ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

5 Alasan Kenapa Bisnis Perlu Dipantau?

Pernah tidak Anda sudah lama tidak memantau bisnis Anda? Anda mempercayakan kepada orang kepercayaan di perusahaan, sehingga Anda tidak perlu lagi memantau bisnis dan datang setiap hari ke perusahaan. Mungkin mindset ini harus Anda rubah. Kenapa bisnis perlu dipantau? Tentu untuk melihat bagaimana perkembangan.

Meskipun Anda tidak perlu melihat secara mendetail, setidaknya Anda perlu melihat perkembangan bisnis sesuai atau tidak pada apa yang Anda inginkan. Sebab, bisnis yang Anda jalankan tentunya dibawa sesuai dengan visi misi pada awal Anda mendirikan. Mungkin banyak karyawan yang tidak memahaminya, sebaiknya Anda juga harus sering-sering mengontrol bisnis, agar Anda bisa melihat detailnya.

Ada berbagai Teknik yang bisa Anda lakukan untuk memantau progress bisnis, seperti :

  • Memantau melalui laporan keuangan
  • Melihat proses operasional sudah sesuai atau tidak
  • Melihat laporan dari berbagai divisi

Meskipun semua itu bisa Anda lakukan dengan berbagai software bisnis yang sangat mudah Anda temukan di pasar saat ini. Seperti menggunakan Software Bisnis Accurate Online untuk memantau kinerja bisnis dari sisi keuangan. Namun, setidaknya Anda tetap harus memantau bisnis Anda secara rutin. Bisa dengan mengajak diskusi semua Manager, Direksi, dan setiap orang yang bertanggung jawab.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Bisnis yang Tak Pernah Terpikirkan

Mengapa Harus Memantau Bisnis?

Ada beragam alasan yang bisa ditemukan, kenapa Anda harus memantau bisnis Anda dengan seksama dan sesuai dengan ekpektasi Anda sebagai pemilik. Selain itu, alasan-alasan berikut ini bisa menjadi dasar Anda untuk melakukan monitoring perusahaan:

Melacak Kinerja Bisnis

Memantau bisnis dengan teknologi kekinian
Source: Dreamstime.com

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat memantau bisnis dengan melihat kinerja perusahaan secara mendetail. Bertanya kepada pihak-pihak yang bertanggungjawab mengenai kinerja selama ini. Apa yang telah mereka lakukan, apa yang belum, dan apa yang gagal terlaksana.

Jika Anda tidak berdiskusi langsung kepada mereka, tentu akan sangat sulit dalam melihat pencapaian bisnis Anda selama ini. Pastinya Anda selalu ingin bisnis Anda berada dalam pertumbuhan seperti yang Anda inginkan, meskipun semua tidak mudah untuk Anda lakukan.

Membantu Memberikan Keputusan

Para Direksi, Manager, dan staff lainnya mungkin tidak ingin mengambil keputusan tanpa Anda. Kehadiran Anda di perusahaan sangat diperlukan untuk melihat bagaimana kondisi perusahaan saat ini. Apakah ada kondisi penting yang perlu Anda putuskan saat ini juga atau kondisi-kondisi lain yang perlu Anda putuskan untuk perusahaan.

Bisa saja para staff menunggu Anda hadir untuk menyampaikan apa yang telah terjadi selama Anda meninggalkan perusahaan. Dengan kehadiran Anda mereka akan bisa mengikuti Anda mengenai keputusan yang mungkin Anda ambil. Cara ini tentu akan sangat efektif, dibandingkan Anda tidak pernah hadir di perusahaan.

Baca Juga: Cara Memecahkan Masalah Apapun Dalam Bisnis

Minimalisir Kesalahan

Alasan kenapa bisnis perlu dipantau adalah untuk menghindari berbagai kesalahan yang mungkin saja terjadi. Untuk itu, Anda harus melihat secara langsung apa saja yang telah Anda lakukan dan apa saja yang belum dilakukan. Anda harus melihat secara langsung untuk meminalisir setiap kesalahan.

Misal dari segi quality control produk, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan. Bagaimana karyawan menjawab keluhan kepada konsumen, hingga cara-cara yang diterapkan karyawan apakah sudah efektif atau belum.

Kegagalan atau kesalahan kecil, mungkin tidak pernah diadukan kepada Anda. Sehingga Anda sangat perlu untuk melihat dan memantaunya sendiri. Apakah semua sudah sesuai dengan ekpektasi atau belum. Jika ada hal yang tidak sesuai dengan harapan, Anda bisa coba mengkoreksi berbagai kesalahan tersebut.

Transparansi

Bisnis dilakukan secara transparansi. Mungkin Anda menjalankan bisnis berdasarkan apa yang diinginkan oleh investor. Sebagai pucuk pimpinan bisnis, Anda harus melihat apakah semua data yang disajikan, apa yang telah dilakukan sudah sesuai dengan harapan Anda maupun harapan investor itu sendiri. Jangan sampai semua tidak transparansi karena beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, kenapa bisnis perlu dipantau untuk melihat setiap pencapaian ini menjadi lebih baik dan lebih besar lagi ke depannya. Pastikan semuanya bisa berjalan dengan baik dan setiap harapan selama ini dari bisnis bisa terwujud.

Motivasi

Kehadiran pimpinan dalam bisnis bukan hanya sesuatu yang dilakukan untuk sekedar melihat kinerja bisnis saja. Melainkan Anda juga perlu menjadi seorang motivator bagi para karyawan. Bisa saja, kehadiran Anda menjadi motivasi para karyawan dalam bekerja.

Jika kehadiran Anda selalu membawa perubahan positif bagi setiap karyawan, hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan di masa depan. Sehingga Anda selalu perlu memberikan wejangan kepada karyawan Anda. Bagaimanapun, para karyawan akan termotivasi ketika mereka melihat pimpinan mereka melakukan hal-hal luar biasa.

Mungkin itu beberapa alasan kenapa bisnis perlu dipantau oleh Anda. Jangan sungkan untuk mengambik keputusan penting dalam perusahaan untuk menjawab perubahan zaman yang begitu cepat. Pastikan kontrol bisnis tetap ketat dan tetap dilakukan dengan baik. Dengan begitu, bisnis Anda akan mampu terus tumbuh dan berkembang sesuai visi misi perusahaan.

Related posts

6 Cara Membangun Brand image Agar Selalu Melekat Di Pikiran Konsumen

mimin ABC kotaraya

Quick Setup di Accurate Online

Efi Nofitri

9 Trik Sukses Bisnis Makanan Online Rumahan Jadi Laris

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment