ABCkotaraya.id
Image default
Keuangan

Rekening Giro dan Tabungan, Mana yang Cocok untuk Bisnis Kecil?

Bank memiliki banyak produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Termasuk dalam urusan bisnis kecil, ada beberapa layanan bank yang bisa digunakan. Bagi pengusaha bisnis kecil ada dua jenis produk bank yang sering dan perlu mereka miliki, yakni rekening giro dan tabungan. Diantara kedua rekening tersebut, mana yang cocok untuk bisnis kecil?

Meskipun biasanya pada bisnis kecil memiliki kedua rekening tersebut, tetapi keduanya memiliki pro kontra dalam menentukan tujuan penggunaan kedua rekening itu. Meskipun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama, dan juga bisa diakses oleh siapapun.

Agar tidak salah dalam memilih, sebaiknya kita akan ulas secara lengkap mana yang cocok untuk bisnis kecil Anda. Pastikan Anda mengetahui pengertian, perbedaan, dan kegunaan pada kedua rekening tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Rekonsiliasi Bank Pada Bisnis

Pengertian Rekening Giro dan Tabungan

Giro

Rekening giro dan tabungan sebenarnya sama-sama tabungan dengan fungsi menyimpan sebagian dana di dalamnya. Memiliki jumlah minimal uang yang disimpan dan juga saldo bulanan yang harus tersedia.

Rekening giro merupakan simpanan perorangan atau badan usaha baik dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. Para pemegang giro ini bisa menggunakan atau menarik dana yang ada didalamnya menggunakan cek, bilyet giro, atau dipindahbukukan.

Bagi sebagian pemilik bisnis yang lebih memilih giro karena penggunaan giro tidak hanya untuk menarik uang saja, tetapi bisa digunakan untuk pembayaran. Sehingga saat mereka berbelanja, banyak pelaku bisnis kecil yang memilih menggunakan giro dibandingkan tabungan.

Tabungan

Mungkin semua orang termasuk Anda sudah memahami apa itu tabungan. Tabungan adalah produk perbankan yang cukup umum dan hampir digunakan oleh semua masyarakat yang memiliki rekening bank. Mereka menggunakan tabungan untuk aktivitas keuangan sehari-hari.

Tabungan sendiri memiliki pengertian yaitu simpanan yang berasal dari pendapatan dan penarikannya bisa dilakukan kapan saja. Serta jumlah simpanan tabungan bisa tidak terbatas. Simpanan uang yang terdapat dalam tabungan bisa digunakan kapan saja tanpa adanya keterikatan perjanjian dan waktu pencairan.

Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan

Beda rekening giro dan tabungan
Source: Moneyunder30.com

Ada beberapa perbedaan dari giro dan tabungan yang perlu diketahui oleh para pebisnis. Meskipun terlihat hampir sama, giro dan tabungan memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut beberapa perbedaan keduanya:

Penarikan

Perbedaan pertama dari giro dan tabungan adalah metode penarikan. Untuk menarik dana yang ada di giro perlu menggunakan cek atau bilyet giro. Serta perlu dilakukan saat jam operasional bank. Dan juga pada giro memiliki tanggal terbit dan efektif dalam pemindahan dana. Saat melakukan transaksi atau penarikan, jumlah penarikan di giro tidak dibatasi. Sehingga rekening ini sering digunakan untuk transaksi oleh para pelaku bisnis.

Sedangkan pada tabungan menarik dana bisa dilakukan secara fleksibel melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sesuai dengan bank tempat tabungan berada. Namun, dalam tabungan Anda dibatasi melakukan transaksi di ATM. Jika Anda ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar, Anda perlu datang ke kantor operasional bank.

Dari sini sudah terlihat beda rekening giro dan tabungan. Mana yang lebih cocok digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan transaksi bisnis. Pastikan semua sesuai dengan tujuan yang Anda inginkan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan transaksi yang Anda inginkan.

Lalu mana yang perlu dimiliki oleh pelaku bisnis?

Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh pelaku bisnis. Apakah rekening giro dan tabungan yang perlu dimiliki? Tentu sebagai pelaku bisnis, Anda perlu memiliki keduanya.

Sebab, rekening giro menjadi produk perbankan yang cukup nyaman untuk Anda melakukan transaksi bisnis. Anda bisa membayar supplier, distributor, atau kepada pihak produsen menggunakan giro dan menjadi lebih mudah.

Sedangkan rekening tabungan bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang hasil bisnis. Sehingga Anda bisa dengan mudah mengeluarkannya apabila memang dibutuhkan dalam transaksi. Jika Anda merasa ingin mengeloa keuangan bisnis dengan baik, pastikan bisnis Anda memiliki rekening giro dan tabungan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bank yang Harus Diketahui Pebisnis

Kesimpulan

Rekening giro dan tabungan merupakan produk perbankan yang perlu dimiliki oleh pelaku bisnis kecil. Keduanya bisa digunakan berdasarkan manfaat dan tujuannya masing-masing. Jika Anda sudah memiliki keduanya untuk bisnis, Anda bisa melakukan integrasi dengan Accurate Online yang membuat Anda mudah dalam menyesuaikan pada pembukuan bisnis.

Terlebih saat ini Accurate Online memiliki fitur smartlink internet banking yang bisa mengintegrasikan data rekening koran dengan mudah. Sehingga proses rekonsiliasi bank bisa dilakukan lebih efisien dan efektif. Dapatkan Accurate Online sekarang gratis 30 hari.

Related posts

Tips mengelola keuangan usaha dengan mudah

Eka

Langkah Ampuh Melunasi Hutang Usaha Agar Usaha Tetap Maju

mimin ABC kotaraya

Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021: Mampukah Indonesia Bangkit?

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi