ABCkotaraya.id
Keuangan

11 Kebiasaan yang Membantu Mencapai Kebebasan Finansial

Promo Accurate Online

Mencapai kebebasan finansial adalah impian banyak orang. Termasuk para millennial yang selalu mengejar hidup bergelimang uang. Kebebasan finansial menjadi tujuan hampir semua orang di dunia ini. Mereka ingin memiliki uang untuk memenuhi setiap gaya hidup.

Kebebasan finansial disebut memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai untuk membeli gaya hidup yang diinginkan bagi diri sendiri maupun keluarga. Sayangnya terlalu banyak orang yang gagal dalam memahami mengenai kebebasan finansial. Mereka menganggap terpenuhinya gaya hidup, artinya telah memenuhi kondisi finansial.

Padahal mereka membebani diri dengan hutang yang meningkat, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang boros, dan masalah lain yang menganggu kondisi keuangan. Belum lagi adanya force majeure yang tidak bisa dihindari karena tidak adanya persiapan hingga membuat mereka harus menghabiskan total uang yang mereka miliki.

Mungkin 11 kebiasaan ini dapat membawa Anda dijalan yang benar untuk mencapai kebebasan finansial seperti dikutip dari Investopedia.com.

Tujuan Hidup

Apa sebenarnya tujuan hidup Anda? Mengapa Anda ingin mencapai hal tersebut? Terkadang banyak orang membuat tujuan yang sangat umum dan kabur berkaitan dengan keuangan. Cobalah untuk menspesifikannya kembali apa saja yang ingin Anda lakukan.

Berapa banyak investasi yang ingin Anda lakukan, dimana saja investasi yang ingin Anda letakan, gaya hidup apa yang ingin Anda raih, hingga di usia berapa Anda harus mencapainnya. Tetapkan semuanya dan hitung mundur secara berkala hingga kapan Anda akan mencapainya.

Memiliki Anggaran

Kedua, susunlah anggaran rumah tangga Anda dengan baik. Anda harus memiliki catatan keuangan rumah tangga. Sehingga Anda bisa merincikan berapa pemasukan dan pengeluaran yang Anda miliki saat ini.

Anda buat catatan biaya tagihan, pengeluaran transport, biaya harian yang harus dikeluarkan. Total tersebut akan membuat Anda mencapai impian Anda dalam jangka panjang untuk memiliki keuangan yang layak.

Lunasi Kartu Kredit dan Buang

Kalau Anda masih punya kartu kredit dan hutang, cobalah untuk menghindarinya. Keduanya akan menghindari Anda untuk mencapai kebebasan finansial. Jangan mudah tergiur oleh hutang. Hindari menggunakan kartu kredit, paylater, kredit barang yang menyusut, hingga melakukan pinjaman kepada pihak peminjam.

Tabungan

Mencapai Kebebasan finansial dengan menabung
Source: thesimpledollar.com

Daripada Anda berhutang, lebih baik Anda menyimpan uang pada tabungan. Demi mencapai tujuan Anda untuk bebas finansial. Aktivitas menabung bisa menjadi bekal Anda dalam mengumpulkan kebutuhan keuangan yang baik. Anda bisa menyimpan uang untuk dana darurat yang mungkin bisa Anda gunakan untuk pengeluaran tak terduga.

Idealnya, ketika Anda menerima gaji, Anda langsung memisahkan uang Anda ke dalam pos-pos kebutuhan bulanan. Dan juga buatlah tabungan khusus dana darurat. Tabungan ini tidak boleh Anda gunakan untuk sesuatu yang membuat Anda menyentuhnya kecuali Ketika Anda dalam keadaan darurat.

Investasi

Anak muda sekarang sepertinya sudah banyak yang cukup mengerti tentang investasi. Terbukti dari meningkatnya minat investor di Indonesia pada 2020. Memang investasi sesuatu yang dianjurkan untuk menjaga aset yang berbentuk uang akan nilainya bertambah di masa depan.

Meskipun sudah cukup banyak masyarakat yang melakukan investasi, tetapi hal ini masih banyak yang menganggap investasi sekedar untuk mencari keuntungan saja. Memang untuk berinvestasi perlu banyak belajar, jangan sekedar ikut-ikutan. Banyak orang yang ikut investasi tanpa belajar dahulu.

Coba Perhatikan Jumlah Kredit

Beberapa orang memang memiliki kredit untuk membeli barang yang harganya cukup tinggi. Sebut saja kendaraan dan rumah. Kondisi ini terkadang membuat pengeluaran membengkak. Anda perlu memperhatikan Kembali jumlah uang untuk mencicil kredit tersebut.

Apa lagi nilai kredit selalu berubah mengikuti suku bunga yang berlaku. Pasalnya beberapa orang menganggap kredit ini secara biasa saja. Padahal kondisi keuangannya tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Coba dipertimbangkan Kembali berkaitan dengan nilai kredit yang Anda miliki di bank.

Negosiasi

Hal penting untuk mencapai kebebasan finansial dalam hidup adalah dengan bernegosiasi. Orang Indonesia memang cukup banyak yang menyukai hutang. Membeli sesuatu yang diinginkan dengan berhutang memang menjadi satu hal yang sering dilakukan. Ketika hutang Anda dalam kondisi yang tinggi-tingginya cobalah untuk bernegosiasi dengan pihak pemberi pinjaman agar Anda bisa melunasinya. Setelah lunas, jangan sampai Anda Kembali berhutang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Pendidikan Keuangan

Pelajaran keuangan memang tidak dibahas secara gamblang di bangku sekolah dan kuliah. Keuangan harus dipelajari sendiri dan secara otodidak. Mungkin jika saat ini sudah cukup banyak kelas-kelas untuk keuangan yang bisa Anda ikuti.

Anda harus mempelajari bagaimana mengelola keuangan dalam hidup. Meskipun Anda memiliki sebuah bisnis, tetap saja Anda harus menghitung arus kas bisnis yang memang  menjaga kondisi finansial Anda ke depan. Usahakan agar bisnis Anda bisa terus maju dan Anda bisa menjaga keuangan bisnis dan pribadi dengan baik.

Merawat Sesuatu yang Dimiliki

Banyak orang yang selalu ingin memiliki barang-barang terbaru. Hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan yang Anda miliki. Usahakan Anda bisa menjaga dengan baik barang-barang tersebut. Sehingga mereka memiliki umur yang Panjang.

Misal memiliki mobil, jika Anda merawat mobil dengan tepat tentu ini akan menjadi investasi jangka panjang untuk Anda. Anda tetap bisa menjaga keuangan stabil dan mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan.

Hidup Dibawah Kemampuan

Ada istilah “pendapatan akan mempengaruhi gaya hidup.” Tak bisa dipungkiri memang hal ini benar adanya. Tapi satu hal yang harus Anda pahami bahwa Anda bisa hidup dibawah kemampuan. Bukan berarti memaksa kehendak agar terlihat lebih miskin.

Seperti halnya membeli baju tidak perlu branded. Cukup menggunakan baju dengan harga terjangkau, bahkan Anda bisa membeli baju dengan harga yang mungkin sangat amat terjangkau dengan Anda. Bukan memaksakan kehendak Anda untuk membeli barang yang berkelas. Sebelum mencapai kemakmuran, usahakan untuk menumbuhkan hidup dibawah kemampuan.

Jaga Kesehatan

Terakhir, Anda harus bisa menjaga Kesehatan Anda dan keluarga dengan baik. Kesehatan dapat dikatakan sebagai barang mewah. Berinvestasilah dengan menjaga Kesehatan Anda agar selalu dalam keadaan sehat. Anda bisa menjaga agar tubuh selalu dalam keadaan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini akan membantu Anda dalam menjaga Kesehatan jangka panjang.

Bayangkan jika Anda harus pergi kontrol setiap bulan ke dokter. Biaya yang dikeluarkan cukup tinggi dan uang tersebut mungkin bisa digunakan kepada hal-hal yang membawa Anda pada pola hidup sehat. Seperti berolahraga dan menjaga pola makan sehat.

Itulah beberapa cara yang bisa ABC Kotaraya bagikan demi mencapai kebebasan finansial yang Anda inginkan. Cara ini akan membantu Anda untuk hidup dengan layak dan apa adanya. Membeli apa yang memang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan dan tidak tergiur dengan berbagai promo dan diskon. Semoga artikel ini membantu Anda.

Promo Accurate Online

Nikmati sensasi rasa unik Emkay Frizz Happy Sour! Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki liquid vape terbaik, pesan sekarang di emkay.id atau vape store terdekat!

Related posts

Mengenal Jenis-jenis Software Akuntansi yang Cocok untuk Bisnis Kecil

Faqih

Catat! Yang Perlu Wajib Dipersiapkan Perusahaan Untuk Lapor Pajak

Fattah Miyaz

7 Fitur yang Harus Dimiliki Software Akuntansi untuk Bisnis UKM

Faqih

Leave a Comment