ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

5 Strategi Digital Marketing Bisnis; Cocok untuk Bisnsi Kecil dan Menengah

Sekarang sudah zaman digital marketing. Semua bisnis harus mencicipi digital marketing. Kondisi pandemi membuat aktivitas masyarakat terbatas, hal ini juga mempengaruhi masyarakat untuk berbelanja tanpa datang ke toko fisik. Bagi para pebisnis yang hanya mengandalkan toko fisik kala pandemi, sangat terasa hasilnya. Untuk itu para pebisnis harus menggunakan strategi digital marketing pada bisnis mereka.

Strategi digital marketing menjadi salah satu strategi yang wajib dilakukan dan dicoba oleh para pebisnis dimanapun berada. Cara ini akan membantu Anda untuk dapat menjangkau konsumen lebih cepat dan lebih dekat. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti berikut ini:

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kecil dan Menengah

Google Bisnisku

Google bisnisku ABC Kotaraya

Kehadiran Google menjadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh banyak pelaku bisnis. Ada banyak fitur yang diberikan oleh Google untuk bisnis. Salah satu fitur yang cukup mudah dan sangat bermanfaat untuk bisnis kecil dan menengah adalah Google Bisnisku.

Google Bisnisku adalah fitur yang diberikan oleh Google untuk mempermudah konsumen dalam menemukan informasi lengkap tentang bisnis. Seperti nama, lokasi perusahaan/toko, nomor telepon, email, jam operasional, website (jika ada), foto, dan review pelanggan lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Marketing Campaign untuk UMKM

Ada beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika menggunakan Google Bisnisku sebagai salah satu strategi digital marketing bisnis, yakni :

  • Mempermudah konsumen menemukan bisnis
  • Memudahkan konsumen memberikan review
  • Memberikan informasi lengkap dan actual
  • Bisnis ada di Google Maps
  • Media komunikasi
  • Alat evaluasi bisnis

Itulah beberapa manfaat dari Google bisnisku untuk bisnis Anda. Kalau Anda belum memilikinya, Sekarang menjadi waktu yang tepat untuk Anda dalam mengelola bisnis, tanpa harus membuat website secara lengkap.

Whatsapp Bisnis

Whatsapp Bisnis sebagai satu cara digital marketing untuk bisnis
Source: Netstrategy.it

Selain Google Bisnis, ada juga Whatsapp bisnis. Apakah Anda sudah tahu mengenai Whatsapp bisnis dan kenapa menjadi salah satu strategi digital marketing yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis dimanapun?

Whatsapp Bisnis merupakan aplikasi yang dirilis pada 2018 silam. Kehadiran Whatsapp Bisnis menjadi aplikasi live chat yang bermanfaat untuk bisnis selain email. Whatsapp dianggap lebih personal dan dibalas lebih cepat dibandingkan dengan email.

Aplikasi Whatsapp Bisnis memang dihadirkan khusus untuk pelaku bisnis yang ingin lebih mudah dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan loyal. Dimana Anda bisa menuliskan beberapa informasi berkaitan dengan bisnis yang Anda miliki.

Selain itu Anda juga bisa mengirimkan pesan otomatis, jika ada pelanggan diluar jam operasional menghubungi melalui Whatsapp Bisnis. Bahkan di Whatsapp bisnis Anda bisa memasang katalog loh. Anda juga bisa memilih beberapa kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda.

Website

Kenapa harus membangun website bisnis sebagai strategi digital marketing?
Source: Dreamhost.com

Salah satu strategi digital marketing yang perlu dilakukan dengan membuat website bisnis. Website bisnis tidak harus menjadi media penjualan bagi bisnis, Anda tetap bisa menggunakan sarana lain untuk berjualan. Namun, website bisa menjadi tempat informasi brand secara lengkap, relevan, dan terpercaya kepada konsumen.

Kerennya lagi, dengan adanya website kita bisa menggunakan nama website brand kita sendiri. Tidak menumpang nama website orang lain. Sehingga bisa memudahkan konsumen dalam menemukan brand Anda di jagat maya.

Ada beberapa manfaat website untuk bisnis, yaitu:

  • Meningkatkan kredibilitas
  • Menjadi alat pemasaran
  • Memudahkan update informasi

Sosial Media

Social Media marketing
Source: IDNTimes.com

Platform sosial media sudah tidak asing lagi keberadaannya bagi masyarakat Indonesia. Baik itu masyarakat pedesaan maupun perkotaan. Hampir seluruh masyarakat sudah mengenal sosial media. Bahkan jumlah pengguna sosial media di Indonesia sudah lebih dari 160 juta akun.

Bagi bisnis, sosial media menjadi tempat potensial menjaring konsumen. Karena hampir semua kalangan menggunakan sosial media. Dimana sosial media sudah menjadi channel pemasaran digital yang paling tepat dalam mengenalkan brand. Ditambah promosi menggunakan influencer yang cukup efektif mendapatkan konversi penjualan.

Kehadiran sosial media memudahkan promosi menggunakan berbagai konten. Mulai dari foto, infografis, blog post, dan video. Semua bisa dipadukan menjadi konten yang menarik untuk bisnis. Sehingga memudahkan bisnis dalam menjangkau konsumen.

Copywriting

Pentingnya copywriting dalam bisnis
Source: Maubelajarapa.com

Apa itu copywriting? Sudahkah Anda mengenal istilah copywriting? Jika belum, ABCkotaraya akan menjelaskannya secara mudah kepada Anda.

Copywriting adalah cara “memaksa” pelanggan untuk mau mengikuti perintah yang Anda lakukan. Baik itu mengisi data, mendaftar, hingga melakukan pembelian. Awalnya copywriting sering digunakan dalam materi iklan. Seperti billboard, reklame, sales letter, dan media pemasaran berbentuk tulisan lainnya.

Di era digital, copywriting masuk dalam strategi digital marketing bisnis yang bisa mendongkrak leads maupun penjualan. Hampir semua strategi digital marketing yang kita bahas diatas harus menyisipkan copywriting. Disinilah pentingnya copywriting untuk bisnis Anda.

Seperti pada Google Bisnisku; saat mengisi data perusahaan Anda tetap perlu menyisipkan kalimat copywriting. Kalimat untuk merayu audiens dengan perintah yang Anda inginkan. Dalam whatsapp bisnis, copywriting sangat diperlukan untuk memberikan penawaran kepada calon konsumen.

Pada website, copywriting bisa disisipkan dalam landing page agar pengunjung mau melakukan hal lain di website Anda, selain hanya sekedar membaca informasi produk. Pada sosial media, copywriting diperlukan dalam membuat caption dan teks pada gambar untuk mengajak audiens mengikuti perintah Anda.

Copywriting meski tanpak mudah, tetapi ini sulit. Anda tidak bisa membuat copywriting secara asal-asalan. Sehingga Anda perlu memahami bagaimana teknik copywriting yang tepat untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Digital Marketing untuk UMKM, Apakah Perlu?

Sudah Siapkah Anda?

Bagaimana dengan penjelasan strategi digital marketing bisnis diatas? Sudahkah Anda memahaminya? Tentu itu beberapa saja dari berbagai strategi lainnya. Untuk bisnis kecil dan menengah, Anda bisa mencoba menggunakan lima strategi diatas terlebih dahulu sebelum merambah ke strategi lainnya. Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin Go Digital!

Related posts

13 Jenis Bisnis Ekonomi Kreatif yang Harus Anda Ketahui

mimin ABC kotaraya

3 Strategi Bisnis Pelaku Pariwisata Indonesia Tetap Bergairah Di Tengah Pandemi

yani

5 Siasat Memenangi Persaingan Bisnis Di Era Digital

mimin ABC kotaraya

Leave a Comment