ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

8 Langkah Tepat Meningkatkan Arus Kas Bisnis Demi Kesehatan Keuangan Usaha

Meningkatkan arus kas bisnis bukan sesuatu hal yang mudah dilakukan. Arus kas sendiri merupakan suatu gambaran mengenai kondisi keuangan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis pada periode tertentu dalam tahun akuntansi. Pengelolaan arus kas yang baik menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis. Namun, banyak pengusaha yang tidak mengetahui bagaimana cara meningkatkan arus kas bisnis mereka.

Kali ini kita tidak akan membahas tentang bagaimana cara membuat laporan arus kas. Laporan arus kas menjadi salah satu dari empat laporan keuangan penting yang harus dilampirkan setiap akhir tahun sebagai kumpulan transaksi yang terjadi. Bagaimana agar arus kas tetap meningkat?

Baca Juga : 5 Tips Memaksimalkan Penyusunan Laporan Arus Kas Perusahaan

Sumber Arus Kas

Sebelum lebih jauh bagaimana cara meningkatkan arus kas. Kita harus satu suara mengenai darimana sumber arus kas itu sendiri. Mungkin beberapa sumber arus kas ini umum ada pada semua bisnis. Arus kas bisnis bersumber dari :

  • Hasil operasional perusahaan
  • Modal dari pemilik bisnis/investor
  • Arus kas pembiayaan

Meningkatkan Arus Kas

Menambah Sumber Pemasukan

Semua pebisnis setuju untuk menambah sumber pemasukan dengan menambah sumber penghasilan yang berasal dari aktivitas perusahaan. Sumber pemasukan perusahaan bisa dengan menambah jenis produk yang dijual atau jika perusahaan bergerak di bidang jasa dengan menambah jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

Selain itu, banyak yang meyarankan agar untuk menjaga kondisi arus kas, pastikan setiap transaksi yang dilakukan bersifat tunai. Sehingga Anda bisa mendapatkan uang berbentuk cash. Namun, jika Anda menerima pembayaran tempo, pastikan pembayaran tempo dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Mengurangi Piutang

Sering sekali pebisnis, terutama mungkin bisnis yang bergerak di retail atau distributor memberikan piutang kepada konsumen mereka. Cara ini dilakukan agar konsumen bisa memutarkan barang yang dihutang lalu hasilnya digunakan untuk membayar hutang tersebut.

Memang tak bisa dihindari, dalam segi bisnis piutang pasti selalu terjadi. Hanya saja bagaimana mengurangi konsep piutang untuk tetap menjaga arus kas dengan baik. Apa lagi jika bisnis dilakukan dengan modal pas-pasan. Tentu sangat sulit dalam memberikan piutang.

Menyusun Kembali Biaya Operasional

Mengelola Cashflow
Source: skmtraining.co.id

Salah satu pembengkakan dalam arus kas banyak terjadi pada biaya operasional. Biaya operasional menjadi biaya pengeluaran yang paling besar di bisnis. Karena didalamnya termasuk pada gaji karyawan. Untuk meningkatkan arus kas, sebaiknya memang Anda harus mampu mengatur biaya operasional dengan baik. Menjaganya agar konsisten.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan arus kas agar selalu positif dari sisi biaya operasional. Terutama dari bahan baku. Anda harus mencari celah dimana biaya yang masih bisa ditekan atau di minimalisir. Tetapi menekan biaya operasional bukan berarti mengorbankan salah satu hal penting dari bisnis.

Menjual Aktiva

Meningkatkan arus kas bisa Anda laukan dengan menjual beberapa aktiva yang masih sangat bermanfaat tapi jarang Anda gunakan. Misal ada satu komputer atau alat produksi yang memang sudah sangat jarang digunakan bisa Anda jual untuk menambah arus kas Anda.

Apa lagi jika aktiva yang selalu mengalami penyusutan. Dari pada aktiva tersebut tidak produktif, lebih baik Anda jual untuk menghasilkan pemasukan yang lebih baik dibandingkan menahannya begitu saja.

Baca Juga : 5 Tips Mengelola Arus Kas Untuk UKM Secara Tepat dan Cepat!

Selalu Mencermati Keluar Masuk Uang

Ketika bisnis Anda berjalan dengan signifikan, penjualan selalu meningkat hal ini secara tidak langsung akan mendorong meningkatnya biaya pengeluaran. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis harus rajin-rajin mengecek keluar masuk uang agar kondisi arus kas selalu lebih baik dan bisa mendapatkan kentungan. Pengecekan arus kas secara rutin juga menjadi alasan bagaimana mengecek keuangan bisnis Anda.

Hindari Menumpuk Stok

Bisnis yang berkaitan dengan produk atau barang bisa saja melakukan penumpukan stok di Gudang. Terlebih jika ada isu bahwa produk yang mereka jual akan mengalami kenaikan harga, penumpukan dilakukan demi mendapatkan keuntungan lebih besar.

Terkadang penumpukan stok terjadi karena tidak memiliki manajemen stok yang baik. Untuk itu para pengusaha harus menguasai manajemen stok untuk menghindari penumpukan stok. Terutama barang-barang lama. Pastikan yang keluar dahulu dari Gudang barang yang di produksi lebih awal. Untuk menghindari kerusakan produk lebih cepat.

Apabila stok menumpuk, demi menjaga dan meningkatkan arus kas Anda bisa menjual produk-produk yang ada dengan sistem diskon atau bundling. Sehingga tidak ada penumpukan stok dalam jangka waktu yang lama. Dan arus kas bisnis Anda tetap terjaga.

Gunakan Manajemen Keuangan

Ketika Anda ingin meningkatkan arus kas, Anda tidak boleh melupakan penerapan manajamen keuangan bisnis yang tepat untuk bisnis Anda. Banyak diluar sana perusahaan yang belum menggunakan manajemen keuangan pada bisnis yang ia jalankan. Padahal ini penting untuk mempelajari berbagai macam hal yang berkaitan dengan keuangan bisnis.

Sebut saja laporan keuangan, pajak, diskon, gaji, dan biaya-biaya lainnya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan manajemen keuangan yang tepat dan akurat, Anda bisa menjaga arus kas lebih baik pada bisnis.

Baca Juga: Bisnis Makin Mudah Dengan 6 Aplikasi untuk Kelola Bisnis Zaman Now

Gunakan Laporan Keuangan

Laporan keuangan memang cukup penting untuk bisnis. Salah satunya untuk menjaga stabilitas arus kas pada bisnis. Setiap bisnis harus menerapkan pembukuan untuk memantau arus kas dan menetapkan strategi untuk menaikan arus kas bisnis.

Memang tidak mudah jika dilakukan secara manual. Di era komputerisasi dan digitalisasi seperti saat ini, penggunaan laporan keuangan juga bisa dilakukan secara online dan melalui software yang tepat untuk memudahkan pekerjaan Anda. Seperti Software Akuntansi Accurate Online yang bisa memantau arus kas, memantau stok produk, hingga membuat laporan arus kas untuk bisnis Anda. Gunakan sekarang Accurate Online dapatkan free selama 30 hari untuk memantau arus kas bisnis dengan uptodate.

Related posts

Persamaan Dasar Akuntansi : Pengertian, Komponen, dan Manfaat

mimin ABC kotaraya

Cara Membuat Laporan Keuangan

Eka

Alasan Penting, Mengapa UMKM Wajib Memiliki Pembukuan

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment