ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

Modal Usaha dari Hutang, Bagaimana Mengelolanya?

Memiliki niat untuk membangun bisnis? Atau sudah berbisnis, tapi merasa kurang modal? Bagaimana mendapatkan solusinya? Hutang? Yah, hutang menjadi pilihan bagi sebagian pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Memang itu tidak salah, asalkan hutang bisa dikelola dengan baik dan benar serta sesuai pada porsinya. Modal usaha dari hutang bukan hal yang tidak diperbolehkan jika bisa dipertanggungjawabkan.

Modal bisnis menjadi sesuatu yang paling di pusingkan bagi setiap pengusaha. Mereka yang sudah menjalankan bisnisnya, terkadang ditengah jalan harus berhutang. “Katanya” untuk mengembangkan usaha. Itulah yang kerap menjadi alasan para pebisnis. Hutang yang Anda ambil perlu menyesuaikan pada bisnis yang Anda miliki.

Anda harus ingat, saat berhutang Anda harus fokus untuk membayarnya. Menyisihkan keuntungan untuk melunasinya. Disini biasanya masalah terjadi, para pengusaha tidak sanggup membayar hutang dan membuat bisnis gagal bayar hutang.

Baca Juga: Langkah Ampuh Melunasi Hutang Usaha Agar Usaha Tetap Maju

Lalu, bagaimana solusi yang baik untuk melunasi hutang atau menjaga hutang menjadi sesuatu yang produktif? Anda harus mengetahui cara mengelola modal usaha dari hutang. Simak tipsnya agar Anda tidak lagi salah jalan dan bisnis bisa terus berkembang pesat.

Mengelola Modal Usaha dari Hutang

Perhatikan Rasio Keuangan

Anda tak perlu khawatir jika modal bisnis bersumber dari hutang
Source: Hipwee.com

Rasio keuangan adalah data keuangan bisnis yang dapat dibandingkan antara data keuangan yang satu dengan data keuangan lainnya yang terdapat dalam laporan keuangan. Keberadaan rasio menjadi alat untuk menilai kinerja keuangan bisnis Anda.

Ketika Anda ingin berhutang pastikan rasio keuangan bisnis dalam kondisi stabil. Umumnya rasio hutang yang aman adalah 30% dari pendapatan. Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda harus mampu menjaga rasio keuangan dalam kondisi yang aman. Ketahui batas rasio. Jangan mudah untuk berhutang kembali hanya demi alasan mengembangkan bisnis.

Pehitungkan Dengan Cermat

Sebelum berhutang, pastikan juga Anda telah berhitung dengan cermat antara kebutuhan finansial dengan lebih akurat. Anda harus memiliki catatan keuangan yang tepat untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis. Saat ingin berhutang, pastikan sudah menghitung ulang modal bisnis yang Anda butuhkan. Seperti :

  • Modal tetap
  • Modal Kerja
  • Sumber daya manusia

Hitung semua pengeluaran setiap bulannya. Pastikan ketiga pengeluaran diatas masih dalam kondisi yang stabil dan tidak terganggu agar cukup untuk mencicil hutang. Selain pengeluaran diatas, Anda juga harus memastikan untuk selalu menyediakan dana darurat dalam anggaran bisnis yang Anda miliki.

Jika Anda bingung menghitung keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk memudahkan perhitungan bisnis. Dengan Accurate Online Anda bisa menghitung pengeluaran dengan lebih bijak. Dapatkan Accurate Online gratis 30 hari dengan klik banner dibawah ini.

CTA Accurate Online

Memilih Jenis Hutang yang Tepat

Saat memutuskan untuk berhutang, Anda harus memastikan bahwa hutang yang dipilih merupakan keputusan yang tepat untuk Anda ambil saat itu. Setiap hutang yang Anda ambil sudah sesuai dengan risiko yang akan Anda hadapi kedepannya.

Ada dua jenis hutang, yakni hutang jangka pendek dan jangka panjang. Umumnya para pelaku bisnis yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis akan lebih memilih hutang jangka panjang. Mereka percaya hutang jangka panjang mampu mencapai tujuan bisnis jangka panjang.

Hutang jangka panjang umumnya bisa di cicil selama 5-10 tahun. Jika hutang jangka pendek bisa dibayarkan dalam waktu 1-3 tahun. Anda harus mampu membandingkan antar risiko dan kemampuan membayar hutang yang Anda miliki tersebut.

Mengetahui jumlah hutang yang Anda miliki tentunya bisa Anda rencanakan dengan baik. Kemana saja modal asal hutang tersebut akan diputarkan oleh Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam mengelola uang modal hasil hutang untuk bisnis.

Baca Juga: Menggunakan Fitur Widget Accurate Online Sebagai Pengingat Hutang Piutang Bisnis Anda

Membayar Hutang Tepat Waktu

Setelah Anda mendapatkan hutang, tentunya Anda harus mencicil hutang tersebut setiap bulannya. Hutang yang dicicil setiap bulan itu akan lunas lebih cepat jika Anda mampu mencicilnya dengan baik. Pastikan juga Anda selalu membayar hutang tersebut secara tepat waktu.

Modal usaha dari hutang memang harus dipersiapkan dengan matang dan sesuai pada porsinya. Pastikan hutang yang Anda lakukan bisa terbayar pada jangka waktu yang telah ditetapkan bersama. Untuk itu, Anda harus selalu membayar hutang saat jatuh tempo.

Sebelum tanggal jatuh tempo, sebaiknya Anda sudah menyiapkannya. Lebih baik lagi, jika setiap minggu Anda menyisihkan keuntungan untuk membayar hutang dan langsung mendebet ke rekening bank pembayaran hutang. Pastikan Anda tidak menunggak untuk menghindari membayar denda atau bunga dari hutang yang Anda ambil.

Modal usaha dari hutang akan tampak seperti oase di gurun pasir. Terlihat banyak diawal, tapi saat uang tersebut sudah ditangan akan mudah untuk dihabiskan. Untuk itu, bagi Anda yang memanfaatkan hutang, pastikan untuk menjaganya dengan baik. Jangan sampai membuat hutang menganggu kondisi keuangan bisnis Anda. Anda harus tetap bijaksana menggunakan sumber modal dari hutang tersebut.

Related posts

Strategi promosi Di Era Digital Optimal untuk UKM

mimin ABC kotaraya

4 Tanda ide bisnis Buruk dan Tidak Disukai Oleh Investor

mimin ABC kotaraya

Ide Pemasaran Selama Pandemi yang Bisa Dicoba

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment