ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

5 Pengusaha Sukses Inspiratif asal Indonesia

Memulai petualangan menjadi seorang wirausaha tentu akan banyak rintangan dan tantangan. Menjadi pengusaha sukses tidak akan diperoleh dalam waktu singkat. Semua perlu proses untuk mencurahkan segala kemampuan dalam bisnis. Tidak ada hasil yang instan, semua dilakukan secara bertahap. Jika Anda perlu cerita inspiratif membangun bisnis, kalian bisa membaca kisah singkat pengusaha sukses Inspiratif berikut ini.

Deretan Pengusaha Sukses Inspiratif Di Indonesia

Susi Pudjiastuti

Sosok Susi Pudjiastuti merupakan sosok yang cukup inspiratif di Indonesia. Setelah diangkat menjadi Menteri oleh Presiden Joko Widodo, Namanya semakin cemerlang. Susi Pudjiastuti dikenal sebagai salah satu Womenpreneur inspiratif. Dengan hanya lulusan SMP, tetapi Susi mampu menjadi pengusaha sukses inspiratif dengan memiliki karyawan berkenegaraan asing yang cukup banyak di bisnisnya.

Wanita kelahiran 1965 ini menjadi Wanita di Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnis maskapai sendiri. Meskipun hingga saat ini maskapai yang dirintis hanya melayani rute-rute perintis, tetapi itu menjadikannya perusahaan yang cukup berkembang di Indonesia.

Baca Juga: Deretan Perusahaan Multinasional asal Indonesia

Sebelum membangun bisnis maskapai, Susi sudah memiliki bisnis di bidang perikanan. Dari perikanan inilah Susi mengembangkan bisnis maskapai.

Modal awal Susi dari bisnis maskapai dimulai dengan melakukan pinjaman uang di Bank. Meskipun banyak pihak perbankan awalnya menolak, tetapi setelah Susi memberikan penjelasan yang mengajukan proposal dengan baik, pihak bank akhirnya memberikan pinjaman tersebut.

Chairul Tanjung

Meskipun perusahaan yang dibangun telah dikenal oleh masyarakat luas dan menjadikan dirinya berada di posisi kelima orang terkaya di Indonesia. Dibalik itu semua, Chairul Tanjung bukanlah berasal dari keluarga besar. Ayahnya sempat menjadi pengusaha yang mengalami kebangkrutan.

Dari sini, membuat Chairul Tanjung terus bersemangat dalam bersekolah. Bahkan untuk memenuhi uang jajannya, Chairul Tanjung sudah mencari uang sendiri saat sekolah. Dia sempat menjadi tukang fotocopy, jual beli mobil, dan usaha lainnya.

Selepas kuliah, Chairul Tanjung mencoba peruntukan untuk memulai bisnis sendiri, yakni dengan menjual alat-alat kedokteran dan laboratorium kesehatan. Memiliki pendidikan Dokter Gigi, membuat dirinya yakin mendirikan bisnis tersebut. Diluar prediksinya, bisnis itu gagal.

Setelah itu dia mendirikan perusahaan sepatu anak Bersama 3 orang teman-temannya. Dari situlah ia terus membangun bisnis, hingga saat ini telah memiliki CT Corp. Perusahaan besar yang ada di dalamnya termasuk Trans Group, Bank Mega, Transmart, dan Trans Studio beserta bisnis lainnya.

Bob Sadino

Bob Sadino, seorang pengusaha sukses inspiratif dengan gaya nyentrik yang sering menggunakan celana pendek disetiap aktivitasnya. Hingga pergi ke kantor pun ia tetap dengan gaya sederhana tersebut. Dibalik kesuksesannya, banyak yang tidak tahu bahwa dirinya memulai dari bawah.

Om Bob sapaan akrabnya, pernah menjadi kuli bangunan. Meskipun sempat jadi karyawan, Om Bob lebih memilih mengundurkan diri dan berjuang untuk menjadi seorang pengusaha. Berawal dari menjual ayam dan telur, dari situlah awal kesuksesan Om Bob dimulai.

Berjualan secara door to door di bilangan Kemang Jakarta, hingga berhasil dan membangun Supermarket hasil pertanian dan peternakan dengan nama Kemcik. Meskipun sudah cukup sukses Om Bob tetap tampil sederhana loh.

Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau, pengusaha sukses inspiratif
Source: Instagram

Nama Sunny mungkin tidak seterkenal 3 orang diatas. Tetapi produk buatan Sunny cukup dikenal oleh masyarakat negeri Sakura loh. Bahkan tas buatan Sunny sangat disukai oleh kaum sosialita Jepang. Apakah Anda mengenal brand tas tersebut? Nama brand tas itu adalah Robita.

Apakah Anda pernah mendengarnya? Robita adalah salah satu brand tas kulit yang di Nakhodai oleh Sunny Kamengmau asal Nusa Tenggara Timur (NTT). Meskipun hanya tamatan SMP, tetapi jiwa bisnis muncul saat dia bekerja di salah satu Hotel di Bali.

Memulai karir sebagai tukang kebun hingga menjadi seorang Kepala Keamanan. Kegigihan dalam mempelajari Bahasa asing dan mudah bergaul membuat Sunny Kamengmau bertemu dengan seorang pengusaha asal Jepang, Nobuyuki Kakizaki.

Dari sinilah ia akhirnya memulai bisnis tas handmade Bersama Nobuyuki. Menurut Nobuyuki, barang-barang handmade lebih disukai oleh masyarakat Jepang dibandingkan barang-barang buatan pabrik.

Persahabatannya dengan Nobuyuki Kakizaki membuat Sunny terus mempelajari cara melihat peluang pasar orang-orang Jepang. Hingga ia mempelajari proses pengiriman barang ke Jepang. Dari situ kini Robita menjadi tas idaman wanita Jepang.

Ahmad Sahroni

Nama Ahmad Sahroni saat ini dikenal dengan sebutan Crazy Rich Tanjung Priok. Sebab, dia adalah sosok pengusaha kaya yang tinggal di Kawasan Tanjung Priok. Siapa sangka, Ahmad Sahroni dahulunya adala seorang sopir pribadi.

Sejak kecil Ahmad Sahroni telah berjuang untuk mendapatkan uang. Pernah menjadi tukang semir sepatu, ojek payung, dan berdagang es. Sebagian penghasilannya ia berikan kepada kedua orang tua untuk memenuhi kehidupan harian mereka.

Baca Juga: Keren! 6 Perusahaan Besar Asal Indonesia Masuk Forbes Global 2000

Saat dewasa, segala jenis pekerjaan kasar pernah dia emban. Karena kerja kerasnya, mantan bos nya memberi ia kesempatan untuk menjadi pegawai tetap di perusahaan milik sang bos. Perusahaan tersebut bergerak di pengisian bahan bakar kapal. Karena kegigihannya, membuat Ahmad Sahroni dipercaya untuk menjadi Direktur di PT Millenium Inti Sentosa. Merasa memiliki pengalaman yang cukup, akhirnya ia pun mengundurkan diri dan membangun perusahaan sendiri di bidang perkapalan dan suplai BBM ke kapal.

Penutup

Buat kalian yang ingin menjadi pengusaha sukses dan inspiratif, kalian tidak perlu takut akan latar belakang. Kelima sosok diatas telah menunjukan meskipun bukan dari keluarga papan atas, mereka tetap bisa menjadi orang papan atas dengan kerja keras sendiri. Selalu yakin untuk bisa berhasil.

 

Related posts

7 Cara Simpel Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik bagi Pengusaha

mimin ABC kotaraya

Menjaga Semangat Tim, Ketika Harus Bekerja Di Akhir Tahun

Fattah Miyaz

5 Tanda Bahwa Anda Tidak Peduli Diri Sendiri

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment