ABCkotaraya.id
Image default
Manajemen

Ide Pemasaran Selama Pandemi yang Bisa Dicoba

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi iklim bisnis. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi hampir di seluruh dunia. Beberapa bisnis memang banyak yang pertumbuhannya cukup signifikan, tetapi tidak sedikit yang harus gulung tikar. Lalu, bagaimana ide pemasaran selama pandemi yang efektif untuk dicoba?

Tentu sebagai pebisnis, Anda tidak boleh salah langkah dalam menghadapi situasi yang ada. Selama satu tahun penuh, mungkin Anda sudah mempelajari berbagai pola untuk bisa berada di posisi yang aman dan tepat. Anda harus banyak belajar dari berbagai perusahaan yang ada di dunia dan berhasil dalam menghadapi dan menyesuaikan bisnisnya dengan Covid-19.

Selain itu, ABC Kotaraya juga memiliki beberapa ide pemasaran selama pandemi yang bisa Anda coba Bersama tim. Ide ini sudah dijalankan oleh beberapa pebisnis di Indonesia.

Baca Juga: 3 Pelajaran Penting dari Pandemi Covid-19 bagi Bisnis

Tetap Menjalin Hubungan dengan Konsumen Setia

Disaat sedang masa-masa genting banyak orang yang lebih memilih menahan uang mereka. Yah, untuk itu jika Anda tetap menyasar pelanggan baru akan menyulitkan Anda. Ada baiknya Anda tetap terhubung bersama konsumen setia Anda. Anda akan rugi besar jika fokus untuk mendapatkan pelanggan baru.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghubungi kembali konsumen-konsumen lama Anda. Menawarkan mereka untuk berbelanja atau menggunakan jasa Anda akan lebih baik. Ide ini juga menjadi teknik pemasaran paling efisien dibandingkan teknik pemasaran lain untuk menargetkan pelanggan baru.

Anda bisa menghubungi pelanggan melalui email maupun menghubungi via telepon untuk menawarkan layanan atau produk baru Anda. Sehingga bisa memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan ditempat terpercaya dan juga aman.

Tunjukan Rasa Empati

Anda harus menunjukan rasa empati kepada pelanggan
Source: Forbes.com

Kondisi Covid membuat banyak orang merasa cemas. Salah satunya banyak pelanggan yang enggan datang ke toko untuk membeli kebutuhan pokok mereka. Oleh karena itu, ide pemasaran selama pandemi yang bisa Anda jalankan dengan memberikan empati kepada para pelanggan Anda. Cara ini membuat brand Anda tetap berada di hati para pelanggan.

Salah satu cara, karena banyak pelanggan yang tidak mau keluar rumah Anda bisa memberikan mereka kemudahan dalam pemesanan. Jika pelanggan membutuhkan produk yang dapat diantar ke rumah, lakukanlah. Jika jangkauan rumah pelanggan terlalu jauh, Anda bisa menggunakan layanan antar paket dengan biaya yang cukup terjangkau.

Selain itu, Anda bisa memberikan empati kepada pelanggan setia dengan memberikan mereka masker, hand sanitizer, atau produk tambahan lainnya sebagai pendukung kondisi yang terjadi. Cara ini bisa membuat mereka merasa mendapatkan perhatian lebih dari Anda dan bisa membuat mereka lebih tenang dalam menghadapi situasi yang cukup pelik saat ini. Jika Anda memiliki ide lain, Anda bisa mencoba ide Anda tersebut dan menerapkannya pada bisnis yang Anda miliki.

Meningkatkan Jangkauan

Ketika banyak pelanggan yang tidak datang ke tempat Anda, maka Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan cara-cara lain untuk lebih dekat kepada pelanggan. Seperti membuat layanan WhatsApp messenger untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Sehingga memudahkan mereka mendapatkan informasi mengenai brand Anda.

Anda juga bisa membuat akun layanan sosial media untuk meningkatkan jangkauan untuk menjadi lebih luas. Anda juga bisa menggunakan website, namun website membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam membangunnya. Sosial media menjadi layanan gratis yang bisa Anda gunakan untuk tetap bisa menjangkau konsumen Anda.

Ketika Anda sudah memiliki sosial media atau website, pastikan keduanya selalu Anda update dengan konten-konten yang relevan dengan bisnis dan kebutuhan Anda. Sehingga pelanggan akan lebih merasa dekat dengan brand.

Baca Juga: Bisnisku hancur karena corona dan bagaimana tetap Profit meski kondisi terhimpit covid-19 Corona membuat bisnisku hancur

Cek Kebutuhan Pelanggan

Ide marketing saat pandemi berikutnya yanempathy g bisa Anda lakukan dengan melihat kebutuhan pelanggan Anda. Kebutuhan pelanggan sudah pasti berubah, membuat Anda juga harus melihat kembali apa yang saat ini menjadi kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Misalnya saat ini pelanggan sudah mulai malas untuk datang ke toko. Mereka akan lebih merasa nyaman ketika harus berbelanja secara online. Pastikan Anda menyiapkan infrastruktur untuk meningkatkan layanan Anda selama masa pandemi sesuai dengan kondisi pelanggan Anda.

Kondisi pandemi memang bukan kondisi yang diimpikan oleh banyak pebisnis. Banyak dari mereka yang kaget dengan kondisi seperti sekarang. Kini, pandemi sudah berjalan sepanjang satu tahun lebih, pastikan Anda sudah bisa beradaptasi dengan kondisi yang ada. Pembatasan pergerakan orang menjadi isu yang harus menemukan solusi terhadap bisnis yang Anda miliki. Mungkin beberapa ide marketing saat pandemi di atas bisa membantu bisnis Anda tetap improve dan beradaptasi dengan kondisi.

Related posts

8 Cara Mengelola Stok Barang dengan Benar dan Efektif

yani

3 Strategi Vital Ketika Pandemi Berakhir

mimin ABC kotaraya

Solusi Agar Tabungan Cepat Terkumpul

Eka

Leave a Comment