ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

Cara Memotivasi Karyawan Di Tempat Kerja

Semua orang butuh motivasi. Dalam perusahaan, karyawan berhak mendapatkan motivasi untuk pengembangan diri. Ketika para karyawan termotivasi, pastinya akan meningkatkan kinerja dan produktivitas mereka di tempat kerja. Pihak manajemen perlu memberikan motivasi kepada seluruh karyawan. Ada cara memotivasi karyawan agar mereka terus bersemangat dalam bekerja.

Mengapa Motivasi Karyawan Penting?

Sebagian pengusaha masih sering bertanya, “Apakah motivasi karyawan penting?” Jawabannya sangat penting. Masih banyak perusahaan yang tidak memberikan karyawan motivasi. Membuat banyak karyawan yang bekerja hanya memikirkan gaji semata.

Jika karyawan di perusahaan Anda mengalami hal ini, coba intropeksi dari diri Anda terlebih dahulu. Apakah Anda tidak memberikan motivasi kepada karyawan? Jika jawaban “Iya” setelah membaca artikel ini, Anda perlu memprogramkan training motivasi kepada seluruh karyawan.

Baca Juga: 4 Profesi yang Membuat Jumlah Orang Kaya Di Indonesia Meningkat?

Ketika karyawan tidak temotivasi dalam bekerja, mereka tidak akan aktif di perusahaan. Tidak menunjukan kebahagiaan saat di kantor, dan kehilangan produktivitas di tempat kerja.

Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan

Ada banyak cara untuk memotivasi karyawan agar lebih produktif. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Memberikan Sedikit Kebebasan

Kebebasan bukan berarti menghindari pekerjaan saat dibutuhkan. Banyak perusahaan yang perlu merubah konsep untuk memberikan waktu fleksibel kepada karyawan. Sebab, saat ini banyak karyawan yang memiliki pemikiran bekerja harus di kantor.

Pandemi pun mendorong banyak karyawan menuntut perubahan pola bekerja yang dibuat oleh perusahaan. Sehingga cara ini perlu diakomodir oleh perusahaan untuk memberikan kebebasan kepada karyawan dalam bekerja.

Saat ini banyak karyawan yang ingin bekerja dari rumah, bukan karena mereka tidak ingin ke kantor. Melainkan mereka merasa pergi ke kantor saat traffic jam membuat mereka lebih stres sebelum tiba di kantor. Belum lagi mereka perlu menggunakan pakaian formal untuk bekerja.

Sangat berbeda ketika mereka hanya bekerja di rumah. Bisa terhindar dari keramaian jalanan kota, menggunakan pakaian bebas, dan juga lebih dekat dengan keluarga. Agar karyawan temotivasi, berilah kebebasan kepada mereka dalam bekerja.

Hargai Karyawan

Dalam dunia kerja, manajemen perusahaan sangat perlu memberikan hormat, menghargai, dan memahami karyawan. Karyawan sangat perlu ketiga hal tersebut. Ketika manajemen perusahaan mampu melakukan ketiga hal itu, akan menjadi satu cara memotivasi karyawan di tempat kerja yang lebih baik.

Ketika para karyawan diperlakukan dengan baik, mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja dan dapat meningkatkan produktivitas hingga semangat karyawan di tempat kerja. Terlebih ketika seorang individu berhasil mencapai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Maka perusahaan sangat perlu untuk memberikan hormat, dan penghargaan kepada karyawan tersebut.

Memperhatikan Kesehjahteraan

Cara memotivasi Karyawan dengan memperhatikan kesehjahteraan
Source: Forbes.com

Cara memotivasi karyawan selanjutnya dengan memperhatikan kesehjahteraan karyawan. Maksud dari kesehjahteraan bukan saja bersikap materi yang perlu diperoleh oleh karyawan. Tetapi perusahaan perlu memberikan batas target yang akan dicapai karyawan.

Jangan memaksakan karyawan untuk mencapai target yang mungkin saja mereka tidak sanggup melakukannya. Perusahaan perlu melihat berapa banyak beban yang sanggup di pikul oleh satu  karyawan atau dalam satu tim.

Ketika mereka merasa terlalu berat dan perusahaan memaksakan kehendak sendiri, pastinya karyawan akan merasa stres dan jenuh. Membuat para karyawan tidak termotivasi dalam bekerja bersama Anda. Saat Anda merasa ada kinerja yang menurun disebabkan kurangnya motivasi, Anda perlu melakukan perbaikan sesegera mungkin.

Berikan Kesempatan Meningkatkan Keterampilan Karyawan

Perusahaan perlu memotivasi karyawan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan dalam meningkatkan keterampilan mereka. Ketika manajemen melakukan cara ini, karyawan akan merasa bahwa kemampuan yang mereka miliki sangat dihargai oleh perusahaan. Karyawan juga merasa bahwa manajemen tidak hanya memikirkan perusahaan saja, tetapi juga keterampilan karyawan.

Saat karyawan di challenge untuk melakukan sesuatu yang mungkin saja belum pernah mereka lakukan. Para karyawan ingin mendapatkan input yang bisa meningkatkan wawasan, keterampilan, keahlian, dan pengalaman mereka.

Baca Juga: 5 Aktivitas untuk Mengatasi Stress Akibat Pandemi

Manajemen bisa memberikan ruang bagi karyawan untuk melatih keterampilan mereka. Perusahaan bisa memberikan kesempatan bagi setiap karyawan untuk melakukan brainstorming bersama antar divisi dalam perusahaan. Manajemen juga bisa memberikan fasilitas pelatihan diluar perusahaan menjadi satu cara yang baik untuk dilakukan oleh perusahaan.

Mungkin itu sedikit cara memotivasi karyawan yang bisa dilakukan oleh manajemen perusahaan. Jika perusahaan memiliki cara yang berbeda untuk meningkatkan motivasi karyawan, maka lakukanlah. Ini adalah salah satu motivasi yang baik yang bisa dilakukan oleh perusahaan dimanapun.

Related posts

5 Langkah Mudah Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

mimin ABC kotaraya

3 Strategi Vital Ketika Pandemi Berakhir

mimin ABC kotaraya

Ide Pemasaran Selama Pandemi yang Bisa Dicoba

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment