ABCkotaraya.id
Image default
Teknologi

Digital Marketing untuk UMKM, Apakah Perlu?

Kegiatan promosi menjadi faktor penentu dalam meningkatkan penjualan produk. Promosi menjadi ajang pengenalan sekaligus menjual produk kepada khalayak. Promosi masuk dalam kegiatan marketing. Salah satu cara promosi yang harus dilakukan saat ini adalah digital marketing. Saat ini digital marketing untuk UMKM sangat disarankan dan harus dilakukan.

Penerapan digital marketing pada UMKM memang belum begitu baik dan gencar. Pemicunya adalah ketidakmampuan pelaku UMKM dalam melakukan digitalisasi bagi bisnis mereka. Namun, sebenarnya proses digitalisasi saat ini sudah lebih mudah dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Saat ini pelaku usaha bisa melakukan digital dengan channel-channel yang telah tersedia dan bisa diakses secara gratis.

Manfaat Digital Marketing untuk UMKM

Ada banyak manfaat digital marketing untuk UMKM di Indonesia. Salah satunya pasar yang lebih luas akan diperoleh bagi UMKM yang fokus pada digital marketing. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus mampu meraupnya. Saat ini, digital marketing bukan lagi menjadi akses bagi usaha besar saja, tetapi usaha-usaha kecil bisa mendapatkan pasar yang lebih besar.

Ada cukup banyak manfaat yang bisa diperoleh UMKM ketika mereka fokus pada digital marketing. Berikut beberapa manfaat digital marketing untuk UMKM, antara lain:

  • Mudah terkoneksi dengan konsumen
  • Melayani konsumen secara realtime
  • Membuat program promosi kapan saja
  • Memudahkan dalam testimoni
  • Bisa menjawab pertanyaan konsumen kapan saja
  • Menjangkau lebih banyak konsumen
  • Promosi yang terjangkau dan tertarget

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan digital marketing pada bisnis. Belum lagi, jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai angka 160 juta pengguna dan transaksi belanja online di tahun 2020 saja sudah mencapai Rp266,3 triliun. Angka tersebut tentu akan terus bertambah.

Dari angka transaksi yang besar itu, Anda bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dan lebih tertarget. Meskipun Anda melakukan iklan di internet, Anda bisa menargetkan orang-orang yang memang memiliki ketertarikan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan secara langsung.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing Agar Bisnis Makin Laris Manis

Pentingnya Digital Marketing untuk UMKM?

Digital marketing untuk bisnis dan beragam alasannya
Source: Digitalmarketinginstitute.com

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah go digital sudah mencapai 12 juta UMKM data Februari 2021. Angka tersebut lebih banyak dari target Pemerintah yang menargetkan 10 juta UMKM di akhir 2020. Meskipun angka tersebut masih cukup jauh dari angka total UMKM yang ada di Indonesia yakni hanya 13% dari total 64 juta UMKM.

Mengapa UMKM harus Go Digital? Berikut beberapa alasannya?

Konsumen Ingin yang Instan

Saat ini konsumen lebih senang melakukan sesuatu yang instan. Bisa kita lihat sejak era smartphone, segala aktivitas kehidupan bisa dilakukan hanya dengan smartphone. Hingga melakukan transaksi keuangan pun sudah dilakukan menggunakan smartphone.

Pelanggan sudah malas, jika mereka ingin mendapatkan sesuatu harus melakukannya dengan ribet. Konsumen ingin segala yang cepat dan mudah. Inilah mengapa pelaku bisnis harus segera membawa bisnis kepada digital marketing. Agar lebih mudah menjangkau konsumen.

Persaingan Lebih Mudah

Tahukah Anda digital sebenarnya sangat memudahkan pelaku UMKM dalam bersaing. Dahulu, jika melakukan promosi Anda memerlukan dana yang besar. Anda sulit menjangkau lebih banyak pelanggan dan menguasai media mainstream.

Tetapi sekarang, semua bisa lebih mudah bersaing. Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas tanpa harus bertemu mereka secara langsung. Anda sebagai pebisnis bisa bertemu pelanggan melalui sosial media, website, hingga berkomunikasi dengan pelanggan melalui email atau Whatsapp serta Telegram.

Akses kemudahan informasi membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari informasi produk dan jasa yang sebenarnya tanpa harus pergi ke toko atau pusat layanan. Bahkan pelanggan bisa mengetahui bagaimana layanan suatu brand hanya dari internet.

Mudah Mengetahui Kebutuhan Pelanggan

Digital marketing untuk bisnis akan lebih mudah menjawab kebutuhan pelanggan. Sebab digital marketing bisa mempelajari kebiasaan pelanggan sehingga membuat pelaku bisnis lebih mudah menargetkan pelanggan ideal dan potensial.

Tetapi semua itu tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan data-data yang sudah terlihat. Tools yang tersedia bisa membantu Anda. Anda perlu menggunakan tools secara lengkap dan komprehensif untuk benar-benar mengetahui karakter pelanggan Anda sesungguhnya. Tanpa tools, akan sulit pelaku UMKM mendapatkan informasi mengenai karakteristik pelanggan.

Baca Juga: Strategi promosi Di Era Digital Optimal untuk UKM

Nah demikianlah beberapa manfaat dan pentingnya digital marketing untuk UMKM saat ini. Kehadiran digital marketing menjadi sangat penting untuk memudahkan bisnis Anda. Bahkan digital marketing mampu membuat bisnis Anda mencapai ROI (return of investment) yang cukup tinggi di masa depan. Meskipun memang dalam jangka pendek, hasilnya tidak akan terlihat dengan mudah.

Selain digital marketing, Anda juga harus mengalihkan proses keuangan bisnis dengan digital. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online. Bersama Accurate Online, Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan bisnis. Sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan usaha lebih jauh lagi dan keuangan bisnis Anda cukup di otomasi dengan Accurate Online. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari sekarang dengan klik banner dibawah ini.

CTA Accurate Online

Leave a Comment