ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

Strategi promosi Di Era Digital Optimal untuk UKM

Di era digital, melakukan promosi bukan lagi melakukan brainwash kepada audiens agar mereka mau menggunakan produk yang kita tawarkan. Strategi promosi di era digital tentu sangat berbeda dibandingkan era konvensional. Sekarang, masyarakat tidak begitu saja percaya dengan iklan yang diberikan langsung dari pemilik produk. Namun mereka ingin mengetahui manfaat dari produk atau jasa yang akan mereka gunakan.

Berbagai Teknik Promosi Di era Digital
Source: Wall-street.com

Apa lagi Ketika Anda ingin melakukan promosi ke generasi millennial, mereka tidak serta merta menerima iklan dalam bentuk konvensional yang sekedar mengajak audiens untuk membeli produk. Kali ini, ABC Kotaraya akan memberikan Anda para pelaku UKM wejangan melakukan strategi promosi era digital.

Baca Juga: 7 Langkah Memulai Bisnis Digital dari Awal untuk Mencapai Kesuksesan

Tips Promosi Digital yang Efektif untuk Semua Jenis Bisnis

Website

Aktivitas pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan strategi promosi adalah dengan melakukan blogging. Blogging merupakan aktivitas dalam penerbitan konten berbentuk tulisan. Topik yang disampaikan tentu harus relevan dengan bisnis yang Anda jalankan. Hasil dari blogging bisa dirasakan pemilik brand dengan menambah banyak prospek.

Ketika Anda memulai aktivitas blogging, Anda tidak bisa melakukannya dengan sembarangan. Blogging menjadi satu cara untuk memberikan audien informasi tentang brand Anda, tanpa meminta mereka untuk segera membeli produk yang Anda miliki. Saat ini blogging masih menjadi channel promosi yang cocok diterapkan dalam berbagai jenis bisnis.

Sosial Media

Berbagai Jenis Sosial media untuk promosi di Era Digital
Source: Radioidola.id

Tips selanjutnya untuk promosi bisnis bagi UKM adalah dengan penerapan pada sosial media. Sosial media menjadi channel pemasaran yang cukup efektif bagi UKM selain website. Keduanya bisa menjadi peluang yang cukup efektif, meskipun ada sebagian pihak yang menganggap sosial media saja cukup untuk promosi.

Saat ini, hampir semua orang berkumpul di media sosial untuk berkomunikas berbagai hal. Meskipun tidak mendorong mereka untuk membeli, tetapi media sosial cocok untuk promosi dan membangun brand awareness dengan audien.

Saat ini memang hampir semua brand, baik itu brand besar dan kecil memiliki sosial media. Jadi, kalau  Anda belum memiliki sosial media, Anda harus menggunakannya sebagai ajang promosi bisnis yang Anda miliki.

Marketplace

Kalau Anda memiliki produk, tidak ada salahnya juga untuk menjual produk melalui marketplace. Menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk melakukannya loh. Apa lagi jika produk Anda cukup banyak. Marketplace bisa menjadi pilihan Anda untuk melakukan promosi sekaligus melakukan penjualan.

Marketplace bisa digunakan untuk menyasar konsumen yang takut akan membayar secara langsung ke rekening pribadi. Biasanya para konsumen ini lebih nyaman berbelanja melalui marketplace, karena bisa menjamin pembayaran yang mereka lakukan.

Selain itu marketplace memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Anda bisa meraih konsumen dari berbagai daerah di Indonesia. Anda juga harus pintar-pintar memasarkan produk di marketplace dengan menentukan harga yang tepat.

Iklan Digital

Promosi berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk lebih dekat dengan para audien dengan melakukan kampanye iklan digital. Untuk melakukan iklan digital, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Karena beberapa jenis iklan digital mengharuskan para pemasang iklan memiliki website atau sekedar media sosial. Hal ini yang tidak banyak diketahui oleh para pelaku UKM yang baru ingin memulai iklan.

Untuk melakukan iklan ada dua tempat. Pertama Anda beriklan melalui Google. Iklan Google mengharuskan para pengiklan memiliki website. Karena para audien yang melihat iklan dan mengkliknya akan diarahkan ke website produk yang Anda miliki.

Baca Juga: 2 Jenis Iklan Digital yang Selalu Bikin Closing

Kedua, Anda melakukan iklan digital melalui sosial media. Khusus iklan sosial media, Anda tidak perlu memiliki website. Anda bisa mengarahkan audiens untuk masuk ke dalam sosial media yang Anda miliki. Cara ini bisa cukup efektif untuk Anda lakukan untuk promosi di era digital.

Endorse

Cara promosi terakhir yang bisa dilakukan para pemilik brand dengan melakukan endorse. Endorse adalah campaign marketing dengan menggunakan public figure, seperti artis dan selebgram yang sedang hits. Metode endorse tidak hanya dilakukan oleh brand kecil, tetapi juga dilakukan para brand besar loh.

Untuk endorse seorang influencer, brand tidak hanya sekedar melihat influencer dari sisi banyaknya followers. Tetapi juga harus melihat apakah followers dan karakter sih influencer sesuai dengan brand Anda. Banyak brand yang terkadang memilih influencer hanya sekedar melihat dari jumlah followers.

Kalau Anda memang ingin endorse. Cobalah untuk melakukan endorse dengan pihak-pihak yang tepat dan bisa menggambarkan brand Anda. Bagi pelaku UKM, bukan tidak mungkin Anda melakukan endorse. Karena endorse bisa dilakukan untuk semua bisnis. Yang harus disadari adalah budget untuk endorse tidaklah sedikit. Kalau Anda menyasar influencer terkenal, satu influencer bisa menggeluarkan budget jutaan rupiah. Tentunya setiap ingin endorse, sesuaikan pada budget yang Anda miliki.

Strategi promosi di era digital meski terlihat mudah, pada penerapannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Semua harus Anda persiapkan, termasuk funnelingnya harus dibuat dengan struktur dan rapih. Sehingga Anda bisa lebih mudah dalam mengarahkan calon konsumen dalam menemukan konten hingga produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Sudah tahu apa saja strategi promosi di era digital? Sekarang saatnya Anda memilih, mana yang cocok untuk bisnis Anda dan sesuai pada budget yang Anda miliki.

Related posts

Manajemen Aset : Apa Pentingnya untuk Bisnis?

yani

Ide Pemasaran Selama Pandemi yang Bisa Dicoba

mimin ABC kotaraya

Cara Ampuh Menagih Pelanggan, Pasti Langsung Bayar!

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment