ABCkotaraya.id
Image default
Keuangan

Tujuan dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Bisnis

Manajemen keuangan adalah bagian penting dalam bisnis. Keuangan sangatlah riskan dan sensitif, tidak hanya dalam kepentingan pribadi, tetapi juga kepentingan bisnis. Setiap perusahaan memiliki tujuan dan ruang lingkup manajemen keuangan. Kita akan membahasnya dengan mendetail.

Sebelumnya ABC Kota Raya telah menjelaskan bagaimana melakukan manajemen keuangan pada UMKM. Kali ini kita akan bahas tentang tujuan dan ruang lingkup manajemen keuangan bisnis yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis.

Artikel Terkait : 6 Cara Sederhana Manajemen Keuangan pada UMKM

Sebenarnya apa tujuan dan ruang lingkup manajemen keuangan bisnis. Yuk kita bahas.

Tujuan Manajemen keuangan Bisnis

Ada beberapa tujuan kenapa manajemen keuangan ini penting dilakukan. Sebagian besar bisnis melakukan manajemen keuangan untuk memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki. Selain itu ada tujuan lain, seperti:

Optimasi Keuntungan

Perencanaan keuangan yang baik mampu membantu bisnis dalam mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Anda bisa melakukan perencanaan keuangan untuk memaksimalkan keuntungan, baik itu jangka panjang, dan jangka menengah.

Memantau Keuangan Bisnis

Memantau Tujuan Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan bisnis memiliki tujuan untuk memantau keuangan bisnis dengan baik. Dalam manajemen keuangan akan terlihat aktivitas perusahaan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan sama sekali. Sehingga manajemen keuangan akan bisa melakukan evaluasi.

Efisiensi Keuangan

Kebutuhan bisnis selalu beragam. Dengan adanya manajemen keuangan, bisnis akan lebih mudah melihat bagaimana penggunaan uang yang efektif dan tidak efektif. Sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Jika ada kebutuhan yang benar-benar mendesak, mereka bisa mencoba untuk menunda kebutuhan tersebut.

Menyiapkan Struktur Modal

Struktur modal merupakan perbandingan antara modal dan kewajiban yang telah dikeluarkan dengan modal yang berdasarkan arus kas yang diperoleh. Menyiapkan struktur modal akan membantu bisnis dalam menyeimbangkan sumber dana yang ada untuk operasional dengan memaksimalkan nilai perusahaan itu sendiri.

Menjaga Arus Kas

Manajemen keuangan dalam bisnis juga menjadi salah satu cara untuk menjaga arus kas. Banyak perusahaan gagal akibat tidak memaksimalkan arus kas yang ada. Arus kas sangat penting untuk memantau berapa pemasukan yang diperoleh dan berapa pengeluaran yang dilakukan.

Baca Juga : 5 Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan Untuk Evaluasi Akhir Tahun

Mengurangi Risiko Operasional

Dengan menerapkan tujuan manajemen keuangan bisnis, akan membantu bisnis dalam menghadapi segala risiko yang tidak pasti kapan pun. Manajemen keuangan bisnis akan membantu para pelaku bisnis dalam menganalisis setiap risiko.

Nah itulah beberapa alasan mengapa pelaku bisnis harus mengelola keuangan bisnis. Pengelolalaan keuangan bisnis yang salah, tentu akan mempengaruhi bisnis Anda ke depan. Dengan mengaturnya secara bijak, maka bisnis akan lebih mudah dalam mendapatkan keuntungan dan memaksimalkan asset yang ada.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Pengelolaan keuangan pada bisnis sangat berpengaruh dengan kegiatan operasional bisnis. Bagaimana bisnis mengelola dana yang ada, penggunaan dan pengalokasian uang, serta bagaimana mengelola asset bisnis dengan baik sehingga bisa mencapai visi misi perusahaan.

Penentu Keputusan Investasi

Ruang lingkup dari aktivitas manajemen keuangan salah satunya sebagai bahan untuk penentuan keputusan investasi. Bagaimana aktivitas ini bisa membantu dalam mengevaluasi risiko, biaya modal, dan keuntungan apa yang diperoleh perusahaan.

Selain itu, manajemen keuangan usaha akan membantu menghitung anggaran modal yang akan digunakan bisnis dalam operasional perusahaan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Keputusan Keuangan Perusahaan

Keputusan investasi berkaitan dengan aktivitas pendanaan, asset, dan alokasi dana bisnis. Sedangkan, keputusan keuangan, bagaimana meningkatnya jumlah investasi bisa membantu bisnis dalam mengatur keuangan perusahaan dengan lebih bijak.

Aktivitas manajamen keuangan bisnis akan membantu perusahaan dalam mengalokasikan dana dan struktur keuangan agar perusahaan tidak mengalami kerugian di masa depan. Walaupun rugi, tetapi kerugian tersebut tidaklah besar. Manajemen keuangan harus mampu menyeimbangkan antara asset dan ekuitas agar perusahaan selalu dalam keadaan baik.

Mengatur Pembagian Saham

Pembagian saham

Bagaimana sebuah perusahaan melakukan pembagian saham kepada para pemodal? Tentu semua berdasarkan dengan perhitungan yang dilakukan dalam aktivitas manajamen keuangan. Disini akan terlihat berapa banyak dividen yang bisa dibagikan secara sama rata dengan tidak merugikan perusahaan.

Ruang lingkup manajemen keuangan wajib mengetahui keuangan di masa depan. Seperti apa saja peluang investasi yang bisa dilakukan, ekspansi dan pengembangan bisnis yang bisa dicoba agar bisnis bisa semakin besar.

Pengelolaan Aset

Ruang lingkup manajemen keuangan juga mengatur bagaimana pengelolaan asset dan liabilitas bisnis. Setiap asset milik usaha sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ke depannya. Selain itu, manajemen keuangan juga harus mengatur bagaimana pengelolaan hutang, tagihan, hingga pinjaman yang dilakukan kepada bank. Semua harus dikelola dengan baik dalam manajemen keuangan agar tidak berakibat fatal terhadap keberlangsungan perusahaan ke depannya.

Kesimpulan

Tujuan dan ruang lingkup manajemen keuangan bisnis memang sangat penting keberadaannya untuk menunjang perusahaan agar tidak merugi dan berujung kepada kebangkrutan bisnis. Manajemen keuangan harus mampu menghitung setiap detail secara akurat dan berkala.

Ruang lingkup pengelolaan keuangan yang baik akan membuat bisnis menjadi lebih berkembang dan memiliki kontrol terhadap keuangan dalam bisnis yang baik.

Mengatur tujuan dan ruang lingkup manajemen keuangan bisnis bisa Anda lakukan dengan efisien, efektif, dan akurat jika menggunakan software akuntansi Accurate. Dengan fitur lengkap dan harga sesuai dengan budget UMKM, Accurate menjadi software keuangan yang sangat bisa diandalkan oleh bisnis Anda. Langsung aja coba gunakan Accurate Online untuk 30 hari ke depan Sekarang!

Related posts

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021: Mampukah Indonesia Bangkit?

mimin ABC kotaraya

4 Mitos ‘Sesat’ tentang Software Akuntansi yang Salah Kaprah

Fattah Miyaz

5 Jenis Potongan Slip Gaji yang Perlu Anda Ketahui

Fattah Miyaz

Leave a Comment