ABCkotaraya.id
Bisnis

Memahami Pengertian Ergonomi dan Penerapannya

Promo Accurate Online

Apakah Anda pernah mendengar istilah Ergonomi? Istilah ini memang masih cukup jarang di dengar, bahkan terasa asing bagi Sebagian besar masyarakat. Apa sebenarnya ergonomi dan pengertian ergonomi serta penerapannya.

Ergonomi sering dianggap memiliki kaitan erat dengan tata cara duduk. Tetapi sebenarnya ergonomi lebih dari pada itu. Ergonomi memiliki hubungan dengan kualitas kehidupan kerja seseorang. Hal ini sangat penting, agar karyawan mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja mereka. Oleh karena itu, sangat disarankan agar perusahaan mampu memahami lebih dalam tentang ergonomi pada lingkungan kerja.

Baca Juga: Membangun Budaya Perusahaan Saat Jarak Jauh

Pengertian Ergonomi

Kata Ergonomi berasal dari Bahasa Yunani “Ergos” dan “Nomos”. Ergos sendiri memiliki arti kerja dan Nomos adalah aturan. Dengan demikian, kita bisa artikan bahwa ergonomi memiliki arti aturan kerja.

Dikatakan juga bahwa ergonomi merupakan interaksi manusia dengan sistem, profesi, data, dan metode dalam rangka merancang sebuah sistem agar sesuai kebutuhan, keterbatasan, dan keterampilan manusia.

Tujuan dari ergonomi adalah memberikan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif bagi karyawan hingga meningkatkan kompetensi dan kenyamanan karyawan dalam bekerja. Sehingga mereka bisa meningkatkan efisiensi kerja yang lebih baik dan meningkatnya produktivitas pekerjaan.

Cakupan Ergonomi

Physical Ergonomic

Cakupan yang pertama adalah Physical ergonomic, cakupan ini lebih berfokus pada pencegahan cedera melalui desain dan evaluasi tempat kerja. Physical ergonomic berkaitan erat dengan anatomi, antropometri, fisiologi, dan biomekanik manusia yang berhubungan dengan aktivitas fisik. Aspek ini umumnya digunakan dalam lingkungan kerja.

Ergonomi kerja berupaya menyesuaikan lingkungan kerja dan tuntutan pekerjaan dengan kemampuan pekerja. Pendekatan yang digunakan untuk penyelesaian berbagai masalah, seperti gangguan Kesehatan pada musculoskeletal atau gangguan pada otot dan tulang.

Cognitive Ergonomic

Cakupan pada cognitive ergonomic berkaitan dengan proses mental seperti persepsi, memori, nalar, dan respon motoric, karena mempengaruhi interaksi antara manusia dan elemen lain dalam suatu sistem.

Jika mencontohkan dalam dunia kerja, maka cognitive ergonomic berkaitan dengan analisis kesalahan, beban kerja, pengambilan keputusan, kinerja terampil, interaksi manusia dengan alat kerja, stress kerja, tekanan, dan training dalam tempat kerja.

Organizational Ergonomic

Cakupan ergonomi yang ketiga adalah organizational atau organisasi, lingkupnya berkaitan dengan sistem sociotechnical, mencakup pada struktur organisasi, kebijakan, serta proses. Topik yang mencakup komunikasi, manajemen sumber daya, desain kerja, desain waktu kerja, kerja tim, desain partisipatif, ergonomi komunitas, kooperatif, paradigma baru, pekerjaan jarak jauh, dan manajemen mutu.

Sehingga dalam cakupan organizational ergonomi, bisa menghasilkan desain sistem kerja yang efektif dan optimal.

Kenapa Perusahaan Perlu Menerapkan Ergonomi?

Pertanyaan ini mungkin banyak pihak yang bertanya-tanya, kenapa perlu diterapkan dalam bisnis? Ergonomi akan mendorong terciptanya ruang atau lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan produktif dengan memaksimalkan setiap kemampuan dan keterbatasan manusia, dalam hal ini para pekerja. Sehingga penerapannya dalam lingkungan kerja akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan seperti:

  1. Meningkatnya produktivitas kerja para karyawan
  2. Menciptakan budaya keselamatan yang lebih baik
  3. Meningkatkan engagement karyawan terhadap pekerjaan

Ketiga hal tersebut tentu sangat diperlukan oleh setiap perusahaan. Karena akan memberikan dampak positif dan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Baca Juga: Deretan Perusahaan Multinasional asal Indonesia

Apabila Perusahaan Tidak Menerapkan Ergonomi

Memang masih banyak perusahaan yang mengabaikan ergonomi, bahkan tidak ingin mengarah kesana. Akibatnya perusahaan akan mengalami hal-hal seperti :

  1. Menurunnya Kinerja Karyawan
  2. Kualitas Produk yang buruk
  3. Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Minim
  4. Meningkatnya turnover karyawan

Kesimpulan

Penjelasan mengenai pengertian ergonomi dan penerapannya bagi perusahaan akan sangat menguntungkan perusahaan. Karyawan pun akan merasa lebih aman, sehat, dan produktif ketika perusahaan memberikan mereka kesempatan ergonomi.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

5 Tips Mencari Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Faqih

Cara Menghadapi Risiko Bisnis Start Up

mimin ABC kotaraya

5 Strategi Digital Marketing Bisnis; Cocok untuk Bisnis Kecil dan Menengah

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment