ABCkotaraya.id
Teknologi

7 Ide Konten Media Sosial untuk Bisnis B2B

Promo Accurate Online

Membuat konten media sosial untuk bisnis B2B (business to business) memang agak sulit. Sebagian perusahaan membuat konten hanya untuk konsumen individu. Bukan kepada pelaku bisnis lainnya. Bahkan masih banyak pelaku bisnis B2B yang gagal dalam melakukan sosial media marketing. Padahal ada lebih banyak orang dari berbagai kalangan yang berselancar didalamnya, mungkin sebagiannya adalah calon klien Anda.

Channel media sosial saat ini memang cukup banyak. Anda bisa memilih beberapa diantaranya untuk menunjukan keberadaan perusahaan. Mengelola media sosial untuk perusahaan bisa menjadi cara terbaik untuk lebih dekat kepada perusahaan calon pelanggan.

Kehadiran media sosial adalah bagian dari strategi pemasaran digital yang bisa Anda lakukan. Terlebih, media sosial akan memberikan Anda fleksibilitas luar biasa dalam membangun kedekatan secara personal dengan audiens B2B.

Baca Juga: Strategi Pasang Iklan Di Sosial Media Lebih Menarik

Dalam membangun konten media sosial bagi bisnis B2B, perlu menggunakan strategi dan taktik yang sedikit berbeda dibandingkan dengan menyasar audiens individu. Anda bisa mengikuti beberapa tips yang akan diberikan ABC Kotaraya untuk mengembangkan sosial media bisnis Anda.

Ide Konten Media Sosial Bisnis B2B

Tunjukan Kehadiran Kalian

Banyak perusahaan yang menggunakan pihak ketiga sebagai model atau visual di akun media sosial mereka. Selain itu, sering perusahaan tidak menampilkan gambar yang berkaitan dengan perusahaan. Menggunakan pihak ketiga hanya membuat organisasi Anda tampak tidak terlihat oleh audiens. Bahkan akan dianggap tidak ada.

Hindari melakukan hal ini. Anda bisa membuat cerita atau konten berkaitan dengan brand Anda. Anda bisa menunjukan gambaran suasan kantor, suasana tempat produksi, dan aktivitas pengiriman. Serta menunjukan hal-hal yang benar-benar terjadi di perusahaan Anda.

Berikan Pengetahuan Secara Gratis

Sosial media untuk bisnis B2B
Source: 1827marketing.com

Ketika Anda menyasar B2B, Anda bisa mencoba untuk menjadi orang terbaik di niche Anda. Dengan menghasilkan konten-konten yang berorientasi dengan penelitian. Seperti membagikan studi kasus, statistik, laporan proyek, serta e-book kepada audiens secara cuma-cuma.

Hasil dari aktivitas membagi pengetahuan cuma-cuma, Anda bisa mendapatkan alamat email bahkan kontak seseorang. Bukankah itu menjadi hal menarik yang bisa Anda olah untuk menjadi calon konsumen?

Gunakan Media Sosial yang Relevan

Saat Anda ingin mencari ide konten media sosial untuk bisnis B2B, tentu Anda harus memahami dimana calon-calon konsumen berada.

Seperti halnya, jika orang yang mencari networking, informasi mengenai pekerjaan, mereka akan melihat-lihat Linkedin. Sedangkan jika Anda ingin menjual sesuatu dengan konten visual Anda bisa menggunakan Instagram dan Facebook.

Saat Anda ingin mendapatkan berbagai masukan dan keluhan, Anda bisa bermain di Twitter. Anda harus menyesuaikan dengan calon audiens Anda. Dimana mereka berkumpul, disitu Anda hadir.

Adakan Webinar

Para pelaku bisnis juga perlu melakukan pengembangan diri untuk membawa bisnis mereka lebih maju. Anda bisa mengadakan webinar di media sosial untuk menghadirkan calon-calon potensial yang mungkin tertarik dengan isu yang Anda bagikan.

Konten Live Streaming

Hampir seluruh media sosial kini bisa melakukan live streaming. Ini bisa menjadi konten media sosial untuk bisnis B2B yang menarik loh. Saat Anda cerita atau aktivitas menarik berkaitan dengan bisnis, Anda bisa membuat live streaming yang bisa disaksikan oleh semua orang.

Ketika ada pertanyaan yang sesuai dengan industri, Anda bisa segera menjawabnya. Ini juga menjadi kesempatan yang bagus untuk menunjukan sisi lain dari perusahaan yang Anda Kelola.

Baca Juga: Kesalahan Pemasaran Menggunakan Facebook yang Sering Terjadi

Poling

Konten B2B berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah polling. Ingat, media sosial bukanlah komunikasi satu arah. Tetapi menjadi sarana komunikasi dua arah antara brand dengan audiens. Untuk itu, Anda jangan pasif dalam setiap postingan.

Anda bisa membuat konten poling untuk mendorong audiens berinteraksi di media sosial. Jajak pendapat menjadi cara untuk mendapatkan feedback yang baik mengenai penawaran bisnis dan layanan Anda. Sehingga Anda juga memahami apa yang sebenarya diinginkan oleh audiens.

Share Kesuksesan

Saat bisnis Anda mendapatkan penghargaan atau kehormatan khusus, bagikan berita tersebut kepada pelanggan Anda di media sosial. Anda juga bisa meminta testimoni kepada para pelanggan loyal, agar mereka dapat memberikan dukungan dan menceritakan pengalaman positif dalam bekerja sama dengan brand Anda.

Testimoni akan menjadi bukti akurat mengenai hasil kerja brand Anda di mata pelanggan. Cara ini juga bisa menjadi aktivitas untuk mendapatkan konsumen-konsumen baru di media sosial.

Penutup

Suka tidak suka, orang-orang saat ini sangat menyukai media sosial. Mungkin salah satunya adalah klien Anda. Banyak yang menghabiskan hari-hari mereka dengan menyusuri Linkedin, melihat informasi di Instagram. Jadikan media sosial sebagai strategi pemasaran efektif B2B untuk bisnis Anda.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

4 Aplikasi Bisnis Utama Pengonversi Gambar ke Teks

Fattah Miyaz

Digital Marketing untuk UMKM, Apakah Perlu?

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment