ABCkotaraya.id
Manajemen

Penerapan Remote Working Pada Perusahaan agar Efektif

Promo Accurate Online

Istilah kerja remote working semakin gencar digaungkan dan didengarkan, hingga banyak dilakukan oleh banyak pekerja yang pekerjaannya mungkin bisa dilakukan secara remote. Remote working memang memberikan kemudahan bagi para pekerja, bahkan banyak perusahaan yang melakukannya untuk melakukan efisiensi. Bagaimana penerapan remote working?

Pengertian Remote Working

Remote working adalah pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh, dimana saja tanpa perlu ke kantor. Biasanya para pekerja remote melakukan pekerjaan dengan melakukannya di rumah, café, coworking space, atau kedai kopi.

Istilah remote working semakin terdengar ketika terjadinya pandemi Covid-19. Meskipun beberapa perusahaan telah menjalankan sistem remote kepada karyawan dalam bekerja. Para pekerja memanfaatkan internet dan tools sebagai bentuk laporan pekerjaan yang mereka lakukan. Tools-nya yang banyak digunakan seperti Google Docs, dan Sheet, Trello, serta tools lainnya yang bisa menopang kerja mereka.

Baca Juga: Membangun Budaya Perusahaan Saat Jarak Jauh

Manfaat Remote Working

Bagi Karyawan

Penerapan Remote Working memiliki banyak manfaat untuk pekerja dan juga perusahaan. Para pekerja yang melakukan pekerjaan remote merasa lebih nyaman karena mampu mencapai work life balance. Bahkan banyak mengatakan remote working mampu meningkatkan Kesehatan mental para karyawan.

Manfaat lain dari penerapan remote working, para pekerja akan lebih mudah dalam mengurus hal lain di rumah. Karena mereka memiliki lebih banyak waktu berada di rumah. Biasanya para pekerja, akan pergi ke kantor dan menghabiskan waktu 1-3 jam untuk perjalanan pergi atau pulang saja. Jika mereka bekerja secara remote atau saat di rumah, sebelum dan sesudah jam kantor mereka bisa mengerjakan pekerjaan rumah terlebih dahulu.

Pelaku Usaha

Bagi pelaku usaha, remote working tentu mampu melakukan efisiensi di kantor. Seperti penggunaan listrik dan air di kantor bisa berkurang. Belum lagi, jika pekerja biasanya mendapatkan biaya transport dan makan, perusahaan bisa menghemat, karena tidak perlu mengeluarkan dana tersebut.

Tantangan Remote Working

Di Indonesia masih ada banyak tantangan dalam melakukan remote working. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian kembali antara pekerja dan perusahaan sehingga tidak mengalami distraksi dalam bekerja jarak jauh. Apa saja tantangan dalam melakukan pekerjaan jarak jauh?

Koneksi Internet

Tantangan pertama dan sering terjadi saat melakukan pekerjaan jarak jauh adalah koneksi internet. Umumnya koneksi internet antara di rumah dan di kantor berbeda, sehingga sering sekali koneksi internet yang ada di rumah atau tempat lain di luar kantor tidak memadai.

Alhasil jika koneksi internet terkendala akan mempengaruhi kinerja dari karyawan, bahkan jika ada report yang perlu di kirimkan, akan menemukan kendala dan perlu menunggu internet yang lebih stabil.

Distraksi

Satu hal yang cukup sulit dihindari para pekerja dalam menjalankan aktivitas reote working adalah gangguan yang agak sulit diawasi. Seperti melakukan pengecekan media sosial, menonton video hiburan, hingga harus menemani anak.

Hal-hal diatas menjadi alasan yang membuat banyak pekerja menunda pekerjaan mereka. Untuk itu, pastikan saat Anda melakukan pekerjaan jarak jauh, Anda perlu memiliki jadwal rutin atau timeline dalam bekerja. Boleh sekali-kali mengecek sosial media, tetapi tidak perlu sesering mungkin.

Kurang Sosialisasi

Hal lain yang menjadi tantangan para pekerja dari bekerja remote adalah kurang bersosialisasi dengan rekan kerja. Kita sepakat, bahwa menjalin komunikasi dengan rekan kerja adalah hal penting dalam bekerja.  Dan cara tersebut membuat lebih mudah dalam setiap koordinasi.

Baca Juga: Memahami Pengertian Ergonomi dan Penerapannya

Jenis Pekerjaan yang bisa melakukan Remote Working

Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan secara remote, hanya beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan remote dan ini juga akan menunjang pekerjaan para pekerja. Adapun list pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote :

  • Jurnalis
  • Editor
  • Content Writer
  • Programmer
  • Graphic Designer
  • Web Development
  • Digital Marketing
  • UI/UX
  • Accountant (Jika sudah menggunakan software akuntansi online)
  • Customer Service Online

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai penerapan remote working. Meskipun remote working telah digaungkan oleh beberapa perusahaan, tetapi tidak semua jenis pekerjaan bisa melakukannya. Jika perusahaan ingin melakukan penerapan remote working kepada karyawan, pastikan memang pekerjaan karyawan tersebut bisa dilakukan secara remote.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tools yang digunakan untuk pekerjaan secara remote. Sehingga bisa memudahkan dalam koordinasi. Seperti akuntan yang ingin melakukan pekerjaan remote, pastikan mereka telah diberikan tools yang mumpuni, seperti software akuntansi online Accurate Online yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Dapatkan Accurate Online sekarang juga.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Penghitungan & Pencatatan Jurnal Pembagian Deviden

mimin ABC kotaraya

Tips mengelola keuangan usaha dengan mudah

Eka

Modal Usaha dari Hutang, Bagaimana Mengelolanya?

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment