ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

Cara Mendelegasikan Tugas Di Tempat Kerja

Seorang pengusaha sangatlah perlu untuk mendelegasikan setiap tugas kepada bawahan. Delegasi juga menjadi cara efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga Anda bisa fokus dengan pekerjaan yang lebih penting, seperti fokus dengan bisnis bukan hal teknis. Namun, masih banyak pelaku bisnis yang tidak tahu cara mendelegasikan tugas kepada staff di tempat kerja.

Terkadang banyak pelaku bisnis yang memilih melakukan segala hal mengenai bisnis yang mereka jalankan secara sendiri. Tetapi cara tersebut hanya membuat Anda akan lebih cepat kelelahan, frustasi, dan kehabisan waktu. Padahal pendelegasian akan membuat bisnis berjalan lebih produktif dan bisa tumbuh lebih maksimal.

Baca Juga: Rahasia Bisnis Berkembang Dengan Cepat

Lalu, Bagaimana Melakukan Pendelegasian?

Pilih Orang yang Paling Bisa Dipercaya

Saat Anda akan mendelegasikan sebuah tugas, pastikan Anda mendelegasikan kepada orang yang Anda percayai. Berikan pekerjaan kepada orang-orang yang Anda yakini bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jangan sembarangan dalam memilih orang yang bisa melakukan pendelegasian. Pastikan Anda bisa memilih orang yang bisa atau pernah berkontribusi besar kepada perusahaan. Anda cukup mengawasi pekerjaan mereka dan berikan mereka waktu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Berikan Petunjuk

Mendelegasikan tugas di tempat kerja
Source: Meistertask.com

Meskipun mungkin orang yang Anda percayakan mereka selalu mengikuti Anda, tetapi saat Anda akan mendelegasikan tugas kepada mereka, Anda tetap perlu memberikan petunjuk. Dalam setiap pendelegasian, perlu sekali Anda memberikan instruksi yang jelas kepada orang yang Anda pilih.

Buatlah preferensi khusus ketika Anda ingin mendelegasikan tugas tersebut. Pastikan pendelegasian itu bisa dengan mudah Anda berikan. Cara ini akan lebih memudahkan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan.

Dengan begitu, pastikan Anda memberikan semua informasi penting kepada orang kepercayaan. Meskipun informasi tersebut mungkin rahasia perusahaan yang hanya diketahui oleh Anda. Sehingga orang yang Anda delegasikan memiliki waktu yang cepat untuk menyelesaikan tugas yang Anda berikan.

Menunjukan Kepercayaan Penuh

Saat Anda mendelegasikan sebuah tugas kepada karyawan, pastikan Anda memberikan kepercayaan penuh kepada karyawan yang Anda pilih. Hal ini akan membentuk rasa percaya diri karyawan, bahwa atasan mereka memberikan kepercayaan penuh kepadanya untuk menyelesaikan hal penting.

Jangan pernah menganggap semua pekerjaan bisa Anda lakukan sendiri. Hanya karena Anda tidak pernah memberikan mereka tugas saat Anda merasa mampu untuk melakukannya. Bukan berarti bawahan Anda tidak bisa melakukannya, tetapi bawahan Anda tidak pernah diberi kesempatan oleh Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan kepercayaan penuh kepada orang yang Anda beri tugas. Mereka pasti akan menyelesaikan semuanya dengan baik.

Berikan Pengetahuan Baru

Cara mendelegasikan tugas memang bukan sekedar memberikan tugas, dan menginstruksikan saja. Tetapi Anda juga perlu memberikan pengetahuan baru kepada orang yang mendelegasikan. Mungkin saja mereka belum memiliki pengalaman dalam mengerjakan tugas tersebut.

Ketika mereka diberikan tugas, pastinya mereka mereka akan mengerjakan tugas itu dengan baik. Sesuai dengan arahan dan pengetahuan yang telah Anda berikan kepada mereka. Sehingga Anda tidak perlu takut, saat Anda memberikan karyawan Anda kesempatan untuk mengembangkan karir yang mereka miliki.

Selalu Periksa Perkembangan

Saat Anda mendelegasikan tugas kepada seseorang, memang bukan melepas mereka begitu saja dan hanya menunggu hasil. Anda perlu memeriksa setiap kemajuan dan perkembangan dari tugas yang telah Anda berikan kepada karyawan.

Pemeriksaan yang Anda lakukan tidak perlu dilakukan setiap hari. Anda bisa memeriksanya setiap satu hingga dua minggu sekali. Cara ini menunjukan bahwa Anda benar-benar memberikan rasa percaya kepada tim Anda untuk menyelesaikan tugas yang Anda berikan kepada mereka.

Baca Juga: Strategi Mengelola Keuangan Bisnis Di Masa Pandemi

Berikan Penghargaan

Ketika karyawan berhasil achieve dalam tugas yang telah Anda berikan. Sewajarnya Anda memberikan mereka penghargaan kepada karyawan tersebut. Penghargaan bisa menjadi satu cara berterima kasih kepada karyawan yang telah mendelegasikan tugasnya.

Karyawan yang menerima penghargaan, pastinya mereka juga akan merasa bangga dan apa yang telah mereka lakukan merupakan hasil yang terbaik. Cara ini pun bisa menjadi satu cara yang membuat si karyawan akan lebih bersemangat lagi ketika mereka diberikan tugas.

Ada banyak cara mendelegasikan tugas di tempat kerja yang bisa dengan mudah Anda lakukan dan percayakan kepada tim yang Anda miliki. Mungkin cara-cara diatas menjadi satu cara yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa menggunakan cara-cara efektif lainnya yang bisa Anda lakukan sesuai dengan cara yang Anda miliki.

Related posts

Proses Distribusi tidak Langsung: Strategi, Jenis, dan Pelaku Distribusi

mimin ABC kotaraya

5 Penyebab Negosiasi Gagal yang Sering Tak Disadari

mimin ABC kotaraya

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Konsinyasi

Efi Nofitri

Leave a Comment