman tersebut.

Dunia Digital

Influencer menjadi salah satu profesi yang membuat orang kaya di Indonesia bertambah
Source: Thejakartapost.com

Membahas dunia digital, bukan saja membahas mengenai website dan sosial media. Dunia digital cukup luas. Jumlah orang kaya di Indonesia bertambah dikarenakan juga dunia digital. Kita tahu bahwa banyak bisnis yang beralih ke dunia digital semenjak pandemi.

Selain itu, digital juga memberikan banyak peluang bagi para influencer dan Key Opinion Leader (KOL) dimana banyak brand yang menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan produk mereka. Banyak yang mengatakan para influencer dan KOL menjadi orang-orang kaya baru di Indonesia.

Itulah keempat profesi yang mungkin saja menjadi pemicu jumlah orang kaya Indonesia terus bertambah. Keempat profesi tersebut menurut ABC Kotaraya, mungkin Anda semua memiliki daftar profesi lainnya yang menjadi penyebab tumbuhnya orang kaya baru di Indonesia? Jika ada, bisa sampaikan melalui Sosial Media kami.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

7 Hal Kecil yang Membuat Kamu Semakin Bersyukur dalam Hidup

mimin ABC kotaraya

5 Pengusaha Sukses Inspiratif asal Indonesia

mimin ABC kotaraya

10 Tips Menjadi Pemimpin yang Wajib Diterapkan untuk Kesuksesan Tim

Fattah Miyaz

Leave a Comment