Istilah product marketing mungkin menyasar pada satu profesi dalam sebuah perusahaan. Bagi seorang pebisnis, product marketing merupakan sebuah skill yang harus dikuasai. Marketing masih menjadi ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, para pelaku bisnis harus mempelajari product marketing untuk bisa menghasilkan produk atau jasa yang memang tepat sasaran.
Product marketing dapat dikatakan sebagai kunci pemasaran, kuncinya pengembangan produk, penjualan, dan customer relation management. Ketiga hal tersebut sangat berkaitan erat pada marketing. Kira-kira, pilar apa saja yang harus dilakukan para pengusaha dalam mempelajari product marketing untuk kesuksesan bisnis? Baca sampai tuntas artikel ini.
Product Marketing Adalah
Sebelum membahas lebih jauh, kita akan mempelajari terlebih dahulu apa itu product marketing. Product marketing adalah proses pemahaman dan pemasaran kepada pelanggan dan memposisikan bisnis untuk mampu menjual produk dan jasa kepada pelanggan potensial.
Product marketing adalah sebuah jabatan yang berhubungan langsung dengan produk, pemasaran, dan penjualan. Bagi pelaku bisnis, sebagai pemilik bisnis Anda juga sebagai product marketing.
Bagian produk akan lebih fokus pada pengembangan produk, bagian pemasaran untuk membangun market lebih luas, dan penjualan untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.
Kalau mengutip dari drift.com, product marketing tidak memiliki definisi pasti. Hal ini disebabkan oleh setiap perusahaan memiliki pengertian masing-masing terhadap product marketing. Ada yang fokus pada positioning. Di perusahaan lain fokus pada penjualan dan di perusahaan lainnya product marketing memiliki tugas keduanya.
Tanggung Jawab Product Marketing
Masih mengutip dari Drift.com, ada dua tanggung jawab product marketing dalam sebuah bisnis. Tentu tugas ini bukanlah tugas mudah, sekalipun Anda seorang pebisnis yang sudah berpengalaman, karena marketing bersifat fleksibel. Apa saja tanggung jawab product marketing?
Tanggung jawab product marketing dibagi menjadi dua. Pertama, tanggung jawab sebelum produk atau jasa diluncurkan. Yakni bagaimana melakukan positioning, penyampaian pesan, mendapatkan feedback, dan berbagai strategi untuk memasuki pasar.
Tampaknya definisi ini juga lebih cocok untuk mendapatkan secara jelas mengenai tugas dan peran dari product marketing dalam bisnis. Bagi pemilik bisnis, Andalah creator product marketing itu.
Pilar Utama Mempelajari Product Marketing
Menjalankan product marketing berarti melakukan sesuatu yang harus bisa diterapkan dalam bisnis, sehingga pemasaran dapat dilakukan secara optimal dan sesuai dengan apa yang direncanakan.
Riset Pasar
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pilar pertama product marketing sebelum produk terbit ke pasar adalah dengan melakukan riset pemasaran. Pasalnya, tanpa melakukan riset yang mendalam, tentu akan sangat sulit dalam menentukan segmen pasar mana yang dituju, bagaimana mendekati mereka, dan lainnya.
Riset pasar merupakan tujuan dalam menentukan siapa calon konsumen yang akan Anda tuju. Dan siapa yang akan menggunakan produk Anda.
Menentukan Spesifik Potensial Pasar
Hasil dari riset pasar yang telah dilakukan, product marketing akan menentukan spesifik potensial pasar yang tepat. Anda tidak bisa menyasar seluruh segmen masyarakat untuk menawarkan produk Anda. Langkah ini menjadi langkah penting dalam menentukan potensial konsumen yang akan Anda dapatkan.
Tentukan Buyer Persona
Buyer persona adalah representasi dari tipikal target konsumen yang ingin Anda sasar berdasarkan apa yang telah Anda dapatkan dari riset pasar. Inti dari buyer persona adalah mendefinisikan profil pelanggan sesuai dengan apa yang memang Anda incar.
Karena buyer persona bagaimana Anda membentuk target konsumen. Apa saja yang akan Anda sampaikan, hingga bagaimana Anda menyampaikan pesan kepada konsumen Anda. Langkah ini sangat membantu Anda dalam menyampaikan value bisnis kepada pelanggan.
Seorang product marketing harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan dan pasar agar mampu memastikan:
- Produk diterima oleh konsumen yang tepat
- Tim pemasaran dan penjualan sangat memahami produk (product knowledge)
- Produk benar-benar memuaskan konsumen target
- Selalu relevan dengan perkembangan pasar dan teknologi.
Keberhasilan Mempelajari Product Marketing
Anda tentu ingin mengetahui apa yang menjadi keberhasilan dari mempelajari product marketing untuk brand Anda. Ada beberapa indikator yang bisa menjadi penilaian penting bahwa product marketing Anda berjalan sesuai dengan rencana.
Kepuasan Pelanggan
Sinyal dari kesuksesan bahwa penerapan product marketing Anda tepat sasaran adalah kepuasan terhadap produk dan layanan yang Anda tawarkan. Kepuasan ini bisa diukur bagaimana konsumen merasakan dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan ketika mereka menggunakan produk Anda.
Customer Retention
Kesuksesan dalam memahami product marketing adalah customer retention. Customer retention adalah bagaimana mempertahankan pelanggan lama untuk tetap membeli atau menggunakan kembali produk dan layanan yang kita miliki.
Sering sekali para pebisnis mengabaikan hal ini, padahal customer retention cukup penting untuk keberlangsungan bisnis di masa depan. Jangan sampai Anda sekedar mencari konsumen baru hingga melupakan konsumen lama.
Pertumbuhan
Keberhasilan terakhir dari product marketing yang sukses adalah pertumbuhan bisnis yang selalu terjadi. Hal ini sangat berpengaruh terhadap jumlah pelanggan dan keuntungan yang diperoleh. Jika jumlah pelanggan selalu bertambah setiap bulan dan tahun, menunjukan keberhasilan dalam penerapan strategi marketing. Apabila terjadi sebaliknya, tentunya Anda harus melakukan evaluasi dengan strategi yang telah dijalankan.
Penutup
Kini, product marketing menjadi sangat penting dalam industri apapun. Terlebih ditengah persaingan yang cukup kompetitif saat ini. Marketing merupakan sesuatu yang dinamis, selalu berubah mengikuti zaman. Strategi marketing harus selalu ditentukan dengan mengikuti zaman demi mencapai kesuksesan. Para product marketing harus selalu mengikutin tren dan juga perilaku konsumen.
Inti dari product marketing adalah memahami pasar dan pelanggan dengan tepat, berfokus pada pelanggan, dan memberikan solusi terbaik untuk pelanggan.
Selain mempelajari product marketing, setiap pebisnis juga harus mampu menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik. Manfaatkan software akuntansi Accurate Online untuk pengelolalan keuangan bisnis dengan tepat dan akurat. Coba Accurate Online gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.
Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!