ABCkotaraya.id
Image default
Keuangan

5 Langkah Tepat Mengelola Payroll Pada Bisnis Kecil

Sistem gaji karyawan pada setiap perusahaan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Bagaimana mengelola payroll pada bisnis kecil, tentu perlu dilakukan menggunakan sistem yang terperinci dan handal. Sebab, dalam menghitung gaji karyawan bukan hanya menghitung total gaji pokok yang dikeluarkan.

Sistem gaji pada setiap perusahaan memiliki perbedaan pada setiap perusahaan. Disinilah perlunya perencanaan, penyusunan, dan penggelolaan gaji dengan tepat. Bagaimana cara melakukan sistem penggajian karyawan dengan tepat dan sesuai? Tentu perlu diperhatikan beberapa hal seperti dibawah.

Dalam perhitungan gaji, terdapat berbagai variabel yang perlu dihitung oleh perusahaan. Variabel ini berkaitan dengan pembayaran balas jasa kepada karyawan. Anda perlu menggunakan standar tersendiri menurut perusahaan Anda.

Bagaimana Mengelola Payroll Pada Bisnis Kecil?

Gunakan Sistem Perhitungan Gaji

Pertama Anda perlu menyusun sistem penggajian karyawan dengan tepat. Gaji di perusahaan bagi setiap karyawan tentu berbeda-beda. Baik itu berdasarkan tugas, bonus, dan sebagainya. Untuk itu, setiap perusahaan perlu menyiapkan sistem khusus untuk menerapkan perhitungan gaji karyawan.

Pastikan Anda telah membuat sebuah kebijakan yang tepat dan efektif dalam melakukan penggajian karyawan. Jika karyawan Anda cukup banyak, Anda tidak disarankan untuk melakukan perhitungan gaji secara manual. Pastikan Anda memiliki software yang mampu membantu menghitung penggajian dengan mudah.

Baca Juga: Memahami Departemen dan Fungsinya

Pastikan Terorganisir

Ketika sistem penggajian ingin dilakukan secara maksimal dan efisien. Pastikan Anda melakukannya dengan teratur. Cara ini juga akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan tugas dalam waktu singkat. Anda perlu menyetel tanggal-tanggal penting dalam penggajian.

Misal, kapan tanggal gajian, kapan perlu membayar pajak gaji karyawan dan kapan harus membayar iuran Jaminan karyawan. Semua perlu dilakukan secara terorganisir agar Anda bisa melakukannya dengan mudah dan menghindari tengat waktu yang bisa saja terjadi. Sehingga semua proses gaji tidak dilakukan dalam satu waktu saja. Karena hal tersebut bisa membuat Anda stress.

Menyiapkan Finansial

Perusahaan perlu memastikan bisa membayar gaji karyawan secara tepat waktu. Mengelola payroll pada bisnis kecil memang sering terbaikan. Sebab pemilik bisnis menggampangkan urusan penggajian. Perusahaan perlu menyiapkan dana khusus penggajian. Baik saat perusahaan sedang untung atau rugi. Pastikan perusahaan memiliki dana yang cukup untuk membayar gaji karyawan.

Cara terbaik agar perusahaan mampu menggaji karyawan secara tepat waktu, perusahaan perlu memperhatikan arus kas perusahaan agar selalu dalam kondisi yang aman. Maka, perlunya perusahaan menyiapkan rencana keuangan yang matang dalam proses penggajian setiap karyawan.

Selalu Perhatikan Regulasi Pemerintah

Mengelola payroll pada bisnis kecil perlu juga memperhatikan regulasi pemerintah. Undang-Undang Tenaga Kerja sering sekali berubah. Di Indonesia baru-baru ini ditetapkan Undang-Undang Tenaga Kerja yang diatur pada Undang-Undang Omnibus Law. Pastikan setiap perusahaan selalu up to date mengenai pembaruan Undang-Undang atau kebijakan Pemerintah.

Seperti setiap akhir tahun, Pemerintah selalu menetapkan pembaruan kebijakan gaji. Untuk itu, perusahaan perlu mengikuti aturan yang berlaku. Pastikan Anda mengikuti peraturan yang berlaku untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Bukan Sekedar Gaji, Hal Ini yang Menjadi Harapan Milenial dalam Bekerja

Gunakan Software untuk Menghitung Gaji Karyawan

Mengelola Payroll pada bisnis kecil mungkin akan terlihat sangat mudah ketika Anda perusahaan Anda hanya memiliki sedikit karyawan. Tetapi ketika perusahaan berkembang, tentu jumlah karyawan akan bertambah. Anda perlu menghitung gaji karyawan dengan tepat. Agar Anda lebih mudah dalam proses penggajian, Anda bisa menggunakan software bisnis Accurate Online.

Di Accurate Online, sistem payroll sudah disediakan pada fitur yang telah tersedia di dalam modul Accurate Online itu sendiri. Anda bisa mengakses modul payroll pada modul Perusahaan –>> Karyawan. Setelah itu, cukup lengkapi profil karyawan sesuai dengan form yang ada.

Contoh Penggunaan fitur payroll di Accurate Online:

Setelah itu Anda akan diarahkan masuk ke dalam menu berikut ini:

Isi selengkap-lengkapnya sesuai dengan formyang tersedia.

Dengan adanya software Accurate Online akan memudahkan Anda dalam menghitung gaji karyawan, beserta bonus, pajak, dan iuran yang perlu di bayarkan. Dibandingkan melakukannya secara manual yang membuat Anda stress dan Lelah. Dengan software bisnis Accurate Online, pekerjaan Anda bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Related posts

Pengaruh Pembatasan Transaksi Tunai Maksimal Rp 100 Juta Terhadap UKM

Fattah Miyaz

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Bisnis Anda Memiliki Kondisi Keuangan Baik

Fattah Miyaz

4 Mitos ‘Sesat’ tentang Software Akuntansi yang Salah Kaprah

Fattah Miyaz

Leave a Comment

error: Konten di Lindungi