ABCkotaraya.id
Manajemen

Manajemen Usaha Bagi UMKM yang Perlu Dilakukan

Promo Accurate Online

Mengelola satu usaha bukanlah hal mudah. Proses perencanaan, penentuan tujuan hingga menentukan strategi ada di dalamnya. Manajemen usaha tentu berlaku untuk seluruh jenis bisnis, baik itu skala kecil, menengah, hingga besar. Terlebih bagi pelaku UMKM, menerapkan manajemen usaha bagi UMKM sangat perlu dilakukan.

Manajemen usaha dapat di definisikan sebagai salah satu upaya mengatur segala aspek dalam usaha agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Manajemen bisnis akan berpengaruh terhadap pendapatan, penjualan, dan kualitas produk.

Penerapan manajemen usaha akan menopang bisnis meraih kesuksesan dan mampu mengembangkan bisnis. Hal ini dilakukan untuk menopang usaha agar tetap beroperasi dan mencapai target yang telah direncanakan sebelumnya.

Inti dari manajemen bisnis adalah penerapan beberapa hal pada bisnis Anda, seperti :

Manajemen Usaha bagi UMKM dari Sisi SDM

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi aspek paling penting dalam setiap usaha dimanapun. Kondisi SDM yang baik akan mendorong kualitas bisnis Anda lebih baik. Sangat diperlukan bagi pengusaha untuk memahami setiap usaha yang dimiliki dan di definisikan kepada semua SDM yang mereka miliki.

Jika dalam perusahaan besar, sebagai pebisnis Anda bisa meminta bagian Human Resources dalam mengurus SDM yang Anda miliki. Namun jika bisnis Anda masih dalam skala menengah, sebagai pemilik bisnis Anda juga yang mengelola SDM yang ada.

Manajemen SDM yang Anda lakukan tidak hanya sekedar penilaian terhadap kinerja karyawan. Namun Anda juga harus mengoptimalkan setiap individu untuk mampu menyelesaikan setiap pekerjaan secara efisien dan efektif. Selain itu, mereka mampu mendorong pengembangan perusahaan menjadi lebih optimal.

Baca Juga : 9 Tantangan UMKM Di Indonesia yang Membuat UMKM Sulit Naik Kelas

Menjalankan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran menjadi hal penting yang di rumuskan dalam manajemen usaha. Dalam penentuan strategi pemasaran, pebisnis harus mampu menemukan strategi optimal dalam menjalankan bisnis. Sehingga brand yang dimiliki bisa dikenal oleh khalayak luas.

Ada beberapa hal yang harus dijalankan dalam strategi pemasaran. Semua dilakukan berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Jangan sampai Anda hanya memikirkan dari sisi Anda, tanpa melihat dari konsumen. Hal ini disebut dengan STP (Segmentasi, Target, dan Posisi Produk). Metode ini akan melihat kebutuhan dan keinginan konsumen.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan metode marketing mix dengan melihat pada aspek (product, promotion, people, price, place, physical product, dan process). Aspek sangat berguna dalam penentuan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis.

Manajemen Produksi dan Distribusi

Manajemen usaha bagi UMKM selanjutnya adalah manajemen produksi. Bagaimana Anda menata sebuah produksi dari bahan mentah menjadi suatu produk atau jasa yang memiliki nilai jual tinggi. Aspek produksi akan sangat berkaitan dengan proses produksi yang dilakukan. Manajemen produksi bukan hanya sekedar memantau proses produksi saja. Melainkan menyangkut dengan pengambilan keputusan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Anda sebagai pemilik usaha harus mampu menciptakan produk atau jasa sesuai standar yang telah ditetapkan berdasarkan pada keinginan konsumen, sistem produksi efektif dan efisien, hingga pemilihan bahan baku yang tepat untuk bisnis.

Distribusi

Setelah barang selesai di produksi, sebagai pebisnis harus memikirkan bagaimana barang atau jasa bisa terdistribusi kepada khalayak dengan tepat. Aktivitas produksi dapat dikatakan perpindahan tangan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen.

Manajemen distribusi menjadi aspek yang cukup penting dalam bisnis. Apabila faktor produksi sudah berjalan namun menggabaikan distribusi dampaknya akan fatal terhadap barang dan jasa.Dalam pengertian yang luas, distribusi juga menyangkut tentang pergudangan, transportasi, persediaan, hingga penanganan pesanan.

Manajemen Keuangan

Tak ketinggalan dalam bisnis, para pelaku usaha harus menjalankan manajemen keuangan dalam bisnis yang mereka miliki. Manajemen keuangan adalah proses pencatatan, perencanaan, penganggaran, hingga pengelolaan dana yang dimiliki dalam bisnis.

Manajemen keuangan jika diperhatikan cukup mudah untuk dilakukan, pada kenyataannya hal ini cukup sulit diterapkan oleh pebisnis dimanapun. Padahal manajemen keuangan yang baik mampu membantu menjaga arus kas dan memaksimalkan revenue perusahaan. Penerapan manajemen keuangan menjadi satu hal yang cukup penting untuk menggapai tujuan perusahaan. Terlebih keuangan menjadi hal yang cukup krusial dalam bisnis.

Jika Anda belum memiliki staff keuangan, Anda harus mampu menjaga anggaran, menghitung pajak, hingga meningkatkan kinerja keuangan usaha dan masih banyak lagi sendiri. Disini Anda dituntut untuk melakukan pembukuan. Agar pembukuan dilakukan dengan mudah, sebaiknya Anda menggunakan Accurate Online yang mampu melakukan manajemen keuangan sebagai penerapan manajemen usaha bagi UMKM.

Gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Proses Akuntansi

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

5 Tips Mencari Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Faqih

Strategi promosi Di Era Digital Optimal untuk UKM

mimin ABC kotaraya

5 Cara Mengambil Keputusan yang Baik dan Efektif

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment