ABCkotaraya.id
Image default
Akuntansi

Tips Mengelola Hutang Usaha Agar Keuangan tetap Stabil

Menjalankan usaha atau bisnis terkadang tidak bisa menghindari hutang. Hutang menjadi tambahan untuk kebutuhan operasional perusahaan maupun melakukan ekspansi usaha. Tetapi banyak juga perusahaan yang bangkrut akibat hutang usaha. Bagaimana tips mengelola hutang usaha agar keuangan bisnis tetap stabil?

Memang berhutang terkadang membuat pemilik perusahaan terlena. Mereka merasa memiliki cukup modal untuk melakukan berbagai hal yang dianggap bisa memajukan perusahaan dan mengembangkan perusahaan lebih besar. Namun banyak pelaku bisnis yang pada akhirnya mengalami kebangkrutan akibat salah dalam mengelola hutang usaha.

Kali ini kita akan membahas bagaimana tips mengelola hutang usaha agar keuangan bisnis tetap stabil. Sebab pengelolaan hutang pun perlu strategi yang khusus dan tepat.

Jenis Hutang

Hutang Jangka Pendek

Jenis hutang ini biasanya hutang yang pelunasan dilakukan paling lama dalam satu tahun. Biasanya telah dilakukan kesepakatan antara kedua pihak untuk menyelesaikan hutang tersebut dalam waktu yang cukup singkat.

Hutang Menengah

Selain hutang jangka pendek, biasanya perusahaan menggunakan hutang jangka menengah. Hutang jangka menengah adalah hutang yang pelunasannya lebih dari satu tahun namun dibawah 10 tahun. Bisa dikatakan hutang dalam jangka waktu 5 tahun adalah hutang jangka menengah.

Baca Juga: Modal Usaha dari Hutang, Bagaimana Mengelolanya?

Hutang Jangka Panjang

Jenis hutang ini dibayarkan dalam waktu yang cukup Panjang. Biasanya hutang jangka panjang memiliki masa hutang minimal 10 tahun hingga 15 tahun. Bahkan ada beberapa Lembaga peminjaman yang memberikan masa hutang hingga 25 tahun kepada perusahaan.

Tips Mengelola Hutang Usaha

Tips mengelola Hutang Usaha dengan Bijak
Source: Westgatelaw.com

Setelah mengetahui jenis hutang usaha, Anda tentu bertanya bagaimana hutang bisa dikelola dengan baik saat dilakukan dalam jangka waktu menengah dan panjang. Terlebih kondisi ekonomi selalu fluktuatif membuat para pengusaha harus pintar-pintar dalam mengelola hutang usaha.

Rencana yang Matang

Mengelola hutang perlu dilakukan perencanaan sebelum meminjam hutang. Anda perlu mengetahui berapa modal yang memang dibutuhkan dari hutang tersebut. Pikirkan mulai dari biaya apa saja yang dibutuhkan dari hutang, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu menimbang kemampuan dalam melunasi hutang yang Anda miliki tersebut. Pastikan pendapatan Anda bisa menutupi hutang yang Anda pinjam. Disini sangat perlu Anda menghitung semuanya secara realistis dan melibatkan berbagai rencana bisnis.

Membuat Anggaran

Setelah Anda membuat perencanaan yang matang berkaitan hutang yang akan Anda ambil. Anda juga perlu untuk melakukan anggaran. Buatlah anggaran, kira-kira modal dari hutang akan digunakan atau dikeluarkan untuk biaya apa saja. Selalu perhatikan setiap biaya yang mungkin dikeluarkan. Baik itu biaya dalam rencana maupun biaya yang mungkin darurat.

Setelah itu, gabungkan antara anggaran pendapatan yang ada dengan rencana anggaran setelah hutang bisnis di terima. Cara ini akan memudahkan Anda dalam membuat rencana keuangan dengan lebih matang. Pastikan Anda juga membuat anggaran dana yang dikeluarkan. Pastikan jika terdapat dana lebih Anda bisa menggunakan untuk melunasi hutang.

Fokus Pada Tujuan Hutang

Tips mengelola hutang usaha berikutnya adalah dengan memperhatikan tujuan dari hutang yang dilakukan. Biasanya perusahaan berhutang untuk melakukan pengembangan usaha yang lebih besar lagi. Pastikan bisnis Anda mengetahui tujuan hutang yang dilakukan.

Saat hutang sudah masuk dalam rekening perusahaan. Pastikan dana hutang tersebut bisa dikelola dengan baik dan sesuai pada tujuan perusahaan. Bukan lagi dengan menggunakan hal-hal yang tidak ada pada tujuan awal meminjam hutang.

Pastikan Telah Mengukur Risiko

Saat berbisnis akan menimbulkan banyak risiko. Termasuk ketika Anda dalam masa pinjaman, bukan berarti akan terhindar dari berbagai risiko bisnis. Saat Anda memiliki hutang Anda perlu mengukur setiap risiko.

Pastikan tips mengelola hutang usaha perlu mengukur berbagai risiko yang mungkin saja terjadi. Anda perlu menyiapkan kemungkinan terburuk dalam bisnis Anda. Tips ini juga bisa membantu bisnis agar berhati-hati dalam setiap dana pinjaman.

Selalu Membayar Sebelum Jatuh Tempo

Ketika Anda dalam masa pinjaman, tentu Anda akan mencicil hutang setiap bulan. Pada masa pinjaman, pastikan mampu membayar cicilan hutang secara tepat waktu sebelum jatuh tempo. Ketika Anda telat membayar hutang, tentu pihak peminjam akan menilai kredibilitas perusahaan Anda.

Bukan hanya itu, ketika bisnis Anda telat membayar hutang maka akan dikenakan biaya bunga. Tentu biaya ini akan sangat memberatkan bisnis Anda yang mengerus pendapatan bisnis. Saat Anda memiliki hutang, pastikan bisa membayar cicilan secara tepat waktu.

Baca Juga: Langkah Ampuh Melunasi Hutang Usaha Agar Usaha Tetap Maju

Kesimpulan

Tips mengelola hutang usaha memang menjadi sesuatu yang sulit bagi Sebagian pengusaha. Tetapi dengan tips diatas bisa membantu Anda dalam mengelola hutang usaha agar kondisi keuangan tetap stabil meskipun Anda sedang memiliki hutang.

Pastikan juga keuangan bisnis dikelola dengan benar. Anda bisa menggunakan tools keuangan yang akan membantu bisnis Anda menjadi lebih ringkas dalam proses pembukuan dan pembuatan laporan keuangan. Salah satu tools keuangan yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

Related posts

Cara Mudah Analisis Rasio Keuangan Bisnis Untuk UMKM

mimin ABC kotaraya

Memahami Buku Besar Akuntansi dan Bentuknya

mimin ABC kotaraya

Pengertian Harga Pokok Penjualan

ervan

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi