ABCkotaraya.id
Image default
Bisnis

Gak Perlu Sirik! 7 Cara Menciptakan Peluang Bisnis yang Kreatif

Pernahkah Anda bertanya dalam diri, “Bagaimana menciptakan peluang bisnis?” lalu bertanya “Mengapa bisnis orang lain bisa sering mendapatkan peluang baik?” Mereka bisa dengan mudah mendapatkan konsumen dan tampaknya pertumbuhan bisnis selalu terlihat positif. Dalam beberapa tahun saja, bisnis-bisnis tersebut bisa ekspansi dengan membuka cabang-cabang baru. Kita akan ulas bagaimana cara menciptakan peluang bisnis?

Terkadang, pemikiran kita terhadap bisnis orang lain yang tampak ramai dan selalu mendapatkan peluang, selalu negatif. Apa lagi jika bisnis yang dijalankan berada di sektor yang sama dengan bisnis kita. Akan muncul pertanyaan dalam diri “Apakah mereka menggunakan tuyul?” “Jangan-jangan mereka pakai penglaris?” “Apakah memang itu rejeki mereka?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang ada dalam diri kita sebagai pesaing.

Sebenarnya Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu selalu berpikir bahwa orang lain lebih baik dari Anda. Ada banyak peluang yang bisa Anda peroleh, seperti kata Filsuf Romawi, Seneca “Keberuntungan adalah apa yang terjadi ketika persiapan bertemu peluang.”

Baca Juga : Peluang Bisnis Waralaba Yang Menjanjikan Untuk Inspirasi Bisnis Anda

Apa maknanya? Yah, Anda harus mempersiapkan berbagai peluang untuk bisnis Anda ke depan. Jangan selalu melihat orang lain. Kompetitor bukanlah musuh, jadikanlah kompetitor sebagai tempat belajar bagi Anda.

Lalu bagaimana cara menciptakan peluang untuk bisnis? Yuk kita ulas bareng.

Menciptakan Peluang untuk Bisnis

Ciptakan Produk atau Layanan Baru

Bagaimana Anda bisa menciptakan peluang untuk bisnis? Tentu bisa dilakukan dengan menciptakan produk atau layanan baru dengan menyasar target market yang berbeda dengan konsumen yang telah Anda incar selama ini.

Produk yang Anda keluarkan, bisa menjadi salah satu produk solusi bagi konsumen. Disini Anda perlu melakukan riset pasar. Dengan membandingkan produk serupa yang ada di pasar dengan sebuah produk yang akan Anda ciptakan. Bagaimana Anda bisa mencoba untuk merangsek dengan menggoyang para market leader dengan menciptakna produk atau layanan baru. Bukankah ini sebuah peluang?

Lakukan Inbound Marketing

Sudah pernah dengan istilah Inbound marketing? Inbound marketing merupakan satu teknik model pemasaran baru. Biasanya, para pelaku bisnis atau pemilik brand melakukan model pemasaran dengan cara menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya. Melalui media mainstream, brosur, reklame, sms blast, hingga telemarketing.

Sementara, inbound marketing adalah satu cara pendekatan kepada konsumen dengan menarik konsumen melalui konten marketing dan interaksi relevan (tidak interuptif). Konsumen akan menemukan Anda menggunakan saluran yang mereka gunakan sehari-hari, seperti search engine dan sosial media.

Ketahui Kebutuhan Konsumen

Sekali-kali aja Anda bisa mengajak beberapa konsumen melakukan pertemuan langsung. Bisa juga saat mereka datang ke toko minta waktu mereka 15-30 menit untuk mengobroli tentang produk Anda. Anda juga bisa mengajaknya untuk minum kopi bersama.

Dengan begitu, Anda akan menemukan insight dari konsumen mengenai apa yang sebenarnya mereka butuhkan dari Anda. Cara ini akan memudahkan Anda untuk terinspirasi dalam membentuk peluang baru pada bisnis Anda. Selain itu, cara ini juga bisa menunjukan kepada konsumen, kalau Anda peduli dengan kebutuhan mereka.

Pahami Consumer Journey

menciptakan peluang Bisnis
Source: hubspot.com

Tidak semua orang mungkin membeli produk Anda melalui toko Anda. Mungkin mereka juga membeli produk Anda dari online atau sosial media yang Anda miliki. Selain itu, banyak insight yang Anda peroleh ketika Anda membuat customer journey ini.

Kehadiran consumer journey akan memudahkan Anda dalam  meningkatkan peluang maupun penjualan. Karena Anda akan mengetahui bagaimana perilaku konsumen saat membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan loyalitas dan kepuasan konsumen.

Berikan Sesuatu

Siapa yang tidak suka dengan pemberian? Saat Anda mencoba berbagai cara menciptakan peluang, ada satu cara yang mungkin masih cukup efektif dilakukan pebisnis kepada konsumen. Salah satunya dengan memberi sesuatu kepada konsumen.

Anda bisa mencoba memberikan berbagai merchandise, hampers, dan lain sebagainya dengan menunjukan bentuk kepedulian Anda terhadap konsumen. Jangan hanya memikirkan soal keuntungan bisnis, Anda juga bisa berbisnis dengan banyak memberi.

Dari pemberian tersebut, konsumen akan senang. Mungkin saja mereka pun akan menceritakan kepada rekan-rekannya, kerabat, dan orang yang mereka kenal agar segera mampir ke toko Anda. Bukankah itu sangat menguntungkan untuk Anda ke depan?

Mulai Action

Semua rencana yang telah Anda buat beberapa waktu ini, harus segera Anda terapkan. Rencana juga bisa menjadi salah ukuran kemajuan yang telah Anda lakukan untuk menciptakan berbagai peluang. Terus menggali setiap peluang yang ada, dan pelajari.

Perhatikan setiap kemajuan dari daftar rencana yang telah Anda buat. Evaluasi setiap tiga hingga enam bulan. Jika ada rencana yang tidak sesuai, tanyakan mengapa itu tidak berjalan? Apakah hal itu sesuai dengan target Anda? Jika tidak, coba evaluasi strategi Anda.

Selalu pastikan Anda melakukan tindakan spesifik yang mampu membantu Anda mencapai berbagai tujuan yang Anda inginkan. Strategi tersebut akan membuat Anda selalu mengingat tujuan Anda ke depan.

Penerapan Penjualan Konsultatif

Metode konsultatif menjadi metode paling efektif yang cukup ampuh dalam menciptakan peluang. Penjualan konsultatif akan membantu konsumen, dengan bekerjasama atau menggunakan produk Anda, mereka dapat mencapai hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Cara ini juga akan membantu pelanggan lebih loyal.

Penjualan konsultatif, bukan sekedar melakukan menjual produk atau layanan kepada pelanggan. Melainkan Anda harus membimbing pelanggan. Ketika pelanggan menemui masalah, ia menghubungi Anda atau staff Anda, dan dia mendapatkan solusinya.

Baca Juga : Rahasia! 10 Cara Meningkatkan Penjualan dalam Bisnis Apapun

Cara ini cukup efektif untuk menciptakan peluang dalam bisnis. Anda harus bisa menyakinkan pelanggan bahwa apa yang Anda lakukan memang bentuk kepedulian Anda kepada pelanggan setelah mereka membeli produk atau layanan Anda.

Peluang bukanlah sebuah keberuntungan. Setiap peluang bisa Anda ciptakan menyesuaikan dengan apa yang Anda impikan. Banyak cara menciptakan peluang untuk bisnis Anda. Mungkin cara-cara di atas menjadi sebagian cara yang bisa Anda terapkan.

Related posts

Sebelum Melangkah, Perhatikan 10 Tips Membuka Cabang Bisnis Baru

yani

Cara Cerdas Menyiasati Kenaikan Harga Bahan Baku dan Bahan Bakar

Fattah Miyaz

Membuat Iklan ? Tentukan Target Market Yang Tepat

ervan

Leave a Comment