ABCkotaraya.id
Image default
Life Style

5 Tanda Bahwa Anda Tidak Peduli Diri Sendiri

Kebanyakan dari kita lebih memperhatikan orang lain, namun lupa memperhatikan diri sendiri. Kita selalu menuntut agar orang lain memperhatikan diri kita, tetapi tidak mampu memperhatikan diri sendiri. Bahkan tak sedikit orang yang juga tidak mencintai diri mereka. Apakah Anda orang yang seperti itu? Berikut beberapa tanda kalau Anda sebenarnya tidak peduli diri sendiri.

Ketidakpedulian terhadap diri sendiri membuat Anda ragu terhadap pencapaian diri. Begitu juga dalam dunia bisnis, keraguan itu muncul saat melihat orang lain lebih unggul dibandingkan Anda. Sebenarnya hal seperti ini wajar, tapi bagaimana sebaiknya kita bersikap terhadap orang lain. Jika hal ini terjadi dengan Anda, artinya Anda adalah orang yang egois terhadap diri sendiri.

Baca Juga: 5 Ciri Anda Berada dalam Lingkungan Pertemanan yang Sehat

Sinyal Bahwa Anda Tidak Peduli Diri Sendiri

Tidak Mau Istirahat

Salah satu ciri sederhana bahwa Anda egois dengan diri Anda, Anda tidak mau istirahat ketika memang sudah waktunya. Beralasan pekerjaan harus diselesaikan sebelum istirahat. Tentunya kondisi ini adalah tanda bahwa Anda tidak mau memberikan jeda kepada diri sendiri.

Meskipun sudah merasa lelah, karena kita terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga lupa terhadap diri sendiri. Seperti enggan makan sebelum pekerjaan selesai, padahal perut sudah lapar. Memaksa diri hingga benar-benar lelah baru beristirahat. Hilangkan sifat ini agar Anda lebih peduli terhadap diri sendiri.

Penampilan

Kurang memperhatikan Penampilan menjadi ciri Anda Tidak Mencintai Diri
Source: Okezone.com

Ciri selanjutnya yang menandakan Anda orang yang tidak mampu menghargai diri sendiri adalah penampilan. Penampilan adalah hal yang pertama kali orang lain melihat. Orang lain akan menilai Anda saat first impression. Jadi, pastikan Anda memiliki penampilan yang baik.

Padahal penampilan yang bersih dan rapi sangat mengutungkan diri kita sendiri. Apa lagi bagi seorang pebisnis yang selalu bertemu dengan klien maupun partner bisnis. Ketika memiliki penampilan menarik orang lain pun akan nyaman berada di dekat kita.

Jika Anda adalah orang yang tidak peduli terhadap penampilan, sekarang rubah mindset Anda untuk menjadi orang yang peduli terhadap penampilan. Rapi dan bersih bukan berarti harus membeli barang-barang bermerek dan mahal.

Tidak Mampu Menerima Kekurangan Diri

Kekurangan diri merupakan hal wajar. Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang memiliki kekurangan masing-masing. Bahkan banyak orang yang minder terhadap orang lain karena tidak mampu seperti orang tersebut. Sebaiknya Anda tidak berpikir seperti itu.

Salah satu bentuk tidak peduli diri sendiri adalah selalu ingin tampak sempurna. Daripada Anda hanya fokus pada kekurangan diri, sebaiknya Anda menemukan kelebihan. Selalu menggali potensi yang ada. Coba tanyakan apa kelebihan Anda. Itu bisa menjadi modal bagi Anda untuk berpikir lebih maju dan lebih peduli terhadap diri sendiri.

Enggan Investasi Diri

Investasi bukan sekedar membeli aset, emas, saham, dan properti. Anda juga bisa lebih fokus untuk menginvestasikan diri Anda. Bisa saja kekurangan yang ada dalam diri Anda merupakan keengganan Anda untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Melakukan investasi diri bisa Anda mulai dengan membaca buku, ikut berbagai seminar pengembangan diri atau pengembangan skill, hingga memperbanyak belajar hal-hal baru yang memang ingin Anda kuasai kedepannya. Jangan sampai Anda enggan menghabiskan uang untuk pengembangan diri Anda sendiri.

Baca Juga: 7 Hal Kecil yang Membuat Kamu Semakin Bersyukur dalam Hidup

Pengembangan diri juga berkaitan dengan tetap menjaga Kesehatan dalam diri sendiri. Olahraga bukan harus Gym dengan biaya bulanan yang besar. Anda hanya perlu menyisihkan diri hanya untuk sekedar lari atau senam di depan rumah saja. Hal itu bisa menjadi modal Anda untuk investasi diri dalam Kesehatan.

Selalu Membandingkan

Selalu membandingkan diri dengan orang lain menjadi tanda Anda tidak peduli dengan diri sendiri
Source: Medium.com

Salah satu tanda bahwa Anda bukanlah orang yang peduli dengan diri sendiri, Anda selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain yang ada diatas Anda. Jika Anda merupakan orang yang tidak senang ketika orang lain mendapat kenikmatan, artinya Anda orang yang suka membandingkan diri dengan orang lain.

Jika Anda ingin membandingkan diri dengan orang lain, pastikan Anda membandingkan dari sisi positif. Bukan sekedar membandingkan dengan materi yang telah orang lain dapatkan saja. Cara ini menjadi bentuk bahwa Anda sebenarnya iri dengan orang lain. Sifat iri hanya akan membuat Anda semakin terperosok.

Nah demikianlah beberapa tanda bahwa Anda tidak peduli dengan diri sendiri. Kini, selagi masih ada banyak waktu. Anda harus terus belajar untuk peduli sama diri Anda sendiri. Bagaimanapun diri Anda adalah tanggung jawab Anda. Apa yang kita lakukan saat ini akan menjadi penentu di masa depan.

Related posts

Ketahui Beda Motivasi dan Inspirasi

mimin ABC kotaraya

Hal-hal Kecil Yang Berpengaruh Besar Dalam Hidup

Safina

7 Hal Kecil yang Membuat Kamu Semakin Bersyukur dalam Hidup

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi