ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

5 Manfaat Marketing Campaign untuk UMKM

Membuat marketing campaign bagi bisnis memang bukan perkara mudah. Banyak pelaku bisnis yang gagal membangun kampanye pemasaran. Keberadaan marketing campaign dapat membantu bisnis lebih dikenal luas bahkan menjadi viral di jagat maya. Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat diperlukan promosi awal agar brand dikenal luas. Tetapi bagaimana cara marketing campaign untuk UMKM yang mudah dilakukan dan tentunya hemat budget? Simak penjelasannya.

Apa Itu Marketing Campaign?

Pada dasarnya marketing campaign merupakan metode untuk mempromosikan bisnis. Cara ini dilakukan demi menjangkau konsumen lebih luas lagi. Metode marketing menggunakan berbagai channel untuk mempengaruhi persepsi konsumen untuk mendorong calon konsumen membeli produk.

Marketing campaign biasanya dikemas dalam berbagai cara yang kreatif dengan melibatkan banyak media. Media yang digunakan bisa media konvensional maupun media online. Marketing campaign merupakan aktivitas yang berlapis-lapis. Terdiri dari berbagai elemen, baik itu desain, landing page, website pembelian, dan bagaimana konsumen membeli produk.

Baca Juga: Digital Marketing untuk UMKM, Apakah Perlu?

Manfaat Marketing Campaign

Manfaat Marketing campaign untuk UMKM
Source: Thebogotapost.com

Tentunya ada banyak manfaat dari marketing campaign. Ini akan sangat berpengaruh besar terhadap kondisi bisnis kedepannya. Meskipun hasil yang didapatkan akan bervariasi berdasarkan dari mana yang lebih baik kita lakukan. Ada beberapa manfaat dari marketing campaign itu sendiri.

Membangun Brand Awareness

Saat Anda melakukan marketing campaign untuk UMKM Anda, orang-orang akan semakin akrab dengan perusahaan atau produk Anda. Tidak peduli media apa yang Anda gunakan dalam proses menyampaikan iklan Anda kepada audiens.

Ketika kampanye tersebut berhasil, orang-orang yang membeli produk Anda mungkin saja akan menyarankan kepada orang-orang sekitar mereka untuk membeli produk Anda. Sehingga hal ini akan meningkatkan brand Anda lebih luas lagi.

Anggaran Tidak Terlalu Besar

Ketika Anda memiliki anggaran yang terbatas, Anda bisa melakukan kampanye di media digital. Anda bisa mengatur berapa biaya yang ingin Anda keluarkan untuk membuat iklan digital. Namun, pastikan Anda sudah memiliki aset digital terlebih dahulu untuk menjaga biaya marketing yang rendah.

Kampanye digital bisa menyasar beberapa channel sekaligus. Seperti mesin pencari, website, hingga Youtube maupun sosial media bisa Anda lakukan. Bahkan Anda bisa menduplikasi beberapa konten di setiap iklan yang ada. Anda cukup membayar ketika ada yang klik iklan Anda.

Menghasilkan Leads

Saat Anda sudah membangun brand awareness dan memasang iklan. Kini, Anda sudah saatnya mendapatkan hasilnya meskipun di awal tidak begitu banyak. Tetapi hal itu menjadi pembuka bahwa bisnis Anda sudah dikenal orang.

Meskipun banyak orang yang belum membeli, tetapi mereka sudah mengisi data, audiens tersebut bisa menjadi konsumen potensial yang Anda miliki di masa depan. Karena mereka sudah tertarik dengan brand Anda. Cukup melakukan beberapa aktivitas untuk memudahkan Anda menjadikan mereka sebagai konsumen.

Anda cukup memberikan informasi-informasi yang lengkap mengenai produk Anda. Berikan pilihan terbaik kepada para calon pelanggan Anda agar mereka mau membeli produk yang Anda jual. Buatlah konten yang menarik, mulai dari email marketing, foto-foto mengenai produk, hingga video produk yang memudahkan memberikan kejelasan kepada calon pelanggan.

Baca Juga: Mempelajari Product Marketing dan Keberhasilan Penerapan Dalam Bisnis

Sales

Data leads yang Anda dapatkan dari proses marketing campaign bisnis, bisa menjadi prospek potensial. Kini harus Anda maksimalkan untuk merubah leads menjadi sales. Caranya dengan mengajak mereka untuk membeli produk yang Anda miliki. Jangan sia-siakan potensi ini untuk Anda lakukan.

Jika ada channel yang belum mendapatkan hasil, coba untuk memperbaiki saluran komunikasi yang digunakan. Barangkali hal tersebut menjadi pemicu Anda tidak mendapatkan pelanggan dari channel tersebut. Selalu evaluasi setiap channel yang Anda gunakan.

Loyalitas

Manfaat marketing campaign untuk UMKM yang terakhir, jika Anda telah berhasil membawa konsumen dari sekedar mengisi data menjadi membeli, lalu konsumen tersebut menjadi konsumen loyal bahkan mereka melakukan advokasi brand menunjukan bahwa marketing campaign Anda telah berhasil.

Jika konsumen tidak melakukan pembelian ulang, mungkin ada yang salah dari proses kampanye pemasaran yang dilakukan. Anda wajib segera melakukan evaluasi untuk memperbaiki konsep pemasaran yang dilakukan bisnis.

Melakukan marketing campaign memang menjadi suatu keharusan di zaman serba mudah seperti sekarang. Anda bisa melakukan berbagai campaign marketing yang akan membawa bisnis Anda pada perubahan yang besar. Maksimalkan bisnis Anda untuk selalu mudah dijangkau konsumen.

Related posts

Mau Mulai Bisnis Distributor? Ketahui Tipsnya!

mimin ABC kotaraya

Peran Influencer dalam mengembangkan bisnis

Annisa

Pengertian,­­ Jenis-Jenis dan Penerapan Exit Strategy Pada Bisnis Kecil

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment