ABCkotaraya.id
Bisnis

10 Tips Bisnis untuk Pemula dari Para Expert

Promo Accurate Online

Menjalankan bisnis membutuhkan pertimbangan yang matang. Bagi setiap orang, pertimbangan bisnis tentu  berbeda-beda meskipun bisnis yang mereka jalankan sama. Namun, ada beberapa tips bisnis untuk pemula dari para expert agar para pemula bisa menjalankan bisnis dengan baik dan sukses.

Tips yang diberikan para expert bukan berarti kita menggabaikan kemampuan yang ada dalam diri kita masing-masing. Tetapi pengalaman para expert bisa menjadi pelajaran penting untuk kita semua yang baru akan menjalankan usaha.

Mereka tentu tidak akan sungkan untuk membagikan ilmu dan tips bisnis untuk para pemula. Seperti tips dari beberapa ahli berikut ini yang bisa menjadi pelajaran penting untuk Anda semua. Sehingga Anda bisa mencapai kesuksesan seperti yang telah didapatkan para expert.

Baca Juga : 7 Langkah Memulai Bisnis Digital dari Awal untuk Mencapai Kesuksesan

Tips Bisnis untuk Pemula dari Para Pengusaha Sukses

Tantang Diri Sendiri

Richard Branson pendiri Virgin Group mengatakan motivasi terbesar pada dirinya selalu berkarya adalah menantang dirinya sendiri. Dia menjadikan hidup seperti berada dalam universitas, selalu ada yang di pelajari setiap hari.

Richard percaya bahwa membangun bisnis bukan ilmu sekejap, ini tentang memiliki ide hebat dan mewujudkannya dengan integritas tinggi. Selalu belajar dari kegagalan. Jika bisnis pertamamu gagal, maka Anda sudah masuk dalam klub pengusaha sukses. Tidak ada pengusaha sukses yang selalu berhasil mereka pasti menemukan kegagalan, tetapi hal tersebut menjadi motivasi untuk mereka.

Mulai Saja Dulu

Berbisnis memang harus di mulai ketika ide dan gagasan dalam bisnis sudah ada di kepala Anda. Jangan menunda-nunda, apa lagi berpikir tentang kegagalan. Kari DePhilips CEO at The Content Factory berkata, Anda harus segera memulai bisnis yang Anda inginkan dan tidak perlu berpikir macam-macam.

Saat Anda sudah memulai bisnis, peluang mendapatkan kesuksesan sudah ada di depan mata. Berbeda cerita ketika Anda  hanya ingin berbisnis tapi tidak ada langkah apapun yang Anda lakukan. Semua bisnis memiliki risiko.

Kerjakan Pekerjaan yang Anda Sukai

Menjalankan sebuah bisnis akan menghabiskan banyak waktu Anda. Terutama saat awal. Steve Jobs berkata agar Anda berpuas diri dalam menjalankan bisnis, lakukanlah bisnis yang memang Anda sukai agar Anda benar-benar mengerjakan pekerjaan yang Anda yakini.

Melupakan Passion

Kesalahan terbesar para pebisnis pemula mereka melupakan passion. Tips bisnis untuk pemula dari Jeff Bezos, pendiri Amazon berujar, kesalahan yang paling banyak dibuat banyak orang adalah memaksakan ketertarikan yang ada pada dirinya. Padahal, passion tidak bisa dipilih, passion-lah yang memilih Anda.

Terkadang hanya karena satu dua hal, akhirnya Anda memaksakan kehendak. Mencoba menyukai sesuatu yang sebenarnya tidak Anda sukai. Hindari hal ini, mulailah berbisnis dengan melihat apa passion Anda dan kembangkan passion tersebut.

Jangan Sekedar Fokus Pada Produk

tips bisnis untuk pemula dari Peter Thiel
Source: Axios.com

Para pemula sering sekali hanya fokus pada produk yang diciptakan. Mencoba membuat produk atau jasa yang benar-benar bagus, tapi Anda melupakan kebutuhan pelanggan yang sebenarnya, itulah yang menyebabkan banyak pebisnis pemula gagal.

Seperti kata Peter Thiel pendiri PayPal, kegagalan sebuah bisnis lebih sering terjadi akibat penjualan produk yang buruk. Banyak pebisnis yang menciptakan produk sebagus mungkin hingga lupa dalam melakukan pemasaran. Produk yang bagus tanpa ada yang mengenal tentu menjadi keniscayaan.

Percaya Pada Diri Sendiri

Sebagai pebisnis, jangan terpengaruh dengan orang lain. Ketika rekan Anda sudah terlihat bangkit namun Anda masih stagnan. Jangan ragu untuk tetap percaya pada diri sendiri. Semua orang memiliki waktu sukses yang berbeda-beda.

Seperti kata Henry Ford, percaya bahwa Anda akan sukses dan Anda bisa sukses. Anda bisa menemukan jalan dalam melalui berbagai rintangan, jika tidak Anda hanya sekedar mencari alasan.

Memiliki Visi

Jangan pernah melupakan visi, semua orang sukses memiliki visi untuk mencapai kesuksesan dan impian yang mereka inginkan. Tips bisnis untuk pemula dari CEO Tumblr, David Karp. Semua pengusaha harus memiliki visi yang jelas dan selalu ingin menciptakan sesuatu. Selalu jaga visi Anda agar selalu jelas dan berada di jalur yang benar.

Menghargai Kompetitor

Jangan pernah mengabaikan kompetitor, seperti yang dikatakan oleh Jack Ma Founder Alibaba. Saat Anda tidak menghargai kompetitor, Anda tidak akan bisa memahami kekuatan mereka. Saat mereka sukses, Anda akan sulit dalam mengejarnya.

Meskipun Anda seorang pemula, cobalah untuk tetap melihat perkembangan kompetitor. Pelajari setiap perubahan yang mereka lakukan, ambil kesempatan ketika mereka lengah disana. Cara ini akan memudahkan Anda dalam mengalahkan kompetitor.

Sikap Optimis Penting, tapi Tetap Realistis

Pengusaha yang paling disukai anak muda zaman sekarang Elon Musk berkata, ia selalu memiliki sikap optimis, tetapi selalu realistis. Kesuksesan Tesla dan Space X membuat nama Elon Musk naik daun dan dikenal sebagai pengusaha yang paling inovatif di zaman sekarang.

Jangan pernah melupakan sikap optimis. Optimis menjadi motivasi untuk Anda melakukan sesuatu yang tepat dan sikap gigih yang Anda tunjukan dalam membangun bisnis. Anda tidak boleh menyerah kecuali memang dipaksa untuk menyerah.

Bergaul Dengan Orang Sukses

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan sendiri, oleh sebab itu Reid Hoffman pendiri Linkedin bertutur cara tercepat untuk membawa diri Anda pada perubahan adalah bergaul dengan orang-orang sukses. Mereka akan menjadi motivator dan mentor Anda secara langsung.

Lingkungan akan sangat mempengaruhi Anda. Jadi buatlah lingkungan bersama orang-orang sukses dan memiliki pemikiran cemerlang. Hindari bergaul dengan orang-orang yang membawa Anda kepada kehancuran dan merubah mimpi Anda. Orang-orang baik akan mendorong Anda untuk merealisasikan mimpi Anda.

Demikian beberapa tips bisnis untuk pemula dari para expert. Jangan pernah menyerah dalam menjalankan bisnis. Kegagalan adalah hal biasa dan menjadi sebuah pelajaran berharga. Selalu bersikap optimis dan percaya diri menjadi modal kuat Anda membangun bisnis.

Proses Akuntansi

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Memahami Pengertian Ergonomi dan Penerapannya

Iskandar

8 Strategi Pemasaran untuk Restoran & Café

mimin ABC kotaraya

Kiat Sukses Berjualan Di Marketplace untuk Bisnis Rumahan dan UMKM

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment