ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

4 Cara Menjalin Kemitraan Strategis dengan Bisnis Lain

Ketika Anda ingin meningkatkan skala bisnis, Anda memiliki banyak pilihan. Bisa dengan melakukan pemasaran yang lebih besar. Bisa juga dengan menambah produk atau layanan. Bagaimana bisnis yang Anda bangun bisa memberi lebih banyak keuntungan. Bagaimana caranya? Menjalin kemitraan strategis untuk bisnis bisa menjadi satu pilihannya.

Saat bisnis sedang terpuruk, banyak pebisnis melakukan cara-cara umum demi meningkatkan basis pelanggan mereka. Meskipun Anda tidak melulu harus berkaitan dengan produk dan layanan yang Anda miliki, tetapi Anda bisa menjalin kemitraan strategis dengan bisnis lain.

Sebelum Anda berpikir lebih jauh, menjalin kemitraan strategis bukanlah sesuatu yang mengharuskan Anda melakukan Kerjasama secara formal. Anda bisa melakukan kemitraan secara win to win dengan brand lain tanpa harus melakukan kontrak yang diikat secara resmi. Menjalin hubungan sementara atau berkelanjutan demi memberikan manfaat lebih banyak kepada pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Memenuhi Ekspektasi Pelanggan

Pentingnya Bermitra Dengan Bisnis Lain

Di zaman saat ini, di tengah sengitnya persaingan. Mungkin Anda perlu bermitra dengan bisnis lain yang bisa menunjang bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan selain dengan memperoleh segmen pelanggan baru. Selain itu, dengan berkolaborasi dengan bisnis lain Anda bisa berbagi biaya pemasaran yang besar. Masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Bagaimana Menjalin Kemitraan Bisnis?

Bekerjasama dengan Kompetitor

Mungkin cara satu ini akan banyak tidak disetujui oleh para pelaku bisnis. Tetapi ini menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan pebisnis untuk menumbuhkan bisnis dengan baik. Anda bisa mejalin hubungan baik dengan kompetitor tanpa harus sekedar bersaing di pasar.

Terkadang apa yang dilakukan oleh kompetitor hanya membuat diri Anda merasa gelisah. Hal ini wajar, ketika kompetitor berada lebih baik di depan, sikap cemburu itu pasti akan muncul. Mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba melakukannya secara bersama.

Saat Anda mencoba melakukan segala sesuatu sendirian, tentu itu akan cukup berat. Sebaiknya Anda mengajak pihak lain berkolaborasi untuk berbagi ide bersama. Semua bisa dilakukan dengan cara yang baik dan menguntungkan bersama.

Selain itu, menjalin hubungan dengan kompetitor bisa saling membangun jaringan bersama-sama dan meluaskan pasar. Anda bisa menemukan berbagai cara baru untuk berbagi keuntungan bersama dengan kompetitor tanpa perlu bersaing di pasar.

Bermitra dengan Brand yang Masih Memiliki Basis Pelanggan yang Sama

Menjalin kerjasama dengan bisnis lain
Source: Iso.org

Membangun kemitraan strategis untuk bisnis bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sangat ideal. Anda bisa melakukan hubungan dengan bisnis-bisnis yang masih memiliki masa pelanggan yang sama dengan Anda.

Misal, ketika Anda membuka bisnis retail, Anda bisa menjalin hubungan dengan provider e-wallet. Dimana mereka memiliki jaringan pelanggan yang mungkin sama dengan pelanggan Anda.

Ketika bisnis Anda sedang kesulitan dalam memasuki pasar baru, Anda bisa mencoba untuk mencari bisnis lain yang memiliki massa besar dan masih berkaitan dengan bisnis Anda. Bicarakanlah terobosan baru yang bisa membawa bisnis tumbuh bersama.

Berikan Produk atau Layanan Terbatas

Saat ini berbelanja dengan metode include barang dengan barang atau barang dengan layanan cukup disukai oleh pelanggan. Dalam membangun kemitraan strategis untuk bisnis, Anda bisa menjalin Kerjasama dengan brand lain dengan memberikan produk atau layanan terbatas kepada pelanggan Anda.

Ketika Anda membuat produk atau layanan eksklusif dengan bisnis lain, hubungan ini akan membawa bisnis pada pelanggan yang senang mendapatkan barang dengan harga terjangkau disertai produk atau layanan lain yang bisa dimanfaatkan oleh mereka. Cara seperti ini juga bisa meningkatkan awareness dalam proses yang dilakukan.

Temukan Bisnis yang Memiliki Kekuatan yang Sama

Anda semua pasti mengenal brand retail dari Swedia, IKEA dan Lego. Kedua brand tersebut memiliki pasar masing-masing yang cukup kuat. Meksipun keduanya bisa berdiri sendiri tanpa mendorong tambahan, mereka mampu membentuk Kerjasama.

Apa yang sebenarnya kedua brand tersebut harapkan? Tentu mereka berharap bisa meningkatkan kemampuan dan jangkauan marketing lebih luas. IKEA dan Lego sukses melakukannya, lalu bagaimana dengan bisnis Anda?

Baca Juga: 5 Manfaat Kolaborasi Bisnis yang Membantu Bisnis Lebih Maju

Meskipun bisnis Anda belum besar atau masih berada di kalangan menengah, ketika Anda ingin mencoba bekerjasama dengan brand lain, Anda tetap bisa melakukannya. Tidak ada bisnis yang mampu berdiri sendiri, coba lebih membuka mata Anda untuk menemukan bisnis lain yang mungkin memiliki nilai yang sama dengan Anda. Dengan bekerja secara kolaboratif, Anda bisa meningkatkan perusahaan ke beberapa level yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Membangun kemitraan strategis dengan bisnis lain memiliki keuntungan yang luar biasa. Bukan hanya laba yang akan Anda dapatkan, tetapi Anda bisa memperoleh eksposure lebih luas terhadap pelanggan yang mungkin belum terjangkau. Anda bisa meluangkan waktu untuk mengelola harapan dan tujuan bersama demi menaikan level bisnis.

CTA Accurate Online

Related posts

5 Tren Investasi Setelah Pandemi yang Akan Mendominasi

yani

Ancaman Ekonomi dan Faktor Penyebab Ancaman Di Bidang Ekonomi yang Harus Dihindari

Fattah Miyaz

Bisnisku hancur karena corona dan bagaimana tetap Profit meski kondisi terhimpit covid-19 Corona membuat bisnisku hancur

yani

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi